Cara Mengetik 10 Jari Dijamin Sampai Bisa, Coba 3 Tips Berikut Ini!

Pekerjaan kantor biasanya dapat membuat anda menjadi lelah. Tidak hanya pekerjaan kantor saja, melainkan banyak pekerjaan yang biasanya tidak anda sukai dapat membuat anda semakin cepat lelah dalam bekerja.

Salah satu pekerjaan yang dapat membuat kita lelah adalah pekerjaan yang identik dengan mengetik di komputer. Pekerjaan mengetik memang hal yang mudah dilakukan, tapi masih ada beberapa orang yang kesulitan dalam mengetik menggunakan semua jari atau biasa disebut dengan mengetik 10 jari. Cara mengetik 10 jari seharusnya dipelajari oleh semua orang yang sering melakukan pekerjaan pengetikan.

Cara mengetik 10 jari dapat menjadi lebih optimal digunakan ketika sering dan sudah terbiasa menggunakan cara pengetikan 10 jari. Penulisan akan terasa lebih cepat selesai dengan menggunakan cara mengetik 10 jari. Teknik ini sangat perlu dipelajari untuk dapat mengerjakan pekerjaan pengetikan dengan lebih cepat. Untuk anda yang belu memahami bagaimana cara melakukan pengetikan menggunakan 10 jari dapat menggunakan referensi cara berikut ini.

Tips 1: Perhatikan posisi jari

Cara Mengetik 10 Jari

Posisi jari sangat perlu diperhatikan ketika anda ingin mengetik 10 jari. Posisi jari pada saat mengetik ini memang terlihat mudah dilakukan tapi susah ketika tidak terbiasa. Ketika anda belum terbiasa melakukan pengetikan menggunakan 10 jari, tenang! Jangan panik. Anda masih bisa belajar memahami dulu bagaimana posisi jari saat melakukan pengetikan 10 jari.

Berikut merupakan posisi jari yang benar ketika anda melakukan pengetikan 10 jari. Agar lebih mudah, maka pemahaman dapat dipisah menjadi 2 bagian, yaitu tangan kiri dulu, kemudian tangan kanan.

  • Posisi jari tangan kiri:
  1. Ibu jari menekan spasi, bisa dilakukan secara bergantian dengan ibu jari sebelah kanan
  2. Jari telunjuk menekan huruf F,R,V, G, T, B, dan angka 4, 5
  3. Jari tengah menekan huruf D, E, C, dan angka 3
  4. Jari manis menekan huruf S, W, X, dan angka 2
  5. Jari kelingking menekan huruf A, Q, Z, angka 1, ALT, Tombol windows, FN, CTRL, Shift, CapsLk, Tab, Tanda ~ dan Esc.
  • Posisi jari tangan kanan:
  1. Ibu jari menekan spasi, dan bisa bergantian dengan ibu jari sebelah kiri
  2. Jari telunjuk menekan huruf Y. H. N, U, J, M, dan angka 6, 7
  3. Jari tengah menekan huruf K, I, Tanda Koma (,) atau tanda lebih kecil (<), dan angka 8 atau tombol (*)
  4. Jari manis menekan huruf O, L, dan angka 9, serta tanda titik (.)
  5. Jari kelingking menekan huruf P, tanda titik dua (:), tanda petik (“), enter, tanda tanya (?), ALT (kanan), CTRL (kanan), tanda kurung ( [ ] / { } ) dan tanda garis miring (\) atau (|).

Dengan panduan sederhana ini akan mempermudah anda dalam memahami posisi jari untuk dapat mengetik 10 jari dengan cepat.

Tips 2: Latihan mengetik cepat dan tepat

Cara Mengetik 10 Jari

Selain memperhatikan posisi jari saat mengetik, cara lain yang dapat anda lakukan untuk memahami cara mengetik 10 jari dengan baik adalah anda harus melakukan latihan mengetik cepat dan tepat. Latian memang cara yang cukup efektif untuk berbagai hal yang ingin anda capai.

Dengan adanya latian ini, dapat merubah kebiasaan anda sehingga menjadi lebih baik dan sesuai dengan keinginan anda. Untuk latihan mengetik 10 jari bisa juga anda lakukan dengan melakukan pengetikan tulisan pada media penulisan yang terinstall pada komputer anda, misalnya Microsoft Word atau yang lainnya. Ketika anda melakukan latian pengetikan, biasanya kata-kata yang digunakan dalam latian cara mengetik 10 jari adalah sebagai berikut:

the quick browns fox jum over the lazy dog
blowzy red vixens fight for a quick jump

The quick browns fox jum over the lazy dog
Blowzy red vixens fight for a quick jump

THE QUICK BROWNS FOX JUM OVER THE LAZY DOG
BLOWZY RED VIXENS FIGHT FOR A QUICK JUMP

The Quick Browns Fox Jum Over The Lazy Dog
Blowzy Red Vixens Fight For A Quick Jump

tHE qUICK bROWNS fOX jUM oVER tHE lAZY dOG
bLOWZY rED vIXENS fIGHT fOR a qUICK jUMP

Selain menggunakan media yang sudah terinstall pada komputer anda, anda juga dapat memanfaatkan beberapa website yang dapat digunakan untuk meningkatkan skill atau kemampuan mengetik anda. Berikut adalah beberapa website atau situs yang bisa anda gunakan untuk memperdalam latihan mengetik 10 jari.

  • Typing.com
  • Typingtutor-online.com
  • Ultrakey.com

Dengan menggunakan bantuan beberapa situs ini, anda dapat meningkatkan kemampuan anda dalam mengetik dengen menggunakan 10 Jari. Kemampuan mengetik 10 jari memang sudah seharusnya anda kuasai karena ini akan menjadi penting dan dibutuhkan dalam banyak hal termasuk dalam bidang pekerjaan. Dengan mengetik 10 Jari, anda dapat mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan anda lebih cepat dari biasanya karena anda sudah terbiasa mengetik cepat dengan menggunakan 10 jari.

Tips 3: Selalu semangat belajar

Cara Mengetik 10 Jari

Mengetik dengan menggunakan 10 jari memang terlihat mudah dilakukan. Namun jika belum terbiasa, maka cara tersebut dapat menjadi sangat sulit karena tangan masih belum terbiasa melakukan teknik pengetikan tersebut.

Sehingga untuk memperdalam cara melakukan pengetikan dengan menggunakan 10 jari, kita harus intens belajar mengetik dengan mengunakan teknik 10 jari. Karena hal ini akan sangat berguna bagi anda yang memiliki pekerjaan pengetikan yang cukup banyak. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Dengan adanya cara mengetik 10 jari ini akan lebih mempermudah anda ketika belajar memahami dan menerapkan bagaimana sebenarnya cara mengetik 10 jari sehingga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Mengetik 10 jari memang hal yang penting dikuasai untuk saat ini, karena saat ini sudah diiringi oleh kemajuan zaman yang sudah berdasarkan teknologi dan komputer dimanapun. Sehingga kemampuan mengetik 10 jari menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan untuk dipelajari. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Leave a Reply

Send this to a friend