Pengertian Netbook Beserta Kegunaan, Kelebihan dan Kekurangan Netbook Lengkap!

Selain laptop, Anda tentu pernah mendengar mengenai Netbook yaitu komputer portabel seperti laptop tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang pengertian, kegunaan, kelebihan dan kekurangan Netbook.

Saat ini, dimana teknologi berkembang dengan pesat, laptop ataupun Netbook mengambil peran penting didalam kehidupan dan aktivitas masyarakat misalnya dalam hal pekerjaan ataupun pendidikan.

Meskipun laptop dan Netbook memiliki bentuk dan model yang hampir sama tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa keduanya jelas memiliki perbedaan. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui apa itu Netbook, spesifikasinya, serta kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itulah, mari simak penjelasan mengenai pengertian Netbook dibawah ini.

Pengertian Netbook

Lenovo Yoga

Pengertian Netbook

Apa itu Netbook? Netbook adalah komputer portabel yang memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringan dari laptop dan Notebook dengan spesifikasi hardware yang paling kecil/rendah. Harga dari Netbook pun biasanya lebih rendah daripada laptop dan Notebook yaitu berkisar 2-3 juta.

Kata Netbook adalah gabungan dari kata “Internet” dan “Book”, artinya penggunaan Netbook identik dengan aktivitas yang berhubungan dengan internet dan tidak se-kompleks laptop dan Notebook.

Tampilan dari Netbook ini sendiri tidak jauh beda dengan laptop dan Notebook bahkan kegunaannya juga hampir sama. Berikut dibawah ini ciri-ciri dari Netbook yang perlu Anda ketahui.

  1. Ukuran layar sekitar 7, 9 hingga 11 inchi.
  2. Sangat kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.
  3. Beratnya sekitar 1 kg atau 2 sampai 3 pon.
  4. Sumber daya berasal dari baterai atau adaptop A/C yang dapat bekerja selama 3 – 4 jam.
  5. Tidak memiliki CD/DVD driver.
  6. Spesifikasi hardware paling rendah diantara laptop dan Notebook dimana RAM tidak lebih dari 2 GB, grafis yang tidak terlalu bagus, prosesor kelas menengah ke bawah.
  7. Menjalankan sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS X.
  8. Sudah dilengkapi dengan Bluetooth, LAN, Wireless Fidelity, USB dan Card Rider.
  9. Sangat bergantung kepada internet karena penggunaannya lebih ditujukan untuk browsing ataupun aktivitas internet lainnya.
  10. Hemat daya baterai karena dilengkapi dengan processor untuk komputerisasi dengan daya yang lebih hemat.
  11. Netbook hard drive: 4 GB hingga 80 GB.
  12. Tidak untuk bermain game atau menjalankan aplikasi seperti Adobe ataupun Microsoft.
  13. Biasanya menggunakan prosesor Intel Atom dengan kecepatan 1.6 GHz.
  14. Pengisian baterai Netbook berlangsung selama 6 sampai 10 jam.

Kegunaan Netbook

Kegunaan Netbook

Kegunaan Netbook

Seperti namanya “Netbook” yang merupakan gabungan dari kata “Internet” dan “Book”, Netbook digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan Net – Centric ComputingNet – Centric Computing yaitu menjelajahi internet (browsing), mengecek dan mengirim e-mail, menjalankan aplikasi web, menonton Youtube, game online sederhana dan aktivitas internet sederhana lainnya.

Tidak seperti laptop dan Notebook, Netbook tidak dapat digunakan untuk menjalankan program yang berat/kompleks seperti game dan aplikasi karena prosesor yang tidak memadai dan mengakibatkan performanya menjadi lambat. Jadi, Anda tidak bisa menjalankan aplikasi Ms. Word, Excel, Powerpoint, Photoshop, Adobe Illustrator atau yang sejenisnya di Netbook.

Netbook dirancang bukan untuk menyimpan banyak film atau video tetapi untuk menyimpan beberapa foto dan lagu. Anda bisa mendengarkan lagu di Netbook. Selain itu, Anda juga tidak bisa menonton video HD, mendownload musik dan video di Netbook.  Singkatnya, penggunaan Netbook tidak terlepas dari internet.

Kelebihan dan Kekurangan Netbook

Kelebihan dan Kekurangan Netbook

Kelebihan dan Kekurangan Netbook

Setelah, Anda memahami apa itu Netbook dan kegunaannya, Anda sebaiknya juga mengetahui kelebihan dan kekurangan Netbook yang dapat menjadi bahan pertimbangan atau referensi Anda saat akan membeli Netbook.

Kelebihan Netbook

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan Netbook.

1. Ukuran Lebih Kecil dan Lebih Ringan

Dibandingkan dengan laptop dan Notebook, Netbook lebih mudah dibawa-bawa karena memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu dengan ukuran layar 7 sampai 11 inchi dan juga lebih ringan yaitu sekitar 1 kg. Sedangkan, Notebook memiliki layar berukuran 12-18 inchi dengan berat 1,5 -2 kg dan laptop lebih dari 18 inchi dengan berat lebih 2 kg.

2. Hemat Daya Baterai

Dibandingkan dengan laptop dan Notebook, baterai Netbook lebih hemat karena dilengkapi dengan  processor untuk komputerisasi dengan daya yang lebih hemat sehingga dapat bertahan selama 3 – 4 jam.

3. Harga Lebih Murah

Netbook dibandrol dengan harga yang lebih murah daripada laptop dan Notebook mengingat spesifikasi hardware-nya lebih rendah dan tidak mampu menjalankan program yang kompleks serta ukurannya lebih kecil.  Harganya berkisar antara 2 – 3 juta.

4. Tidak Mudah Panas

Biasanya, Netbook menggunakan prosesor Intel Atom dengan kecepatan 1.33 – 1.66 GHz. Prosesor tersebut termasuk yang paling rendah sehingga kinerjanya cukup lambat tetapi keunggulannya adalah hemat daya dan tidak mudah panas.

Kekurangan Netbook

Berikut dibawah ini beberapa kekurangan Netbook.

1. Tidak untuk Menjalankan Game atau Aplikasi

Netbook dibuat untuk memenuhi kebutuhan Net – Centric Computing seperti browsing, menjalankan aplikasi web, cek email, dan aktivitas sederhana lainnya. Anda tidak bisa menjalankan game ataupun aplikasi seperti Word, Excel, Photoshop dan aplikasi sejenisnya di Netbook karena spesifikasi Netbook tidak diracang untuk kegiatan tersebut.

2. Tidak untuk Menonton Video HD

Anda tidak memutar video/film HD di Netbook karena kualitas grafisnya tidak terlalu bagus. Bahkan, Netbook juga tidak bisa menyimpan banyak video atau film. Jadi, jika Anda ingin menonton video HD, putarlah di laptop atau Notebook.

3. Kinerja atau Performa Lambat

Karena prosesor yang umumnya digunakan adalah Intel Atom dengan kecepatan 1.33 – 1.66 GHz yang masih tergolong rendah, maka kinerja dari Netbook pun tentunya lebih lambat daripada laptop dan Notebook. Oleh karena itu, Netbook tidak cocok untuk program yang berat atau kompleks.

4. Tidak Ada CD/DVD Drive

Di Netbook, Anda tidak bisa menjalankan CD/DVD karena tidak adanya CD/DVD drive pada Netbook. Tapi, Anda masih mencoba alternatif lain yaitu melalui port USB yang dapat dihubungkan dengan DVD-RW eksternal.

5. Ukuran Layar dan Keyboard Lebih Kecil

Jika dibandingkan dengan laptop dan Notebook, Netbook memiliki ukuran layar dan keyboard yang lebih kecil. Nah, ukuran layar dan keyboard yang lebih besar, tentunya lebih memuaskan dari yang kecil. Beberapa pengguna kurang menyukai layar dan keyboard yang berukuran kecil.

Baiklah, semoga pembahasan mengenai pengertian Netbook, kegunaan Netbook, kelebihan dan kekurangan Netbook yang telah dijelaskan diatas bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend