Cara Mengganti IP Address di Windows 11

Cara Mengganti IP Address di Windows 11 (Lengkap+Gambar)

NESABAMEDIA.COM – Biasanya IP Address diberikan secara otomatis melalui DHCP Server. Oleh karena itu, kita tidak perlu mengganti manual IP address yang kita gunakan agar dapat bertukar informasi. Namun, ada kalanya kita ingin mengubah IP Address yang ada dikomputer agar lebih mudah untuk kita ingat.

Umumnya kegiatan mengganti IP Address ini dilakukan untuk mengatur PC yang digunakan dalam satu ruangan. Dengan begitu, strukturnya akan lebih rapi dan terarah. Cara ini biasanya dilakukan pada komputer yang ada di perpustakaan dan lain sebagainya.

Pada sistem operasi Windows sendiri, untuk mengganti IP Address di komputer memiliki cara yang berbeda. Contohnya saja pada Windows 7 dan 8, Anda dapat mengganti IP Address melalui menu control panel. Dan untuk mengganti IP address di Windows 11, disini saya akan menjelaskan dengan detail bagaimana caranya.

Ikuti saja langkah-langkah dibawah ini untuk mengganti IP Addres di Windows 11. Dengan cara ini Anda dapat menggantinya dengan sangat mudah.

Cara Mengganti IP Address di Windows 11

Untuk mengganti IP Address dari yang dinamis menjadi statis sangatlah mudah. Jika biasanya IP Address diatur secara dinamis dan otomatis oleh DHCP server, kini Anda dapat mengubahnya agar menjadi lebih terstruktur. Mengganti IP Address secara statis ini dapat memberikan Anda berbagai keuntungan.

Contohnya yaitu ip address statis tidak akan pernah berubah, sehingga Anda dapat mengingatnya dengan baik. Kemudian IP Address statis juga memiliki kestabilan yang tinggi. Anda tidak akan mengalami yang namanya limited connection. Karna IP Anda merupakan IP yang diatur secara khusus.

Oleh karena itu, Anda wajib menggunakan cara dibawah ini untuk menerima perlakuan secara khusus terhadap kestabilan jaringan pada saat bertukar informasi. Berikut beberapa langkah cara mengganti IP Address di Windows 11.

1. Masuklah ke menu control panel dengan cara menampilkan tools Run. Caranya yaitu dengan klik tombol Windows + R yang ada pada keyboard komputer Anda. Setelah itu ketikkan perintah control panel. Dan klik tombol OK.

control panel

2. Apabila jendela control panel sudah muncul, silakan klik menu Network and Internet.

Mengganti IP Address di Windows 11 Melalui Control Panel

3. Setelah itu didalam menu Network and internet, kamu dapat klik menu Network and Sharing center.

klik network and sharing center

4. Setelah itu pada bagian connections, klik nama Wifi yang Anda gunakan.

klik internet yang digunakan

5. Maka akan muncul jendela baru. Klik tombol Details.

klik settings

6. Lihat dan catatlah IP Address yang Anda gunakan pada komputer Anda.

Cara Mengganti IP Address di Windows 11 Secara Dinamis

7. Setelah itu klik tombol Propertiese.

klik propertiese

8. Lihatlah pada bagian This connection uses the following items. Klik dua kali pada opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

klik internet protocol

9. Lalu kemudian Anda dapat mengklik opsi Use the following IP Address dan isilah beberapa kolom yang tersedia. Contohnya yaitu IP Address, subnet mask dan default gateway. Kemudian pilih juga opsi Use the following DNS server addresses. Dan isilah bagian preferred DNS server dan Alternate DNS server.

Pastikan Anda mengisi beberapa kolom diatas dengan baik dan benar. Jika sudah, maka klik tombol OK.

Mengganti IP Address di Windows 11 Secara Statis

10. Apabila Anda ingin mengubah IP Address menjadi dinamis kembali. Maka hal yang perlu Anda lakukan yaitu pilih opsi Obtain an IP address automatically dan opsi Obtain DNS server address automatically. Setelah itu klik tombol OK.

klik ok

Demikian beberapa langkah dari cara mengubah IP address di Windows 11. Semoga beberapa langkah diatas dapat Anda lakukan dengan baik dan benar. Dan semoga beberapa langkah diatas dapat memberikan solusi terbaik untuk Anda.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend