• Our Partners:

Cara Mengganti Logo di WordPress

Cara Mengganti Logo Website di Wordpress (+Gambar)

Logo adalah bagian dari identitas dalam bentuk visual. Salah satu peranannya yaitu untuk merepresentasikan citra yang ingin ditunjukkan sebuah organisasi kepada publik. Sebagai contoh, sebagian orang yang melihat mobil dengan logo BMW di jalan secara otomatis akan menganggap bahwa mobil tersebut adalah mobil mewah. Pasalnya, citra BMW memang lekat dengan mobil eksklusif yang harganya selangit sehingga hanya bisa dimiliki mereka yang benar-benar kaya.

Logo bisa berupa gambar, teks, atau kombinasi keduanya. Desain logo tidak harus rumit. Banyak perusahaan terkenal yang justru memilih logo yang desainnya sangat sederhana. Seperti logo McDonald yang hanya berdasarkan pada huruf M. Yang lebih sederhana lagi adalah logo Nike yang hanya berupa garis melengkung setelah dimodifikasi pada tahun 1995.

Pembuatan logo pun tidak perlu membutuhkan penelitian panjang yang membutuhkan waktu berhari-hari. Logo Nike itu sendiri kabarnya hanya dibuat dalam waktu kurang dari sehari oleh seorang pekerja lepas. Harga pembuatan logo yang kini sangat populer tersebut juga terbilang sangat murah, yaitu sekitar 35 dolar US. Hanya saja, sebagai bentuk apresiasi, pada akhirnya Nike memberikan saham senilai 1 juta dolar kepada sang desainer.

Cara Mengganti Logo Website di Wordpress

Selain dicantumkan pada produk, logo seharusnya juga dipasang pada website, jadi tidak hanya nama website atau nama perusahaan saja yang ditampilkan pada bagian header website. Pada umumnya, ketika mengedit sebuah theme yang baru saja dibeli, logo bawaan pada theme tersebut dihapus untuk diganti dengan logo sendiri. Berikut ini cara mengganti logo di Wordpress dengan mudah.

1. Login ke dashboard wordpress anda kemudian masuk ke Appearance > Customize.

Cara Mengganti Logo Website di Wordpress

2. Setelah itu pilih Site Identity.

Cara Mengganti Logo di WordPress 2

3. Selanjutnya pilih Select logo.

Cara Mengganti Logo Blog di Wordpress

4. Upload logo yang diinginkan dengan memilih Select Files.

Cara Mengganti Logo di WordPress 4

5. Setelah terupload, pilih Select.

Cara Mengganti Logo di WordPress Terbaru

6. Crop logo kemudian pilih Crop Image.

Cara Mengganti Logo di WordPress 6

7. Jika dirasa cocok dan pas posisinya, tinggal pilih Publish untuk menyimpan perubahannya.

Cara Mengganti Logo di WordPress 7

Penutup

Untuk website perusahaan atau organisasi non bisnis, pembuatan logo bisa diserahkan pada jasa desainer grafis. Jasa desainer bisa dicari di website freelancer seperti Fiverr yang biaya pembuatan logonya relatif rendah.

Sedangkan untuk website pribadi, anda bisa membuatnya sendiri dengan Adobe Photoshop atau software lain. Kalau ingin lebih mudah dalam mendesain logo, anda dapat mencari software atau website pembuat logo karena biasanya sudah ada template logo yang bisa anda kembangkan lebih lanjut.

Yang perlu diwaspadai, berhati-hatilah dalam memilih website pembuat logo. Banyak website tersebut yang menggunakan kata “gratis” secara menyesatkan. Pembuatan logo di website-website tersebut memang gratis, tapi ketika anda hendak mengunduh logo yang sudah anda buat, anda diharuskan untuk membayar.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend