Cara Mengubah Bahasa di Situs WordPress

Cara Mengubah Bahasa di Situs WordPress ke Indonesia / Bahasa Lain

Pada umumnya WordPress menggunakan bahasa Inggris secara default, jadi setidaknya anda harus menguasai bahasa Inggris pasif untuk bisa memahami teks di dalam situs WordPress. Yang dimaksud kemampuan berbahasa Inggris secara pasif adalah kemampuan untuk mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris dan membaca teks yang menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan kemampuan berbahasa Inggris aktif adalah kemampuan untuk bercakap-cakap dan menulis dalam bahasa Inggris.

Sekedar untuk diketahui, istilah bahasa Inggris aktif dan pasif sebenarnya kurang begitu mencerminkan kondisi di lapangan. Pasalnya, ada sebagian orang yang bisa menulis dalam bahasa Inggris tapi tidak bisa berbicara lancar dalam bahasa tersebut karena tidak pernah menggunakannya sama sekali dalam percakapan.

Yang sudah menguasai tata bahasa Inggris pun belum tentu bisa membaca dengan lancar. Dalam membaca teks berbahasa asing, selain penguasaan tata bahasa, perbendaharaan kata juga sangat penting. Kalau anda mahir grammar tapi perbendaharaan kata masih sedikit, terutama perbendaharaan kata berupa istilah-istilah yang sering digunakan dalam pengelolaan website, kemungkinan besar anda akan sering membuka kamus atau Google Translate saat mengedit website di WordPress.

Cara Mengubah Bahasa di Situs WordPress

Kalau anda tidak ingin membuka kamus terus-menerus untuk mengetahui arti kata dari istilah-istilah asing tersebut, anda bisa mengubah bahasa di situs WordPress dari bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia.

Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas terjemahannya. Susunan kalimatnya di dalam bahasa Indonesia terlihat natural, tidak seperti kualitas terjemahan yang dihasilkan dari software translate, jadi kalimat-kalimatnya nyaman untuk dibaca dan mudah untuk dipahami. Berikut ini cara mengubah bahasa di situs WordPress dengan mudah:

1. Login ke dashboard WordPress anda. Setelah itu pilih Settings > General.

Cara Mengubah Bahasa di Situs WordPress

2. Scroll sedikit kebawah dan pada opsi Site Language, pilih Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang anda inginkan.

Cara Mengubah Bahasa di Blog WordPress

3. Untuk menyimpan pengaturan, tinggal pilih Save Changes.

cara mengganti bahasa di wordpress offline

4. Berhasil, tampilan dashboard anda sekarang sudah menggunakan bahasa Indonesia.

tampilan dashboard menggunakan bahasa Indonesia

Bagi yang tidak terbiasa membaca teks dalam bahasa Inggris, mengubah bahasa di situs WordPress dapat mempermudah penggunaan platform tersebut. Tapi, kalau anda sudah terbiasa membaca teks berbahasa Inggris, barangkali anda justru merasa ada kata-kata yang aneh saat membaca teks di dalam situs WordPress setelah bahasanya anda ubah ke bahasa Indonesia. Hal ini biasanya terjadi ketika anda menemukan padanan kata yang sama sekali berbeda dengan aslinya.

Contohnya, istilah umpan balik untuk menggantikan kata feedback. Istilah lain yang mungkin juga janggal adalah pengeposan yang menggantikan kata posting dan penyuntingan yang menggantikan kata editing. Perlu waktu untuk membiasakan diri dengan semua padanan kata tersebut.

Hal lain yang perlu diketahui adalah ada sejumlah istilah yang tetap dipertahankan dalam bahasa Inggris sekalipun anda sudah mengubah bahasa di situs WordPress menjadi bahasa Indonesia. Istilah-istilah tersebut bisa anda temukan dengan menelusuri menu-menu yang ada di dalam editor ketika anda sedang mengedit sebuah postingan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend