cara menggunakan canva

Cara Menggunakan Canva untuk Desain Grafis (Poster, Banner, PPT & Lain-lain)

Apakah Anda membutuhkan design dengan cepat? Maka Anda akan sangat membutuhkan layanan design Canva. Karena dengan layanan Canva Anda dapat membuat sebuah design yang bagus dan menarik. Layanan ini sangat cocok untuk Anda seorang pemula dalam mendesign sebuah produk.

Penggunaannya yang mudah dan menghasilkan design yang menarik menjadi salah satu hal yang menarik minat para pengguna. Anda tidak perlu bingung dengan tool-tool design yang akan membuat Anda bingung seperti pada aplikasi design pada umumnya.

Dengan menggunakan layanan Canva, Anda dapat membaut design untuk slide presentasi, poster, post instagram, logo dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Canva untuk Desain Grafis

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, penggunaan Canva sangat berbeda dengan aplikasi design pada umumnya, karena Canva lebih memudahkan Anda untuk membuat sebuah design. Jadi Anda dapat membuat design jauh lebih mudah daripada Anda menggunakan aplikasi design pada umumnya seperti Photoshop, Adobe Illustrator, dan lain sebagainya.

Tetapi pada artikel ini saya akan menjelaskan kepada Anda cara menggunakan Canva. Berikut penjelasannya.

1. Pertama Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Canva Anda. Anda dapat mendaftar melalui email atau facebook agar lebih simple. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman utama layanan Canva. Klik button Create a design.

Setelah itu klik Custom dimensions apabila Anda ingin mendesign sesuatu dari awal. Jika Anda ingin mendesign dari template yang sudah ada, maka Anda dapat klik beberapa saran dari layanan Canva tersebut. Seperti untuk membuat infografis, poster, presentasi, dan lain sebagainya.

cara menggunakan canva

2. Ketikkan ukuran canvas yang menjadi project design Anda. DIsini saya akan menggunakan ukuran 500×500 px. Setelah itu klik Create a design.

canva

3. Canva menyediakan berbagai macam tool yang dapat Anda gunakan langsung sebagai objek design Anda. Dan Anda bisa menambahkan background kedalam canvas Anda, caranya yaitu Klik tool background, maka akan muncul berbagai macam background yang telah disediakan oleh Canva. Klik salah satu dari background tersebut. Maka tampilan Design Anda akan terlihat pada sisi kanan.

cara menggunakan canva gratis

4. Anda juga bisa menambahkan foto atau gambar kedalam design Anda. Caranya yaitu dengan klik tools photos dan pilih salah satu foto yang Anda inginkan.

canva

5. Selanjutnya Anda dapat mengedit foto yang sudah Anda masukkan tadi. beberapa tools yang dapat Anda lakukan pada foto tersebut yaitu seperti menambahkan efek, filter, adjust, crop dan flip. Disini saya akan menggunakan Adjust untuk mengatur tampilan foto.

cara menggunakan canva untuk membuat banner

6. Maka akan muncul beberapa settingan yang dapat Anda lakukan di dalam menu Adjust. Disini saya sedikit mengatur pada brightness, contrast, dan saturation.

canva

7. Anda juga bisa menambahkan teks kedalam design Anda. Caranya yaitu dengan klik menu Teks, maka akan muncul berbagai font combination yang telah disediakan oleh Canva. Klik salah satunya apabila Anda ingin menggunakan font tersebut ke design Anda.

canva

8. Jika Anda ingin mendesign sendiri format tulisan Anda, maka Anda bisa klik menu Add a subheading. Lalu ketikkan teks seperti yang Anda inginkan. Dan Anda pun bisa mengatur format teks tersebut pada menu yang ada di sisi atas.

cara menggunakan canva untuk membuat cv lamaran kerja

9. Apabila design Anda sudah selesai, maka Anda dapat mendownload design Anda tersebut dengan cara klik tombol Download.

canva

10. Setelah itu klik download a free watermarked draft.

canva

11. Atau Anda dapat membagikan design Anda tersebut dengan cara klik tombol Share.

canva

Demikianlah artikel yang menjelaskan cara menggunakan canva untuk membuat poster, cv lamaran kerja atau banner. Semoga artikel ini dapat berguna untuk Anda dan menjadi referensi Anda untuk membuat sebuah design yang menarik.

Leave a Reply

Send this to a friend