Cara Menggunakan F.Lux untuk Mengatur Kecerahan Layar Komputer / Laptop

Kecerahan pada layar monitor sering membuat mata kita merasa lelah dan dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk kita pengguna gadget mengatur kecerahan pada layar gadget maupun monitor, terlebih lagi apabila kita sering menggunakan komputer atau gadget pada malam hari.

Setiap layar gadget maupun monitor biasanya memiliki pengaturan pencahayaannya tersendiri, sehingga kita dapat menaikkan atau menurunkan tingkat pencahayaan tersebut. Tetapi tahukah kamu bahwasanya hal itu saja belum cukup untuk mata kita? Karena pada gadget selalu mengeluarkan pencahayaan biru, dimana cahaya tersebut dapat merusak mata kita.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Caranya adalah kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengurangi cahaya biru dan mengatur pencahayaan pada monitor kita. Aplikasi yang bisa kita pakai yaitu f.lux. Baiklah, pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan f.lux.

Cara Menggunakan F.Lux untuk Mengatur Kecerahan Layar

Fungsi yang paling mendasar dari aplikasi f.Lux yaitu dapat mengatur suhu warna dari layar gadget maupun monitor kita. Aplikasi ini dapat menyaring sahaya biru yang dikeluarkan oleh monitor kita. Serta aplikasi ini juga dapat mengatur kecerahan dari layar monitor sesuai dengan waktunya, yaitu pada saat matahari mulai terbenam.

Melihat layar monitor dalam waktu yang lama dan pada malam hari dapat menekan produksi dari hormon melatonin yang ada didalam tubuh. Adapun efek sampingnya yaitu kita akan kesulitan tidur atau biasa disebut juga dengan insomnia. Dan cahaya buru pada monitor mempunyai kekustan yang paling besar untuk menekan hormon tersebut.

Tugas aplikasi f.lux ini adalah untuk membuat layar monitor kita menjadi berwsrns oranye, yaitu hasil dari filter cahaya biru. Sehingga tak hanya baik untuk mata, tetapi dapat juga mengurangin gangguan di pola tidur kita.
Nah, berikut adalah cara menggunakan f.lux di komputer maupun laptop.

1. Pertama yang harus Anda lakukan yaitu mendownload aplikasi F.lux terlebih dahulu. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut di website Nesabamedia pada link berikut ini .

Karena pada website ini Anda tidak perlu ragu dengan adanya ancaman virus maupun malware, karena sudah dipastikan website Nesabamedia bebas dari Virus maupun malware. Terlebih lagi pada website ini menyediakan aplikasi f.lux versi terbaru yaitu versi 4.104 yang dikeluarkan pada tahun 2020 ini. Klik installer aplikasi f.lux untuk menginstall aplikasi tersebut di laptop maupun komputer Anda.

flux

2. Klik Accept untuk melanjutkan penginstallan.

Cara Menggunakan F.Lux untuk Mengatur Kecerahan Layar

3. Pada aplikasi f.lux, kita perlu untuk mengatur lokasi kita saat ini. Gunanya adalah untuk mengetahui waktu dan pukul berapa di lokasi Anda tersebut. Ketikkan nama kota tempat Anda berada lalu klik Search. Setelah itu apabila selesai mencari nama kota tempat Anda berada, Klik tombol OK.

flux

4. Pada saat saya menyalakan laptop, saat itu masih subuh, sehingga aplikasi f.lux mengubah tampilan cahaya di laptop saya menjadi warna oranye. Disini Anda juga bisa mengatus jam berapa Anda terbangun dari tidur dan Anda juga bisa mengatur pencahayaan pada layar monitor Anda.

flux

5. Kemudian Anda bisa mengganti warna pada tampilan monitor dengan cara klik icon bar tiga di sudut kiri atas lalu pilih Change current color. Dan pada menu tersebut pilihlah salah satu warna yang Anda inginkan dan yang Anda nyaman. Disini saya memilih Dim Incandescent.

Cara Menggunakan F.Lux untuk Mengatur Kecerahan Layar Laptop

6. Selanjutnya Anda dapat menambahkan efek dan warna yang lain, caranya yaitu dengan klik icon bar tiga di sudut kiri atas lalu pilih menu Effects and extra colors. Pada menu tersebut pilih salah satu efek yang Anda mau, disini saya memilih efek darkroom mode. Sehingga tampilan pada layar monitor saya menjadi gelap.

flux

7. Dengan aplikasi f.lux, Anda dapat melakukan disable aplikasi f.lux. Disini saya memilih disable aplikasi f.lux pada saat menggunakan Picpick. Sehingga aplikasi ini tidak akan berjalan pada saat saya menggunakan aplikasi Picpick.

Cara Menggunakan F.Lux untuk Mengatur Kecerahan Layar

Itulah beberapa tutorial atau cara menggunakan f.lux untuk mengatur kecerahan layar komputer atau laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan tetap terus menjaga kesehatan mata Anda. Gunakan aplikasi ini untuk membantu Anda menatap layar monitor, sehingga mata Anda tidak cepat lelah.

Leave a Reply

Send this to a friend