• Our Partners:

Saingi Zoom, Google Duo Kirim Undangan Group Call Lewat Link

Saingi Zoom, Google Duo Kirim Undangan Group Call Lewat Link

NESABAMEDIA.COM – Zoom adalah aplikasi paling populer untuk mengadakan group call atau pertemuan jarak jauh, terutama sejak dunia dilanda pandemi Corona. Untuk menyaingi aplikasi tersebut, Google terus menambahkan fitur-fitur baru pada Google Duo, dan kali ini giliran invite link (link undangan atau tautan undangan) yang dirilis untuk pengguna.

Link undangan tersebut memudahkan pengguna untuk mengajak orang lain bergabung dalam sebuah group call. Begitu link undangan dibuka oleh si penerima, aplikasi Google Duo yang terinstall diponselnya akan terbuka sehingga si penerima undangan bisa langsung masuk ke group call.

Pengguna juga tidak perlu membuat link undangan secara manual karena sudah disediakan secara otomatis. Begitu grup dibuat, link tersebut akan muncul yang kemudian bisa dikirimkan ke orang lain yang ingin ditambahkan ke dalam group call.

Fitur link undangan sudah diumumkan oleh Google di bulan sebelumnya bersama dengan beberapa fitur lain seperti dukungan group call untuk Google Duo versi web, family mode untuk menggambar dan menambahkan berbagai efek ala Snapchat secara real time pada video, serta penambahan jumlah pengguna pada group call yang tadinya dari 12 orang menjadi 32 orang. Kini, fitur link undangan sudah tersedia untuk semua pengguna Google Duo.

Kualitas tayangan juga makin baik berkat codec AV1 yang algoritma kompresinya lebih baik daripada codec sebelumnya, VP9. Panggilan video yang dilakukan pada bandwidth yang sangat rendah sekalipun jadi terlihat lebih jelas. Buktinya bisa anda saksikan sendiri pada gambar GIF di bawah ini yang menunjukkan kualitas video pada kecepatan 30 kbps.

Kualitas Video dengan Codec AV1

Fitur link undangan untuk saat ini hanya bisa ditemui pada aplikasi Google Duo di perangkat Android dan iOS, sedangkan untuk versi web masih sedang diupayakan. Jadi, pengguna tidak akan bisa bergabung dengan group call melalui link undangan yang diterimanya di web, kecuali untuk pengguna Chromebook. Di laptop yang sistem operasinya berbasis Chrome OS tersebut, link undangan yang diklik akan membuat aplikasi Google Duo muncul (jika sudah terinstall) sehingga pengguna bisa bergabung.

Leave a Reply

Send this to a friend