3 Cara Menghapus Riwayat di Google (Histori Pencarian) dengan Mudah dan Cepat

Umumnya, riwayat penelusuran di Internet merupakan hal yang privasi bagi kebanyakan orang. Kita biasanya tidak suka jika orang lain mengetahui apa yang kita cari di Internet baik melalui PC ataupun handphone. Ditambah lagi, akun kita yang tidak di logout seperti gmail bisa jadi disalahgunakan oleh pihak tertentu sehingga merugikan kita sebagai pemilik akun.

Maka dari itu, kita perlu membersihkan riwayat penelusuran di browser baik itu di PC ataupun handphone. Bukan hanya saja untuk menjaga privasi, tetapi juga untuk mempercepat kinerja browser yang mungkin terbebani dengan tumpukan riwayat penelusuran. Pertanyaannya adalah bagaimana cara menghapus riwayat di google pada PC dan handphone. Yuk, simak penjelasan dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Cara Menghapus Riwayat di Google

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara menghapus riwayat di google pada PC dan handphone. Caranya sangat mudah dan sederhana.

1. Menghapus Riwayat Penelusuran di PC atau Laptop

A. Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu browser yang sangat populer dan paling sering digunakan. Untuk menghapus riwayat penelusuran di Google Chrome, pertama Anda harus membuka browser ini terlebih dahulu.

1. Klik ikon 3-dots yang ada di pojok kanan atas (ditandai dengan lingkaran merah pada gambar). Pilih Riwayat seperti yang ditunjuk oleh panah. Atau Anda bisa langsung menekan tombol Ctrl + H di keyboard untuk membuka jendela Histori.

cara menghapus riwayat pencarian di google hp android

2. Di jendela Histori, klik “Hapus data browsing” (di sisi kanan) yang ditandai dengan kotak merah.

Riwayat Penelurusan 2

3. Nah, untuk memulai proses menghapus data browsing, pada jendela Hapus data browsing, Anda harus memilih jenis penghapusan histori apakah yang Dasar atau Lanjutan. Anda bisa melihat perbedaan dari keduanya di list yang tertera. Kemudian, tentukan rentang waktu histori yang akan dihapus apakah Semua, 24 jam terakhir, 7 hari terakhir, 1 jam terakhir atau 4 minggu terakhir. Lalu, klik tombol “Hapus Data”.

Riwayat Penelurusan 3

B. Mozilla Firefox

Selain Google Chrome, salah satu browser yang juga tidak kalah populernya adalah Mozilla Firefox. Untuk menghapus histori penelusuran yang perlu Anda lakukan melalui browser Mozilla, caranya sebagai berikut:

1. Klik Menu (ikon 3 garis) yang terletak di samping kanan atas jendela browser.

hapus histori mozilla 1

2. Setelah itu pilih Privacy & Security.

hapus histori mozilla 2

3. Untuk menghapus riwayat penelusuran yang pernah Anda lakukan, klik clear your recent history.

cara menghapus riwayat pencarian di google hp android

4. Agar semua riwayat penelusuran yang selama ini Anda lakukan dihapus, maka pada kolom Time range to clear, pilih Everything. Kemudian centang semua opsi pada kolom Details. Terakhir pilih Clear Now.

hapus histori mozilla 4

Tips:

Cara yang paling cepat untuk menghapus riwayat pencarian / penelusuran di browser Google Chrome maupun Mozilla Firefox dapat dilakukan dengan menggunakan tombol Ctrl + Shift + Del (Delete) secara bersamaan.

2. Menghapus Riwayat Penelusuran di Handphone Android

Browser bukan hanya ada pada PC atau laptop saja, tetapi juga ada pada perangkat elektronik lain seperti handphone. Bagaimanakah cara menghapus riwayat penelurusan di handphone? Simak penjelasan dibawah ini:

A. Google Chrome

1. Untuk menghapus riwayat penelusuran di Chrome, pertama, buka aplikasi Chrome yang sudah diinstal di handphone seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

cara menghapus riwayat di google dengan mudah

2. Kemudian, di jendela browser Chrome, klik ikon 3-dots yang ada di sudut kanan atas. Secara otomatis akan tampil beberapa opsi lalu pilih History.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google

3. Nah, setelah jendela History terbuka, klik CLEAR BROWSING DATA… seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghapus riwayat di google

4. Di jendela Clear browsing data, Anda juga dihadapkan pilihan jenis penghapusan history apakah yang Basic (dasar) atau Advanced (lanjutan). Anda bisa melihat perbedaan dari keduanya di list yang tertera. Kemudian, tentukan rentang waktu histori yang akan dihapus. Lalu, klik tombol “Clear Data”.

cara menghapus riwayat di google

Tunggu hingga proses penghapusan riwayat penelusuran selesai. Jika Anda kembali ke jendela “History”, Anda tidak menemukan lagi riwayat penelusuran sebelumnya karena sudah dihapus. Itulah cara menghapus riwayat di google dengan mudah dan cepatSemoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend