hemat kuota

10+ Cara Menghemat Kuota di Windows 10 Dijamin Kuota Tahan Lama

NESABAMEDIA.COM – Windows 10 merupakan sistem operasi yang selalu menguras jaringan internet karena proses pada Windows 10 anyak menggunakan jaringan internet. Dan apabila komputer kita langsung terhubung denan koneksi internet, maka kita harus siap dengan kuota internet yang terkuras, untuk itu kita perlu mengetahui cara menghemat kuota di Windows 10.

Windows 10 memang banyak memudahkan pengguna dan dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan pengguna, tetapi jika sudah menguras kuota internet yang terlalu banyak, maka kita hrus mengambil langkah bijak untuk ini.

Tagihan internet yang membengkak akan membuat kita sulit untuk mengontrol pengeluaran perbulan. Oleh karena itu, kita harus menghemat kuota di Windows 10 dan membatasi penggunaan internet dan aplikasi yang dapat menyedot kuota internet. Pada artikel ini saya akan menjelaskan 10 cara menghemat kuota di Windows 10.

10 Cara Menghemat Kuota di Windows 10

Penggunaan jaringan internet juga akan mendukung dan memaksimalkan dalam konsep Internet of Things. Dibawah ini merupakan penjelasan 10 cara menghemat kuota di windows 10.

1. Enable Metered Connection

Metered Connection merupakan fitur dari Windows yang berfungsi untuk dapat membatasi bandwith atau koneksi internet yang akan dikonsumsi oleh komputer kita. Maka dari itu, fitur ini dapat menghemat kuota internet kita, terlebih lagi apabila kita menggunakan Windows 10 yang terkenal dengan banyaknya update didalam sistemnya.

Berikut tutorial dalam mengaktifkan fitur Metered Connection :

1. Masuklah ke menu Wifi lalu klik button Network & Internet Settings.

kuota

2. Kemudian klik menu WiFi, Setelah itu seluruh menu WiFi akan muncul pada bagian kanan. Klik pada nama Wifi yang terhubung dengan komputer Anda.

Cara Menghemat Kuota di Windows 10

3. Scroll kebawah sampai menemukan bagian Metered connection, geser toogle Set as metered connection sampai menyala seperti pada gambar.

hemat kuota

2. Disable Windows Updates

Salah satu faktor yang membuat Windows 10 sering menguras kuota internet yaitu karena adanya Windows Updates. Windows memang membutuhkan koneksi internet untuk selalu memperbaharui sistemnya. Tetapi, hal itu akan membuat kuota internet kita akan cepat habis. Untuk menghemat kuota, maka kita harus melakukan disable pada Windows update.

1. Klik Windows + R untuk menampilkan menu Run. Setelah itu ketikkan gpedit.msc, dan kemudian klik Ok. Langkah berikutnya masuklah ke bagian Computer Configuration. Dan kemudian masuk ke folder Administrative Templates. Setelah itu masuk ke Windows Components. Dan didalam folder tersebut, masuk ke dalam folder Windows Update. Double klik pada bagian Configure Automatic updates.

hemat kuota

2. Maka windows Configure Automatic updates akan ditampilkan. Klik Enable. dan setelah itu pada bagian configure automatic updating pilihlah 3-Auto download and notify for install. Setelah itu klik Apply dan kemudian klik OK.

Cara Menghemat Kuota di Windows 10 Agar Kuota Tahan Lama

3. Disable P2P Update

1. Langkah pertama yaitu dengan masuk ke menu Settings. Setelah itu klik menu Update & Security.

hemat kuota

2. Pada menu Update & Security tersebut, masuklah ke menu Windows Update. Pada bagian kanan, klik Advanced Options.

hemat kuota

3. Didalam menu Advanced Options, klik button Change How Updates are Delivered.

hemat kuota

4. Geser toogle yang semula On menjadi Off.

hemat kuota

4. Disable Windows Store Update

Windows Store merupakan tempat dimana Anda dapat menginstall aplikasi di Windows. Layaknya Play Store pada handphone Android, didalam Windows Store memiliki banyak sekali aplikasi yang dapat Anda install.

Tetapi setiap aplikasi pasti harus selalu di update, karena agar dapat menikmati layanan atau tampilan baru. Nah, hal inilah yang membuat kuota kita akan cepat habis. Berikut cara Disable windows store update.

1. Pertama, bukalah aplikasi WIndows Store dikomputer Anda. Kemudian klik foto akun Windows store seperti pada gambar dan pilih menu settings.

Tutorial Cara Menghemat Kuota di Windows 10

2. Geser toogle yang ada pada Update apps automatically sampai menjadi Off.

hemat kuota

5. Pantau Penggunaan Kuota Internet

Satu hal yang wajib Anda lakukan yaitu untuk memantau penggunaan jaringan internet dikomputer Anda. Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuklah ke menu Settings. Setelah itu klik Network & Internet dan kemudian pilihlah Data Usage. Anda dapat memantau penggunaan Internet Anda melalui fitur ini.

hemat kuota

6. Disable Cortana

Cortana merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai asisten virtual. Aplikasi ini sudah ada sejak pada Windows Phone 8.1. Cortana juga dapat membantu para penggunanya untuk menyusun jadwal, menjawab pertanyaan dengan informasi yang ia perolah dari Bing, dan lain sebagainya. Tentu saja fitur ini akan menggunakan kuota internet dan dapat menyebabkan pemborosan. Beriku cara disable Cortana.

1. Untuk menonaktifkan Cortana, kita harus masuk ke windows Local Group Policy Editor. Caranya adalah dengan klik Windows + R pada komputer dan ketikkan gpedit.msc pada keyboard. Dan klik Enter.

Pada Computer Configuration, klik Administrative Templates. Setelah itu masuk ke folder Windows Components. Lalu Klik dua kali pada folder Search.

hemat kuota

2. Didalam folder Search, klik dua kali pada file Allow Cortana.

hemat kuota

3. Windows Allow Cortana akan muncul dan pilihlah opsi Disable. Kemudian klik Apply, lalu klik OK.

hemat kuota

7. Disable Sync

Berikut langkah-langkah dalam menonaktifkan Syncronization.

1. Masuklah ke menu setting lalu klok Accounts. Pada menu Accounts, pilih menu Sync your settings. Kemudian pada bagian Sync settings, geser toogle sampai menjadi Off.

hemat kuota

8. Disable OneDrive

OneDrive merupakan penyimbanan berbasis cloud yang dapat menyimpan data Anda secara otomatis. Nah, aplikasi ini tentu saja akan banyak menghabiskan kuota internet Anda. Oleh karena itu, aplikasi ini harus dinonaktifkan.

1. Untuk menonaktifkan aplikasi OneDrive, kita harus klik kanan pada tray aplikasi OneDrive. Kemudian klik Settings.

hemat kuota

2. Pada windows one drive, klik menu Settings. Kemudian unchecklist pada bagian Start OneDrive automatically when I sign in Windows. Selanjutnya klik OK.

hemat kuota

9. Minimalkan Penggunaan VPN

Apabila Anda sering menggunakan VPN, maka komputer Anda akan mengonsumsi kuota internet yang cukup besar. Dan jika Anda tidak terlalu membutuhkan VPN, maka sebaiknya Anda harus mematikan VPN yang Anda gunakan tersebut. Dengan begitu, maka Anda dapat menghemat kuota internet di komputer Anda.

10. Minimalkan Melihat Video

Anda sering menonton youtube di komputer? Jika iya, maka hal itu akan membuat kuota Anda akan cepat habis. Karena tarikan kuota pada saat kita melihat video cenderung lebih banyak.

Apalagi jika ditambah dengan melihat video yang berkualitas HD, maka Anda harus meminimalisirkan penggunaannya. Anda dapat menghemat kuota dengan melihat video dengan kualitas rendah atau Anda dapat mendownloadnya dengan menyambungkan komputer Anda dengan Wifi publik seperti Wifi restoran, cafe, dan lain sebagainya.

Demikianlah 10 cara menghemat kuota di Windows 10. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, dan Anda dapat menghemat kuota ketika menghubungkannya dengan komputer Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend