6 Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer yang Paling Ampuh, Yuk Dicek!

Komputer merupakan salah satu teknologi yang berhasil dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Adanya komputer dapat mempermudah berbagai pekerjaan dan aktifitas yang dilakukan oleh setiap individu.

Dengan adanya komputer, proses pembelajaran juga bisa menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Komputer digunakan untuk berbagai aktifitas sehari-hari sehingga bisa dikatakan bahwa setiap hari seseorang akan menggunakan komputer dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini bisa dikatakan demikian, karena setiap orang akan ketergantungan dengan komputer setelah tahu bahwa hampir setiap hari menggunakan komputer. Hal ini bisa dikatakan hal yang wajar. Karena kesibukan dan pekerjaan setiap orang akan berbeda-beda, sehingga kita tidak bisa menyamakan semua orang memiliki kesibukan yang sama.

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Dengan setiap hari menggunakan komputer, akan ada energi lain yang juga terus meningkat konsumsi energinya. Energi tersebut adalah energi listrik. Komputer adalah salah satu elektronik yang snagat bergantung dengan listrik.

Meskipun komputer memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup, namun ketika baterai hampir habis, komputer membutuhkan listrik untuk tetap mengisi kembali baterainya. Sehingga komputer dapat digunakan kembali dan terus menerus. Berikut merupakan cara menghemat listrik monitor komputer supaya bisa meminalisir konsumsi energi:

#1 No Screen Saver

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Sama halnya dengan saat menggunakan smartphone, screensaver menjadi salah satu hal yang bisa mengurangi konsumsi baterai sehingga menjadi cepat habis. Hal ini juga terjadi pada komputer desktop. Dimana penggunaan screen saver juga dapat membuat konsumsi energi listrik menjadi semakin meningkat.

Ketika anda dalam kondisi yang ingin menghemat listrik, maka tidak disarankan untuk menerapkan screensaver ke perangkat komputer anda. Penggunaan screen saver dapat membuat penggunaan listrik menjadi berlebihan dan semakin banyak listrik yang dibutuhkan komputer anda. Hal ini harus diantisipasi dan diminalisir penggunaanya supaya tidak menyebabkan penggunaan energi listrik yang berlebihan.

Dengan tidak menggunakan screen saver pada perangkat komputer anda, maka anda telah melakukan salah satu cara menghemat listrik monitor komputer. Hal ini bisa menjadi budaya yang baik dan bisa diterapkan sepanjang hari. Sehingga dapat mengurangi penggunaan listrik.

#2 Menurunkan Tingkat Brightness

Menurunkan Tingkat Brightness

Tingkat berightness atua tingkat kecerahan layar monitor bisa berdampak pada beberapa hal seperti kesehatan dan penggunaan energi. Penggunaan tingkat brightness yang terlalu berlebihan dapat membuat mata menjadi sakit dan pandangan bisa kabur.

Selain itu, dalam bidang energi, penggunaan brightness bisa menyebabkan konsumsi energi berlebih. Energi yang dimaksudkan adalah energi listrik yang terus mengalir saat komputer dinyalakan. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara menghemat listrik monitor komputer adalah dengan menurunkan tingkat brightness pada komputer anda.

Hal ini dapat berdampak positif karena tidak akan merusak mata karena pencahayaannya rendah. Pengguna akan lebih nyaman dalam menggunakan komputer saat tingkat brightness diturunkan. Selain itu, dengan menurunkan tingkat brightness, maka konsumsi energi listrik juga akan semakin hemat.

#3 Matikan komputer jika tidak diperlukan

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Menjadi hal yang biasa dilakukan dan terkadang disepelekan yaitu mematikan komputer jika sudah tidak diperlukan. Terkadang hal ini dilupakan begitu saja karena adanya anggapan nanti akan digunakan kembali. Sehingga anggapan-anggapan seperti ini dapat menjadi budaya dan kebiasaan yang susah untuk dihilangkan. Mengapa? Karena kita sudah terbiasa dengan hal-hal semacam itu.

Untuk itu, kita harus menanamkan kembali kebiasaan untuk mematikan komputer jika memang sudah tidak digunakan. Hal ini dapat menghemat listrik secara signifikan.

Dimana ketika sudah selesai menggunakan komputer dan langsung mematikannya, listrik yang dikonsumsi akan lebih sedikit dibandingkan dengan membiarkan komputer hidup tetapi tidak digunakan. Hal tersebut dapat membuang-buang energi listrik.

#4 Udgrade Harddisk yang lebih terbaru

Udgrade Harddisk yang lebih terbaru

Salah satu cara untuk mneghemat listrik dalam penggunaan komputer adalah dengan mengupdgrade harddisk. Dimana, semakin lama tipe harddisk yang digunakan, maka konsumsi energi listrik yang diperlukan juga akan semakin besar.

Begitu juga sebaliknya, jika anda menggunakan harddisk dengan spesifikasi terbaru, maka energi listrik yang dibutuhkan akan semakin sedikit. Karena perusahaan akan terus berinovasi untuk mengembangkan harddisk yang hemat energi dan ramah lingkungan.

#5 Gunakan CPU yang terbaru

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Selain mengupgrade harddisk, anda juga melakukan hal yang sama pada CPU yang anda gunakan. CPU dengan model terbaru dan spesifikasi yang lebih canggih, akan memudahkan anda dalam melakukan penghematan listrik.

Adanya berbagai macam tipe CPU dengan daya yang semakin kecil bisa digunakan untuk menghemat energi listrik. Sehingga anda tetap dapat mengakses komputer dengan normal dan energi listrik yang dibutuhkan semakin sedikit.

#6 Sleep atau Hibernate

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Cara lain yang lebih sederhana adalah dengan menggunakan fitur sleep pada komputer. Selain itu, juga bisa menggunakan fitur hibernate. Hal ini digunakan agar komputer dalam keadaan mati namun nanti dapat digunakan kembali tanpa benar-benar mematikan komputer.

Dengan menggunakan fitur sleep atau hibernate, konsumsi listrik yang diperlukan komputer akan menjadi lebih sedikit sehingga dengan cara ini anda bisa melakukan penghematan listrik dengan cara yang cukup mudah. Hemat listrik dalam menggunakan komputer harus selalu diterapkan dan bahkan harus diterapkan setiap hari. Sehingga kita bisa menghemat listrik dan bisa digunakan untuk hal lainnya.

Nah, bagaimana dengan cara-caranya? Mudah bukan? Kini anda bisa menghemat listrik monitor komputer dengan mudah karena sudah tahu pengetahuannya.

Dengan adanya beberapa cara menghemat listrik monitor komputer, anda dapat melakukan penghematan energi listrik agar dapat digunakan untuk kegiatan yang lainnya. Dengan begini, pola hemat listrik bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend