3 Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Error 5B00 untuk Pemula

Mencetak adalah suatu kegiatan yang membutuhkan kertas dan printer. Dimana dengan mencetak kita bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita. Teknologi baru menghadirkan printer sebagai solusi untuk dapat digunakan sebagai alat pencetak dalam media kertas. Kertas yang bisa digunakan saat ini sangat beragam dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Mencetak dengan menggunakan printer merupakan cara yang mudah dilakukan dan biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Solusi terbaik dalam mesin percetakan dengan mengandalkan printer sebagai mesin pencetak dapat mempermudah pekerjaan manusia dalam mencetak dokumen ataupun hal yang lain.

Namun, peralatan elektronik seperti printer juga tidak selamanya sempurna dan bertahan dengan kualitas yang sangat bagus. Ada kalanya printer akan mengalami kerusakan. Kerusakan pada printer dapat beraneka ragam dan memerlukan perlakuan yang berbeda. Salah satu jenis printer yang sering digunakan adalah printer Canon IP2770.

Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Error 5B00

Printer ini sangat umum digunakan oleh masyarakat terutama dikalangan mahasiswa dan perusahaan. Kerusakan printer juga bisa terjadi pada jenis printer Canon IP2770 ini. Salah satu jenis kerusakannya adalah Error 5B00. Berikut merupakan beberapa cara mengatasi printer Canon IP2770 error 5B00:

#1 Matikan printer (power off)

Ketika printer anda mengalami error, hal sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan menonaktifkan atau mematikan printer dengan menekan tombol power off. Dengan mematikan printer sejenak, dapat memberikan waktu untuk printer agar beristirahat sebentar.

Hal ini penting dilakukan dikarenakan terkadang printer terlalu lama digunakan untuk mencetak sehingga bisa mengalami error. Mematikan printer menjadi salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan agar printer kembali normal.

#2 Reset printer

Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan reset printer. Hal ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi printer Canon IP2770 error 5B00. Sebelum melakukan reset printer Canon, pastikan bahwa anda telah memiliki software yang diperlukan untuk reset printer.

Software atau aplikasi untuk reset printer adalah Reseter Printer Canon IP2770. Setelah anda mendownload atau mengunduh aplikasi untuk reset printer, anda harus extract aplikasinya dan menyiapkan beberapa kertas untuk mencoba menguji printer tersebut. Berikut merupakan langkah-langkah dalam melakukan reset printer Canon IP2770:

  • Sebelum itu, pastikan bahwa printer dalam kondisi belum dinyalakan namun sudah terkoneksi dengan listrik. Hal ini digunakan agar printer masih belum menjalankan aktifitasnya sehingga nanti saat akan dilakukan reset, printer masih dalam kondisi yang bagus karena tidak dipakai dalam beberapa waktu.
  • Tekan RESUME dan tahan selama beberapa detik, kemudian baru bisa ditekan tombol POWER untuk menyalakan printer.
  • Selama menekan tombol POWER, usahakan bahwa tombol RESUME juga ditekan sebanyak 5 kali. Hal ini akan membuat lampu LED printer menyala secara bergantian. Perlu diingat bahwa ketika anda menekan tombol RESUME, pastikan bahwa anda tidak salah menekan, karena hal ini akan berbahaya. Jika anda salah menekan sebanyak 4 kali, maka printer akan mati.
  • Setelah anda tekan 5 kali, lepaskan tombol RESUME dan tombol POWER secara bersamaan hingga membuat lampu LED printer menyala hijau.
  • Kemudian, anda dapat menjalankan software Reseter Printer Canon IP2770 yang sudah terinstall di komputer anda. Setelah itu, klik MAIN dan tunggu beberapa saat, printer akan memproses. Dimana, sebelum ini, anda juga harus meletakkan beberapa kertas agar dapat digunakan oleh printer. Printer akan mencetak tulisan seperti ini “ D=000.0”
  • Kemudian, setelah hasil cetakannya keluar, anda bisa melanjutkan dengan mengklik EEPROM Clear >> Klik tombol EEPROM. Setelah itu, printer akan memproses untuk melakukan percetakan kembali. Kali ini, printer akan mencetak “TPAGE(TTL=00000)”.
  • Selanjutnya anda bisa menekan tombol POWER untuk mematikan printer sejenak.

Nah, ketika hasil cetak dari printer Canon IP2770 ini sudah keluar dan berhasil tercetak dengan benar. Ini menandakan bahwa printer anda sudah berhasil direset. Selanjutnya anda dapat menggunakan printer anda seperti biasanya. Namun, perlu diingat, untuk menjaga kondisi printer agar dapat menghasilkan cetakan yang berkualitas, anda juga perlu merawat printer tersebut.

Penggunaan printer tidak boleh berlebihan karena hal ini dapat mengganggu kinerja printer untuk menghasilkan kualitas cetakan yang bagus. Untuk itu, perlu adanya perlakuan yang lebih spesifik yang dapat anda lakukan untuk menjaga kualitas dan kondisi printer anda agar tetap prima. Selain itu, ketika printer dijaga dan dirawat dengan benar akan lebih memudahkan anda dalam mengorganisir dan meminimalisir adanya kerusakan-kerusakan lainnya yang bisa terjadi pada printer.

#3 Bawa ke service center

Cara terakhir jika anda tidak bisa menangani error yang terjadi pada printer anda adalah dengan membawanya ke service center printer anda.

Hal ini akan menjadi salah satu alternatif yang paling sesuai jika anda tidak ingin error pada printer anda semakin menjalar ke error lainnya sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada printer anda. Untuk itu, pilihan untuk ke service center bisa anda jadikan referensi saran jika anda memang tidak bisa mengatasi error tersebut sendiri.

Nah, ketika printer Canon IP2770 anda mengalami kerusakan. Coba untuk jangan terlalu panik dulu sebelum tau apa yang menyebabkan kerusakan pada printer anda.

Untuk itu, pengetahuan mengenai kerusakan pada printer sangat penting untuk anda ketahui, agar ketika anda mengalami kejadian seperti itu, anda dapat mengatasinya. Beberapa cara mengatasi printer Canon IP2770 error 5B00 bisa anda jadikan sebagai referensi pengetahuan. Sehingga anda dapat menjaga kondisi printer anda dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend