Begini Cara Mengirim CV Lewat Email dengan Baik dan Benar, Sudah Tahu?

Saat kita sedang kuliah, banyak dari kita yang berpusing ria dengan tugas tugas yang diberikan dosen dan bahkan skripsi menjelang kelulusan. Sebagian besar yang ada di benak para pejuang skripsi ini adalah agar cepat lulus dan bisa cepat mendapatkan karir yang baik dan bisa mandiri secara ekonomi.

Namun setelah lulus, apakah mimpi tersebut bisa segera terwujud? Tentu tidak semuanya. Sebagian besar harus memutar otak dan otot untuk melamar pekerjaan dari satu perusahaan ke perusahaan lain demi mendapatkan karir yang baik dan gaji yang memadai.

Untuk mendapatkan hal tersebut tentu anda harus mempersiapkan segala sesuatunya, anda harus memiliki amunisi yang cukup. Salah satu yang harus anda perhatikan dan persiapkan adalah Curriculum Vitae atau yang sering disingkat dengan sebutan CV. CV biasanya berisikan data data pribadi anda, history atau sejarah pendidikan dan juga penghargaan yang pernah anda peroleh.

Tips Sebelum Mengirim CV ke Perusahaan

Namun meski begitu anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengirimkan CV ke perusahaan yang anda tuju:

  1. Perhatikan ejaan. Pada saat anda mengisikan data, jangan lupa perhatikan ejaan yang ada pada CV anda. Jangan sampai anda dianggap kurang professional hanya karena kesalahan ejaan pada curriculum vitae anda.
  2. Rancang dan desain CV sesimpel mungkin namun tetap catchy. Hal ini tentu tidak terlepas dari banyaknya berkas yang pasti masuk ke redaksi HRD. Pihak HRD hanya memiliki sedikit waktu untuk mengecek CV satu persatu. Karena itu buatlah CV anda sesimpel dan se-catchy mungkin. Agar CV anda dapat lebih stand-out dan menarik perhatian HRD untuk kemudian dipertimbangkan apakah akan lanjut ke tahap selanjutnya atau tidak.
  3. Berikan data yang relevan. Anda mungkin memiliki banyak sertifikasi atau piagam penghargaan. Tentu hal tersebut dapat anda gunakan dan manfaatkan untuk mengambil hati HRD dan perusahaan. Namun satu catatan penting yang harus diingat adalah, hanya tampilkan kemampuan yang relevan dengan jabatan yang anda lamar. Jika anda melamar sebagai penulis artikel, anda dapat mencantumkan sertifikat kepenulisan anda, bukan sertifikat marketing misalnya. Hal ini akan menambah nilai positif anda di depan HRD.

Oke, setelah anda mengerti secara garis besar apa yang harus anda tuliskan dalam CV, anda pun telah siap untuk mengirimkannya. Sekali lagi anda juga harus aware dan memperhatikan apakah HRD menginginkan anda untuk mengirimkan CV secara manual by pos atau anda cukup mengirimkannya by email.

Karena tak bisa dipungkiri, di jaman sekarang banyak sekali perusahaan yang tidak mau repot menerima berbagai berkas fisik. Selain penghematan dan tidak ribet, hal ini juga salah satu upaya dalam penghijauan lingkungan.

Cara Mengirim CV Lewat Email dengan Baik & Benar

Nah karena itulah kami ingin menjelaskan bagaimana cara mengirimkan CV melalui email. Silakan disimak langkah-langkah cara mengirim CV lewat email dengan baik.

1 Pertama tama tentu pastikan anda telah memiliki satu email khusus yang akan anda gunakan untuk mengirimkan CV dan juga surat lamaran. Pastikan juga alamat email yang anda pilih tidak mengandung nama yang aneh dan alay.

Buatlah email dengan nama email yang “normal” contohnya jika nama anda Widuri, buatlah alamat email [email protected]ail.com dan bukan [email protected]. HRD bisa saja menilai keprofesionalitasan anda dari hal-hal kecil semacam ini. Bukalah email anda tersebut pada browser yang ada di komputer atau laptop anda.

cara mengirim CV lewat email

2 Setelah halaman utama email anda terbuka, silakan buat email baru dengan mengklik tombol Compose. Kemudian ketikkan alamat email HRD Perusahaan tujuan anda dan juga Judul emailnya. Agar terlihat lebih professional, berikan sedikit tag [Recruitment].

Email para HRD kemungkinan besar tidak hanya berisikan email dari pengirim lamaran saja, namun juga banyak tugas dari perusahaan. Nah, untuk memudahkan HRD mengenali email dari kita selaku pelamar, berikan tag tersebut dan juga nama anda serta jabatan yang anda ingin lamar. Lalu klik tanda upload file seperti di gambar di bawah ini untuk menambahkan file CV anda ke dalam email.

cara mengirim CV lewat email

3 Kemudian akan keluar halaman Unggah Berkas. Silakan pilih file CV yang akan diunggah atau upload. Setelah dipilih, lalu klik Open.

cara mengirim cv lewat email di HP android

4 Selanjutnya anda akan kembali ke halaman compose email. Anda juga akan mendapati file yang sebelumnya anda pilih telah terupload dan bertengger dengan rapi. Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan sedikit insight atau keterangan pribadi terkait apa yang ingin anda sampaikan kepada HRD melalui email ini.

Pastikan HRD tahu dan mengerti pasti tujuan dan maksud dari email ini secara gamblang. Salah satu contohnya adalah seperti gambar di bawah ini. Setelah selesai semua, silakan klik send maka email anda pun akan dikirimkan ke email HRD perusahaan tujuan anda melamar.

cara mengirim cv lewat email yang baik yang baik dan benar

Melamar pekerjaan di jaman yang sudah modern ini tidak harus dengan cara manual. Banyak cara yang lebih modern, salah satunya adalah dengan cara mengirimkan lamaran melalui surat elektronik. Demikian lah beberapa tips dan tutorial mengenai cara mengirim CV lewat email.

Semoga artikel mengenai cara mengirim CV lewat email ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

Leave a Reply

Send this to a friend