Cara Microsoft Meningkatkan Desain Menu Konteks di Windows 11

Cara Microsoft Meningkatkan Desain Menu Konteks di Windows 11

NESABAMEDIA.COMMeskipun Windows 11 akan dirilis ke publik pada akhir tahun ini, namun sejumlah pengguna bisa bermain-main dengannya di Insider Preview jika mereka mau. Sistem operasi itu berisi banyak fitur dan peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya, dan nesabamedia.com akan memandu anda soal beberapa hal utama yang ada di Windows 11. 

Windows 11 Build 22000.71 juga membawa beberapa perubahan pada sistem operasi, termasuk perubahan pada menu konteks (menu klik kanan), dan Microsoft kini telah merombak dengan melakukan modifikasi pada fitur tersebut. 

Microsoft menyoroti beberapa masalah pada menu konteks yang ada di Windows 10, termasuk fakta bahwa pilihan yang ada di sana terlalu banyak sehingga tampilannya menjadi memanjang ke bawah, serta dipenuhi pilihan yang jarang sekali digunakan. Perintah-perintah umum tidak dikelompokkan menjadi satu, dan berada sangat jauh dari jangkauan kursor mouse. 

Microsoft berupaya untuk meningkatkan kekurangan itu di menu konteks Windows 11. Perintah umum kini akan berada tepat di mana menu konteks itu dipicu dengan klik kanan mouse. Lebih lanjut, perintah umum seperti “Open” dan “Open With” akan dikelompokkan. 

Pengembang pihak ketiga bisa memanfaatkan perintah IExplorer dan identitas aplikasi untuk memperluas menu ini, dengan aplikasi yang berisi lebih dari satu perintah kerja dikelompokkan dalam sebuah menu flyout dengan atribut sesuai aplikasi. Ekstensi aplikasi juga akan dikelompokkan secara terpisah dari perintah Shell. 

Konteks Menu di Windows 11

Konteks Menu di Windows 11

Microsoft menjelaskan bahwa mereka tidak akan menghilangkan fungsionalitas menu konteks Windows 10 secara keseluruhan. Pengguna masih bisa mengklik “Show More Options” atau Shift-F10 untuk memuat menu lama sehingga perintah Shell tidak akan muncul secara default di menu konteks Windows 11 dan untuk memanfaatkan aplikasi yang belum di porting. 

Berikut ini beberapa peningkatan yang dibuat pada dialog berbagi:

  • Berbagi dengan sekitar sekarang jauh lebih mudah digunakan, dengan kontrol yang mudah atas pengaturan visibilitas pengguna di bagian atas dan tautan ke pengaturan lainnya di footer dialog.
  • Jika pengguna memakai aplikasi Mail, entri pertama dalam daftar kontak membantu pengguna mengirim email ke diri sendiri dengan mudah.
  • Semua aplikasi sekarang dapat hadir di dialog berbagi sebagai target. Untuk aplikasi Win32 yang tidak dikemas, ini tercakup dalam contoh yang sama dengan menu konteks. PWA yang dipasang melalui Microsoft Edge juga didukung jika menerapkan Web Share Target API.

Microsoft juga menyarankan para pengembang aplikasi untuk mendaftarkan aplikasi mereka dengan menu konteks Windows 11. 

Leave a Reply

Send this to a friend