Fitur Gaming DirectStorage di Windows 11, Juga Hadir di Windows 10

Fitur Gaming DirectStorage di Windows 11, Juga Hadir di Windows 10

NESABAMEDIA.COMSalah satu bagian paling menarik dari Windows 11 adalah Microsoft juga memfokuskan kinerja untuk kebutuhan gaming, seperti menghadirkan fitur bernama DirectStorage. Secara sederhana, DirecStorage API ini memungkinkan sistem game memuat data lebih cepat, sehingga mengurangi waktu pemuatan dengan cukup signifikan. 

DirectStorage API memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan perangkat keras penyimpanan modern seperti NVMe SSD, sehingga menjadikan Windows 11 sebagai rujukan para gamer sejati. Meskipun semua itu cukup rapi, sepertinya fitur tersebut tidak akan eksklusif untuk Windows 11. 

Menurut sumber yang diterima Nesabamedia.com, DirecStorage API juga akan bisa hadir di Windows 10 1909 dan yang lebih baru, seperti halnya SDK DirectX Agility. 

Versi Pratinjau dari Windows 11 sudah siap dan beberapa pengguna telah mencicipinya dan melihat bagaimana semuanya bekerja. DirectStorage API adalah salah satu dari tiga fitur terkait gaming yang ditonjolkan oleh Microsoft, sedangkan dua lainnya adalah integrasi Xbox Game pas dan fitur Auto-HDR.

Dari ketiganya, DirectStorage API menjadi yang ditunggu-tunggu para pengguna khususnya gamer untuk mengurangi waktu pemuatan data. Seperti sebuah pepatah lama yang menyebutkan bahwa waktu untuk memuat adalah musuh dari sebuah kesenangan bermain game.

Dalam informasi itu, pembahasan soal DirectStorage API dibagi menjadi sejumlah aspek yakni:

  • Model pemrograman DirecStorage API yang baru yang menyediakan pola panggilan pengiriman atau penyelesaian batch gaya DX12, membebaskan aplikasi dari kebutuhan untuk mengelola ribuan permintaan IO/pemberitahuan penyelesaian per detik. 
  • Dekompresi GPU menyediakan dekompresi aset super cepat untuk waktu pemuatan dan skenario streaming yang akan datang dalam versi pratinjau nantinya.
  • Optimalisasi tumpukan penyimpanan, di mana pada Windows 11 ini terdiri dari tumpukan penyimpanan OS yang ditingkatkan yang membuka potensi penuh DirectStorage. Pada Windows 10, game masih akan mendapatkan manfaat dari penggunaan tumpukan penyimpanan OS lama yang lebih efisien. 

Mungkin bagi sebagian orang hal ini akan membuat nilai dari Windows 11 mengalami penurunan karena kehilangan eksklusifitas dari fitur tersebut, sehingga orang-orang itu enggan untuk beralih ke sana. Namun di sisi lain, ini juga menjadi sebuah langkah positif, karena Microsoft mengizinkan teknologi baru menjangkau pengguna sebanyak mungkin.

Walaupun hadir juga di Windows 10, namun informasi itu juga menekankan bahwa fitur DirectStorage akan lebih maksimal di Windows 11.

Leave a Reply

Send this to a friend