Fitur Auto HDR Untuk Windows 10 Dalam Tahap Uji Coba

Fitur Auto HDR Untuk Game di Windows 10 Dalam Tahap Uji Coba

NESABAMEDIA.COMWindows 10 tengah menguji coba sebuah fitur baru yang akan menambahkan Auto HDR ke lebih dari 1000 judul game PC dengan mengaktifkan opsi yang ada di pengaturan sistem operasi tersebut. 

Seperti yang telah dijelaskan dalam situs pengembangan Microsoft, teknik ini memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah skema HDR dari pengaturan default sebuah game. Microsoft menyorot pada sisi kesederhanaan dan kemudahan yang ditawarkan fitur tersebut, yang akan bekerja pada game yang tidak memiliki pengaturan HDR secara bawaan. Yang dibutuhkan hanya sebuah monitor yang kompatibel dengan fitur atau teknologi tersebut.

Fitur Auto HDR ini sekarang hanya tersedia untuk para pengguna Windows 10 yang telah bergabung dengan program Windows Insider, yang menjalankan perangkat dengan build 21337 atau yang lebih tinggi. Setelah melakukan pemasangan fitur tersebut, pengguna hanya perlu membuka halaman Settings → System → Display → Video → pengaturan Windows HD Color. 

Kemudian tinggal mengikuti perintah yang ada pada halaman tersebut, dan pastikan bahwa opsi HDR dan Auto HDR telah diaktifkan. Namun jika monitor yang digunakan pengguna tidak kompatibel dengan fitur tersebut, maka opsi itu tidak akan muncul. 

Perbandingan Fitur Auto HDR Windows 10

Perbandingan Fitur Auto HDR Windows 10

Begitu diaktifkan, fitur tersebut akan menggunakan program DirectX 11 dan DirectX 12 untuk mengubah bagian brightness dan pengaturan warna secara langsung. Sebagai informasi, konsol Xbox Series S atau X generasi terbaru telah memiliki fitur ini sejak pertama kali diluncurkan. 

“Sementara studio pembuat game mengembangkan game PC HDR dengan melakukannya secara native, fitur Auto HDR untuk PC akan menggunakan DirectX 11 atau DirectX 12 SDR saja dan secara cerdas akan memperluas pemanfaatan rentang warna atau kecerahan hingga HDR. Ini adalah fitur platform tanpa batas yang akan memberi pengguna pengalaman bermain game baru yang luar biasa, yang memanfaatkan sepenuhnya kemampuan monitor HDR yang dimiliki pengguna,” kata Hannah Fisher, Manajer Program DirectX Microsoft. 

Untuk saat ini, fitur Auto HDR statusnya masih dalam pratinjau dan tidak semua game yang menggunakan DirectX 11 atau 12 telah mendukung fitur tersebut. Microsoft juga dikabarkan sedang mengerjakan optimasi performa dan memperbaiki beberapa masalah yang ada. Sebab pihaknya tidak menampik jika fitur Auto HDR untuk Windows 10 ini saat ini masih menghabiskan banyak sumber daya.

Leave a Reply

Send this to a friend