Apa Itu DirectX? Mengenal Pengertian DirectX

Peranan DirectX sangat penting dalam dunia game karena DirectX mempermudah pengembang game untuk mengeksploitasi fitur-fitur yang dimiliki oleh hardware.

Dalam mengembangkan game untuk PC, salah satu tantangan besar yang harus dihadapi oleh para pengembang game adalah mereka harus berhadapan dengan sekian banyak konfigurasi hardware.

Ada ratusan jenis graphics card, motherboard, dan chipset untuk PC, sedangkan kebutuhan setiap pengguna tidaklah sama. Oleh sebab itulah muncul berbagai PC dengan konfigurasi hardware yang beraneka ragam.

Para pengembang game harus memastikan bahwa game buatan mereka bisa dimainkan pada semua konfigurasi hardware tersebut. Disinilah peranan penting DirectX mulai terlihat.

Apa Itu DirectX?

Mengenal Apa Itu DirectX

DirectX adalah kumpulan Application Programming Interface (API) yang disediakan oleh Microsoft sebagai sarana untuk mempermudah komunikasi dengan hardware.

Perlu diketahui, setiap hardware dioperasikan dengan driver. Dulu, untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur pada beragam hardware, software developer harus berinteraksi dengan setiap driver yang memiliki bahasanya sendiri-sendiri.

Setelah DirectX muncul, software developer bisa berinteraksi dengan berbagai driver tersebut hanya dengan menggunakan bahasa DirectX. Pengembangan game pun bisa berjalan lebih cepat daripada sebelumnya.

DirectX muncul pertama kali pada sistem operasi Windows 95 di tahun 1996. Saat itu adopsinya cukup lambat karena kebanyakan developer masih mengandalkan OpenGL, tapi lama-kelamaan banyak developer yang mulai beralih ke DirectX, terutama sejak munculnya Windows XP.

Pentingnya DirectX Untuk Pengguna

DirectX tidak hanya dibutuhkan oleh game, tapi juga dibutuhkan oleh berbagai software multimedia seperti software yang menggunakan 3D modelling.

Untuk memastikan sebuah software multimedia bisa berfungsi dengan baik, maka pengguna harus memastikan bahwa versi DirectX yang terinstall adalah versi DirectX yang dibutuhkan oleh software tersebut. Biasanya versi DirectX yang wajib diinstall tercantum dalam halaman system requirement.

Mengenal Apa Itu DirectX

Kadang-kadang DirectX turut disertakan dalam paket instalasi software yang membutuhkan versi DirectX yang spesifik. Jika tidak, maka pengguna bisa mengunduh DirectX langsung dari internet.

Versi DirectX yang bisa diinstall tergantung dari sistem operasi yang digunakan. Sebagai contoh, DirectX 12 tidak bisa diinstall di Windows XP karena sistem operasi tersebut hanya mendukung hingga DirectX 9.

Versi terbaru DirectX adalah DirectX 12 yang turut disertakan di dalam paket instalasi Windows 10. DirectX 9, 10, dan DirectX 11 juga didukung oleh Windows 10 dan pengguna bisa mengunduhnya secara terpisah seandainya ada software yang membutuhkan versi DirectX tertentu yang bukan DirectX 12.

Untuk pengguna Windows 7, pada awalnya sistem operasi ini hanya mendukung hingga DirectX 11.1. Namun, pada bulan Maret 2019, Microsoft mengumumkan bahwa DirectX 12 juga akan didukung di Windows 7 untuk game-game tertentu seperti World of Warcraft.

Yang perlu diingat, sebelum menginstall DirectX yang lebih baru, pastikan komponen-komponen hardware yang ada di dalam komputer memang mendukung versi DirectX tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend