TikTok ajak Facebook dan Instagram perangi kebijakan Presiden AS Donald Trump, Gugatan ke pengadilan?

China: Lebih Baik TikTok Ditutup Daripada Dijual Paksa ke AS

NESABAMEDIA.COM – Pemerintah China dikabarkan lebih suka melihat TikTok dilarang dan ditutup di Amerika Serikat daripada menyetujui permintaan Presiden Donald Trump untuk dijual paksa kepada salah satu perusahaan pelamar AS-nya.

Pejabat Tiongkok percaya bahwa menjual aset TikTok di Amerika Serikat akan membuat perusahaan induk yang berbasis di China yakni ByteDance dan Beijing terlihat lemah di tengah tekanan dari Gedung Putih Washington, sebagaimana Reuters melaporkan, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut secara langsung.

Dua sumber mengklaim bahwa Beijing bersedia menunda kesepakatan apa pun yang dicapai oleh ByteDance dengan menggunakan revisi yang dibuatnya pada daftar ekspor teknologi. Perusahaan induk TikTok telah melakukan pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan seperti Microsoft dan Oracle, karena mereka berupaya untuk memenuhi tenggat waktu pertengahan September yang ditetapkan oleh Trump.

Pejabat AS telah mengkritik keamanan dan privasi aplikasi, menunjukkan bahwa data pengguna mungkin dibagikan dengan Beijing. TikTok mengatakan tidak akan memenuhi permintaan apa pun untuk membagikan data pengguna dengan otoritas China.

ByteDance, bagaimanapun, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Reuters bahwa tidak ada saran dari pemerintah China bahwa mereka harus menutup TikTok di negeri Paman Sam tersebut.

Pihak TikTok pun telah dihubungi untuk memberi komentar lebih lanjut tentang masalah ini, dan kami akan memperbarui artikel ini segera setelah kami mendengarnya kembali.

Trump tidak akan memperpanjang batas waktu TikTok, akankah dijual paksa?

Trump mengatakan bahwa dia tidak akan memperpanjang tenggat waktu ByteDance untuk menjual aset TikTok AS, yang membuka kemungkinan bahwa aplikasi berbagi video yang terkenal akan dipaksa untuk ditutup.

“Kami akan menutup TikTok di negara ini untuk alasan keamanan atau akan dijual. Tidak akan ada perpanjangan tenggat waktu TikTok, ”kata Trump.

Batas waktu, yang diklarifikasi oleh Trump adalah 15 September, semakin dekat, dan laporan Bloomberg baru-baru ini mengklaim bahwa mungkin sulit untuk menerima persetujuan peraturan untuk setiap penjualan sebelum tanggal tersebut.

Tim pengatur ByteDance dan negosiator kesepakatan telah membahas apakah masih mungkin untuk membuat penjualan yang dapat memperoleh persetujuan dari kedua pemerintah, pengakuisisi, investor ventura, dan ByteDance itu sendiri.

Leave a Reply

Send this to a friend