• Our Partners:

Chipset Apple M2 Masih Dijadwalkan Meluncur Tahun Ini, Meski Absen Di Event Peek Performance

Chipset Apple M2 Masih Dijadwalkan Meluncur Tahun Ini, Meski Absen Di Event Peek Performance

NESABAMEDIA.COMChipset Apple M2 tidak masuk dalam bagian pengumuman di event Peek Performance yang digelar beberapa hari yang lalu. Namun bisa dipastikan bahwa chipset terbaru dari Apple ini akan diluncurkan pada akhir tahun, bersamaan dengan peluncuran model perangkat Mac yang baru. Informasi lain mengenai chipset Apple M2 adalah, proses fabrikasi yang digunakan yakni 4nm dari TSMC untuk pembuatan chipset khusus itu. 

Lini chipset Apple Silicon sebelumnya dilaporkan akan mendapatkan pembaruan setiap 18 bulan, jadi jika merujuk pada lini masa itu, chipset M2 akan diluncurkan setidaknya pada akhir tahun ini. Sebelum acara Peek Performance dimulai, ada pembicaraan mengenai kemungkinan pengumuman chipset tersebut, tetapi alih-alih soal M2, Apple justru mengumumkan M1 Ultra. Ini menunjukkan bahwa Mac Portable dengan silikon baru, masih akan hadir beberapa bulan lagi.

Laporan lain menyebutkan bahwa Apple M2 akan didasarkan pada proses 4nm TSMC, melampaui arsitektur 5nm pabrikan Taiwan dalam hal kinerja dan efisiensi daya. Ini juga merupakan proses fabrikasi yang sama di mana perusahaan seperti Qualcomm akan memproduksi secara massal Snapdragon 8 Gen 1 Plus dan Snapdragon 8 Gen 2. 

Dengan M2, diharapkan akan ada sedikit peningkatan dibandingkan dengan M1 yang menjadi pendahulunya, meski kemungkinan itu sangat kecil. M1 sendiri dibatasi hingga GPU 8-core, sementara M2 memiliki GPU 10-core, tetapi jumlah inti CPU mungkin dipertahankan di angka delapan, di mana empat di antaranya akan menjadi inti kinerja sementara sisanya untuk varian efisiensi daya. 

Apple sebelumnya juga dilaporkan sedang mempersiapkan perangkat MacBook Pro dengan chipset baru, tetapi seperti versi M1, rumor mengklaim bahwa tidak akan ada perubahan pada desainnya. 

MacBook Air yang didesain ulang juga kabarnya akan diluncurkan akhir tahun, dengan beberapa sumber mengklaim itu akan menggunakan chipset M2. Sayangnya, analis terkenal Ming-Chi Kuo memprediksi bahwa Apple masih akan menggunakan M1 seperti di model-model sebelumnya, namun perubahan desain masih belum bisa dipastikan. 

Seperti bagaimana mereka mengumumkan M1 Pro dan M1 Max bersamaan dengan Macbook Pro yang didesain ulang, Apple bisa saja menggelar sebuah event khusus pada kuartal keempat tahun ini untuk mengumumkan chipset baru, dan produk-produk yang akan menggunakan chipset tersebut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend