Chrome Android

Chrome Incognito Tab, Kini Bisa Diakses Menggunakan Sidik Jari

NESABAMEDIA.COM – Pada awal tahun 2020 lalu, beberapa layanan Google di iOS telah diberikan akses fitur ‘Privacy Screen’ untuk mengamankan layanan menggunakan sidik jari dan Face ID. sekarang, Chrome di Android juga diberikan akses untuk mengamankan fitur Incognito Tabs melalui keamanan sidik jari, Minggu (18/09).

Incognito Tabs telah menjadi salah satu fitur andalan di Chrome, memungkinkan penggunanya untuk dapat menjelajahi internet secara aman dan anonim. Pengguna juga akan diberikan privasi karena browser tidak akan merekam jejak penggunaan internet melalui fitur ini. Meski begitu, fitur ini memang termasuk ke dalam ranah privasi pengguna.

Kini, layanan Incognito Tabs di Chrome mendapatkan jenis keamanan terbaru di Android. Pengguna kini bisa langsung mengakses Incognito Tabs dengan menggunakan sidik jari, sehingga fitur Incognito Tabs ini hanya bisa diakses oleh penggunanya saja.

Chrome-Incognito-fingerprint-Android-1

Bukan hanya kemampuan mengamankan menggunakan sidik jari saja, Incognito Tabs di Chrome juga memberikan akses untuk mengamankan fitur ini melalui beberapa kode PIN. Jika Anda langsung mengaksesnya, maka sebelah kanan atas layar terdapat pengaturan untuk menggunakan kode PIN bagi ponsel yang tidak memiliki dukungan sidik jari.

Sejumlah peningkatan juga telah diberikan oleh Google, seperti fitur untuk langsung mengunci Incognito Tabs ketika pengguna menutup aplikasi Chrome. Memberikan akses untuk pembayaran yang aman, akses untuk koneksi aman, dan masih banyak lagi.

Fitur penguncian ini sebenarnya tergantung dari pemakaian pengguna, jika ingin menggunakannya atau menonaktifkannya maka bisa langsung mengakses Seetings, Privacy & Security, kemudian pilih Lock Incognito tabs when you leave Chrome.

Sayangnya, beberapa pengguna menyadari bahwa pengaturan kunci menggunakan sidik jari tidak didapatkan oleh semua perangkat dengan basis Android. Meskipun perangkat tersebut telah memiliki dukungan keamanan menggunakan sidik jari, namun tidak semua versi akan mendapatkan akses ini.

Diperkirakan Google akan memberikan akses keamanan sidik jari secara merata pada bulan Oktober 2022 nanti. Untuk saat ini, Incognito Tabs di Chrome dengan keamanan sedang dalam tahap perilisan yang akan diberikan untuk beberapa perangkat Android seperti Pixel dan Samsung.

Fitur ini akan dirilis dengan versi Final yang akan datang pada versi Chrome 105. Berbicara mengenai fitur keamanan, Google Drive, Chrome, Search, dan Fi juga telah mendapatkan autentikasi dua faktor di iOS. Sedangkan hingga saat ini, Android belum mendapatkan fitur yang sama.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend