Kenali Ciri-Ciri Globalisasi Secara Umum Beserta Penjelasannya

Globalisasi ialah merupakan proses yang mendunia terjadi akibat adanya kemajuan teknologi. Pada Proses globalisasi dapat dirasakan pada seluruh dunia, juga termasuk di Negara Indonesia. Ditemukan cir-ciri dan suatu karakteristik pada globalisasi yang sudah ada di bagian ekonomi, sosial, informasi, budaya, lingkungan, politik dan lainnya.

Adanya suatu kemajuan pada teknologi dan kemajuan akses internet telah menjadi penyebab pendorong terhadap globalisasi di era yang modern. Telah didapatkan dampak yang postif dan yang negatif dari globalisasi yang sudah dapat kita rasakan pada sekitar kita. Pastinya kita pun bisa terkena dampak dari pada proses globalisasi, baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung.

Ada sebagian ciri-ciri pada globalisasi yang dapat kita cermati. Contohnya pada unsur karakteristik dalam globalisasi dapat dilihat di bidang infromasi yang dimana kita dapat mengakses sebuah informasi dengan sangat mudah dan juga cepat yang didukung oleh berkat adanya sesuatu yang disebut internet dan juga teknologi gadget.

10 Ciri-Ciri Globalisasi

Berikut ini merupakan beberapa dari ciri-ciri globalisasi dengan penjelasannya, baik dari bidang informasi, politik, lingkungan, komunikasi, ekonomi, dan budaya secara internasional.

1. Adanya keterbukaan

Ciri-Ciri Globalisasi

Di dalam suatu era globalisasi ini, suatu hal paling berpengaruh ialah adanya keterbukaan pada berbagai aspek kehidupan. Dalam hal ini yang paling dapat dilihat pada bagian informasi dan bagian komunikasi. Suatu berita dapat langsung tersebar di seluruh pelosok dunia dalam hitungan detik saja.

Semua informasi pula mampu didapatkan dengan cara yang cepat dan juga mudah. Selera konsumsi kebiasaan kita dapat juga di pengaruhi oleh yang sedang trending di negara lainnya. Misalnya, pada suatu tempat makan yang kita sukai ialah tempat yang menyuguhkan menu yang berkaitan dengan globalisasi.

Memakan makanan yang siap saji tidak hanya sekedar karena suatu kebutuhan yang biologis, tetapi juga bisa dalam rangka mengapresiasi sebuah idenstitas sesungguhnya kita ini ialah bagian yang termasuk di dalam warga global.

2. Perubahan ekonomi dunia

Globalisasi pasti akan banyak mempengaruhi pada kondisi ekonomi di nasional dan juga internasional. Ciri-ciri globalisasi pula mencakup pada aspek ekonomi yang dimana suatu kegiatan ekonomi akan dikendalikan secara baik bagi pasar domestik dan juga pasar internasional serta koordinasinya di dalam ruang lingkup global.

3. Kebijakan liberisasi

Ciri-Ciri Globalisasi adalah Kebijakan Liberalisasi

Salah satu diantara ciri-ciri globalisasi ialah adanya liberisasi, yang artinya ialah terdapat sebuah kebebasan bagi setiap pengusaha untuk membangun industri, usaha perbelanjaan atau usaha lainnya, baik dalam negara sendiri maupun membangun usaha diluar negeri.

4. Konektivitas

Ciri-ciri globalisasi yang lainnya ialah adanya konektivitas antara individu. Orang dapat berhubungan pada orang lainnya yang beda negara dan melampaui batas nasional melalui media teknologi khusus. Sekarang setiap orang dapat dengan mudahnya terhubung dan juga terkoneksi dengan siapapun di seantero dunia.

Pada produksi barang dan juga jasa dengan suatu negara bergantung pada suatu proses produksinya dengan negara lain. Dengan istilah lain, interkoneksi pada proses produksi menghasilkan adanya hubungan yang saling ketergantungan.

5. Proses komposit

Proses Komposit salah satu Ciri-ciri Globalisasi

Ciri-ciri dari globalisasi yang berikutnya ialah proses komposit. Maksud dari ciri-ciri ini ialah adanya suatu integrasi negara dan bangsa di penjuru dunia pada ikatan politik, ekonomi, budaya, komersial dan pada teknologi umum sampai-sampai telah menciptakan susunan dunia yang baru tanpa adanya batas nasional.

6. Privatisasi

Privatisasi sudah menjadi satu diantara ciri-ciri globalisasi yang berikutnya. Maksud dari privatisasi ialah melindungi negara jauh dari hak kepemilikan pada sarana produksi dan juga distribusi dengan membiarkan arus berjalan bebas pada aktivitas industri, perbisnisan dan ekonomi.

7. Perdagangan bebas

Ciri-ciri pada globalisasi yang selanjutnya ialah adanya perdagangan bebas atau bisa juga disebut dengan free-trade. Pada kebijakan ini sering terjadi maka perdagangan bebas diantara negara makin gencar. Tak ada atau sedikitnya kontrol dari pemerintah yang lebih pada sektor perdagangan.

8. Akses transportasi dan komunikasi

Globalisasi terus mempengaruhi kecepatan pada transportasi dan juga komunikasi. Pada hal ini dapat dilihat terjadinya percepatan pada interaksi dan juga komunikasi secara yang mendunia serta terciptanya suatu sistem transportasi yang maju, jadinya dapat mempercepat pertukaran dengan difusi ide, modal, barang-barang, masyarakat, dan juga informasi.

9. Kebudayaan global

Kebudayaan global

Ciri-ciri globalisasi selanjutnya juga dapat dijumpai dari aspek budayanya. Globalisasi membentuk budaya menjadi suatu negara yang lebih diketahui secara global. Terdapat sarana dan juga media semacam internet dapat mempercepat penyebaran suatu budaya, yang mencakup kebiasaan, tarian, tradisi, musik, gaya hidup, film, cara menggunakan pakaian dan juga aspek budaya yang lainnya.

10. Adanya isu lingkungan

Pada globalisasi terdapat salah satu ciri-ciri yang berdampak negatif pada globalisasi ialah adanya suatu masalah pada lingkungan yang mesti adanya usaha dari negara yang tertentu maupun secara global.

Rusaknya lingkungan dan juga alam menjadi suatu hal yang tak terhindarkan sebagaimana dampak dari suatu globalisasi di jaman yang modern ini, di mulai pada kerusakan tanah, kerusakan air maupun pemanasan global.

Itulah pembahasan tentang 10 ciri-ciri globalisasi di Negara Indonesia dan juga di dunia serta dengan penjelasannya. Globalisasi mempunyai pengaruh dan juga dampak pada berbagai bidang, baik di bagian ekonomi, sosial, informasi, budaya, lingkungan, politik dan lainnya. Semoga pada artikel ini bisa menjadi sebuah pedoman maupun referensi pada ilmu pengetahuan yang sedang anda cari.

Leave a Reply

Send this to a friend