10+ Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan, Jabatan dan Lain-lain

Dalam lingkungan masyarakat, tentunya akan mengetahui berbagai istilah dokumen yang biasanya digunakan untuk melengkapi persyaratan kegiatan tertentu.

Berkas persyaratan yang biasanya tidak hanya beberapa saja dan biasanya melibatkan pihak lain untuk mendapatkan berkas-berkas tertentu. Hal ini menjadi salah satu contoh bahwa dalam lingkungan bermasyarakat, adanya surat keputusan menjadi salah satu berkas yang dicari banyak orang.

Dimana surat keputusan ini bisa menjelaskan berbagai macam hal dan persetujuan agenda dan kerja sama. Oleh karena itu, surat keputusan merupakan surat yang digunakan dalam berbagai bidang kehidupan.

10+ Contoh Surat Keputusan 

Surat keputusan merupakan surat yang berisikan persetujuan ataupun penolakan terhadap suatu hal. Intinya adalah dalam surat keputusan, terdapat sesuatu yang harus disetujui ataupun ditolak untuk menghasilkan suatu keputusan yang tepat bagi semua pihak yang terlibat.

Surat keputusan memiliki jenis yang beragam sesuai dengan masing-masing tujuan dan fungsinya. Berikut merupakan beberapa contoh surat keputusan yang biasanya digunakan dalam kehidupan bermasyarakat:

1. Contoh Surat Keputusan Organisasi

Dalam sebuah organisasi tentu akan ada berbagai macam kegiatan, agenda dan hal-hal lainnya. Dimana biasanya setiap kegiatan yang akan berlangsung atau agenda-agenda mendadak yang harus segera dilangsungkan akan melalui persetujuan ketua organisasi. Sehingga biasanya ketua organisasi akan membuat surat keputusan untuk agenda-agenda tersebut. Berikut merupakan contoh surat keputusan organisasi:

Contoh Surat Keputusan Organisasi

2. Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah

Dalam sekolah, kekuasaan tertinggi berada pada wewenang kepala sekolah. Sehingga jika terdapat permasalahan dan acara apapun yang melibatkan sekolah tersebut akan diproses dan disetujui oleh kepala sekolah.

Hal ini biasa dilakukan karena harus sesuai dengan prosedur yang ada. Untuk itu, kepala sekolah dan pihak-pihak yang berwenang dapat mengeluarkan surat keputusan untuk tindakan tertentu. Berikut merupakan contoh surat keputusan kepala sekolah:

Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah

3. Contoh Surat Keputusan Kepala Desa

Organisasi tidak hanya ada di wilayah sekolah saja, melainkan jika hidup bermasyarakat maka akan ada yang disebut kepala desa disetiap wilayah desa. Sehingga jika ada keputusan atau acara apapun yang membutuhkan keputusan kepala desa, kepala desa berhak untuk memberikan surat keputusan.

Oleh karena itu, surat keputusan ini tidak sembarangan dikeluarkan untuk semua hal, melainkan hal-hal yang dirasa memang perlu dan penting. Berikut merupakan contoh surat keputusan kepala desa:

SK Kepala Desa

4. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan

Pengangkatan jabatan tidak hanya dilakukan dalam pengangkatan ketua osis saja di sekolah. Namun, proses pengangkatan jabatan bisa saja dilakukan oleh jabatan-jabatan lainnya misalkan perangkat desa, kabupaten, provinsi hingga Republik Indonesia.

Sehingga biasanya pejabat tertinggi yang memiliki wewenang harus mengeluarkan surat keputusan pengangkatan jabatan tersebut. Berikut merupakan contoh surat keputusan pengangkatan jabatan:

Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan

5. Contoh Surat Keputusan Yayasan

Yayasan yang bergerak dibidang apapun biasanya memiliki struktur organisasi. Dengan adanya struktur organisasi tersebut, maka akan ada pemimpin yayasan yang biasanya disebut ketua yayasan.

Ketika yayasan membutuhkan keputusan terkait suatu hal yang harus dilakukan dan bersifat mendadak, dan keputusan-keputusan lainnya, maka ketua yayasan wajib untuk segera membuat surat keputusan yayasan. Berikut contoh surat keputusan yayasan:

SK Yayasan

6. Contoh Surat Keputusan Direksi

Dalam suatu perusahaan, tentu akan ada berbagai macam agenda, kegiatan, dan acara lainnya yang membutuhkan keputusan dari direksi. Sehingga penting bagi perusahaan untuk memiliki direksi sebagai orang yang mengerti perusahaan dan bisa bertanggung jawab untuk perusahaan. Untuk membantu pemahaman kita terkait surat keputusan direksi, maka berikut merupakan contoh surat keputusan direksi:

Surat Keputusan Direksi

7. Contoh Surat Keputusan Kelulusan

Menjadi seorang siswa atau bahkan mahasiswa tentu akan mendambakan proses kelulusan. Dimana semua orang bersukacita menyambut kelulusan. Dengan banyaknya siswa dan mahasiswa yang akan disambut pada kelulusan, maka biasanya pihak sekolah atau kampus akan membuat bukti surat keputusan kelulusan.

Surat ini bisa berisikan nama-nama mahasiswa yang akan mengikuti proses kelulusan atau bahkan informasi mengenai acara kelulusan tersebut. Berikut merupakan contoh surat keputusan kelulusan:

Contoh Surat Keputusan Kelulusan

8. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Guru

Menjadi seorang guru honorer tentu bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, karena terwujudnya keinginan untuk dapat mendidik anak bangsa. Dengan adanya status guru honorer, tentu akan ada saatnya guru tersebut akan mengikuti proses pengangkatan guru, sehingga menjadi guru tetap. Berikut merupakan contoh surat keputusan pengangkatan guru:

Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Guru

9. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap

Menjadi seorang karyawan di sebuah instansi baik pabrik ataupun yang lainnya menjadi salah satu mata pencaharian bagi seseorang. Sehingga ketika terdapat status sebagai seorang karyawan kontrak atau bukan karyawan tetap, akan ada kondisi dimana terdapat pengangkatan menjadi karyawan tetap.

Ketika hal ini ada, maka dibutuhkan surat keputusan pengangkatan karyawan tetap gunanya sebagai bukti tertulis bahwa nama-nama karyawan yang terdapat pada surat keputusan adalah karyawan yang akan diangkat menjadi karyawan tetap. Berikut merupakan contoh surat keputusan pengangkatan karyawan tetap:

Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap

10. Contoh Surat Keputusan Pemenang Lomba

Ketika sesorang mengikuti sebuah lomba dimanapun tingkatnya dan apapun bidang lombanya, tentu akan ada seseorang yang menjadi juara atau pemenang.

Sehingga dengan adanya pemenang lomba ini biasanya ketua acara atau orang yang menjadi pimpinan akan membuat surat keputusan pemenang lomba. Hal ini bertujuan agar pemenang lomba tersebut dapat dibuktikan secara tertulis dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat. Berikut merupakan contoh surat keputusan pemenang lomba:

SK Pemenang Lomba

Dengan adanya beberapa contoh mengenai surat keputusan, maka anda akan lebih memahami dan mengetahui jenis-jenis surat keputusan yang biasanya digunakan. Dimana tidak semua surat keputusan bisa anda dapatkan dengan mudah.

Karena terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Untuk itu, setiap surat keputusan memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend