Ciri-Ciri Otot Polos, Lurik dan Jantung

Kenali Ciri-Ciri Otot Polos, Lurik dan Jantung Beserta Penjelasannya

Jenis-jenis dari otot manusia terdiri atas 3 jenis, yakni otot polos, otot lurik dan otot jantung. Pada pengertian sistem otot manusia itu sendiri yaitu sebuah sistem pada organ manusia yang yang ada pada hewan maupun hewan yang dapat mengizinkan makhluk tersebut bisa bergerak.

Dan sistem otot yang terdapat didalam vertebrata bisa dikendalikan oleh sebuah sistem saraf, serta didalam beberapa otot contohnya otot jantung manusia dapat bergeram dengan cara otonom.

Untuk dapat mengetahui perbedaan dari otot polos, otot lurik dan juga otot jantung, maka dapat dilihat dari ciri-ciri masing-masing otot tersebut. Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai ciri-ciri dari ketiga macam otot tersebut. Dan berikut adalah penjelasannya.

Ciri-Ciri Otot Polos

Ciri-Ciri Otot Polos

Sel pada otot polos mempunyai bentuk yang terlihat memanjang dengan ujung keduanya yang runcing dan juga nukleus yang letaknya tepat pada bagian tengah pada sel otot. Serat miofibril yang ada pada otot polos juga mempunyai sifat yang homogen dan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan serabut pada otot lurik.

Otot polos juga ada di bagian dinding pada pembuluh darah, dinding saluran pencernaan, ovarium dan juga paru-paru. Otot polos juga mempunyai sifat yang lambat reaksinya didalam hal untuk menerima rangsangan, tetapi tahan pada kelelahan dan juga bisa bekerja dibawah pengaruh suatu saraf tak sadar. Berikut ini adalah ciri-ciri dari otot polos manusia :

  • Di setiap selnya mempunyai satu inti yang letaknya tepat di tengah
  • Mempunyai suatu bentuk seperti sebuah gelondong dengan memiliki kedua ujungnya yang runcing dan pada bagian tengahnya berbentuk menggelembung
  • Otot polos bisa berkontraksi dengan refleks dikarenakan otot ini bekerja dengan otonom atau biasa disebut dengan otot tak sadar
  • Otot polos adalah otot otonom atau otot tak sadar dan mempunyai waktu kontraksi selama 3 sampai dengan 180 detik
  • Otot polos mempunyai reaksi yang sedikit langbat dan juga tak mudah lelah atau sering terus menerut untuk bekerja walaupun kita tidur disebabkan otot ini tak dikendalikan oleh manusia secara langsung maupun dapat beraktivitas meskipun berada didalam kondisi yang tak sadar
  • Otot polos tak mempunyai garis yang melintang seperti pada otot lurik

Dengan ciri-ciri diatas, otot polos juga memiliki fungsi yakni sebagai berikut ini :

  • Untuk dapat membantu keluarnya urin yang terdapat pada kandung kemih
  • Otot polos yang ada dibagian pembuluh darah dapat membantu aliran darah didalam arteri
  • Pada pembuluh darah vena dan juga arteri, otot polos dapat mengatur tekanan darah
  • Di salutan pencernaan, otot polos bisa membantu makanan berpindah dari bagian yang satu ke bagian yang lainnya

Ciri-Ciri Otot Lurik

Ciri-Ciri Otot Lurik

Otot lurik ataupun yang sering disebut juga sebagai otot rangka yaitu merupakan sejenis otot yang letaknya menempel di rangka tubuh dan juga dapat digunakan untuk membuat pergerakan. Sama seperti namanya, otot lurik ini jugam empunyai tampilan lurik antara aktin atau gelap dan juga miosin atau terang dengan tempilannya yang selang seling.

Otot yang ada di rangka tubuh tersebut juga bisa digerakkan sesuai dengan kemauan kita, sehingga otot tersebut disebut sebagai otot motorik. Otot lurik juga bisa bekerja dengan sangat keras karena mempunyai banyak inti sel. Terapi otot lurik ini membutuhkan istirahat setelah selesai melakukan aktivitas disebabkan mudah lelah.

Ciri-ciri dari otot lurik yang menjadi perbedaan dengan otot yang lainnya ialah sebagai berikut ini :

  • Otot lurik memiliki bentuk panjang, selindris, dan juga mempunyai banyak multinuklei atau inti sel
  • Otot lurik terdapat di otot betis, otot paha, otot dada sampai dengan seluruh rangka pada tubuh manusia
  • Otot lurik ini bergerak dibawah Volunter atau kesadaran
  • Otot lurik memiliki ribuan serabut dan membentuk suatu jaringan otot yang sudah tersusun rapi
  • Biasanya, otot rangka memiliki diameter sepanjang 50 mikron dan panjangnya sampai dengan 2,5 centimeter
  • Otot lurik bisa bekerja dengan sangat keras dan juga cepat tetapi mudah cepat lelah, dan otot ini juga harus diistirahatkan dengan berkala apabila setelah habis beraktivitas
  • Otot lurik melekat di rangka tubuh manusia dan juga pada hewan
  • Letak inti sel otot lurik berada tepat di perifer atau tepi
  • Otot lurik cepat pada saat berkontraksi atau berkerut

Selain pada ciri dan juga bagiannya, otot lurik mempunyai fungsi yaitu untuk dapat menggerakkan rangka tubuh hewan dan juga manusia. Tidak hanya itu, otot lurik juga bisa bergerak secara leluasa seperti dengan kemauan kita.

Dengan begitu, maka otot lurik sangatlah membantu didalam bekerja secara cepat dan juga keras. Contohnya yaitu otot lurik merupakan otot perut, otot lengan, otot paha dan juga otot betis.

Ciri-Ciri Otot Jantung

Ciri-Ciri Otot Jantung

Otot jantung merupakan salah satu dari jenis otot lurik tidak sadar dan ditemukan dibagian dinding jantung, terkhusus pada myicardium. Sel-sel tersebut termasuk otot jantung yang disebut juga dengan sel otot myocardiomycocyte atau cardiomyocyte, bisa berisi satu, dua bahkan sampai dengan empat inti sel.

Otot jantung yang disebut juga dengan myocardium, dimana Myo yang memiliki arti otot dan Caridum yang memiliki arti jantung. Otot jantung biasa bergerak dengan dibawah kesadaran yang tak dipengaruhi oleh saraf pusat maupun perintah otak.

Otot jantung adalah gabungan dari otot lurik dan juga otot polos, hal itu dikarenakan mempunyai kesamaan, contohnya yaitu otot jantung mempunyai daerah yang terang dan juga gelap, mempunyai banyak inti sel yang letaknya berada di tengah seperti pada otot lurik, dan sedangkan otot polos mempunyai kesamaan pada sifatnya yakni bergerak dengan cara involunter.

Otot jantung dapat bekerja tanpa merasa lelah, tanpa istirahat yang dapat membuat darah bisa terus mengalir ke seluruh tubuh, hal itu berarti manusia dapat tetap hidup. Apabila otot jantung tersebut berhenti, maka bisa membuat kematian. Otot jantung dapat bergrak dengan cara involunter. Hal itu dimaksudkan otot jantung bisa bekerja dengan terus-menerus tanpa adanya istirahat.

Hal itu dikarenakan otot jantung mempunyai sejumlah mioglobin, mitokondria, dan juga suplai darah ke seluruh bagian tubuh, sehingga dapat memungkinkan terjadinya suatu metabolisme aerobik secara terus menerus dan terdapat suplai oksigen serta nutrisi.

Adapun ciri-ciri dari otot jantung yang membedakannya dengan jenis otot yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Otot jantung dapat bekerja secara terus-menerus tanpa merasakan lelah
  • Otot jantung mempunyai bentuk yang memanjang
  • Otot jantung dapat bekerja diluar kesadaran atau dapat juga disebut dengan bekerja tanpa adanya suatu pengaruh dari otak maupun saraf pusat
  • Inti sel pada otot jantung berada di tengah
  • Otot jantung mempunyai diameter yaitu sekitar 14 µm
  • Otot jantung memiliki ukuran panjang dari serabut jantung yakni diantara 50 – 100 µm
  • Otot jantung memiliki serabut yang berbentuk sarkolema yang meliputi myofibril yang terlihat berdampingan
  • Otot jantung memiliki jumlah serabut sekitar 1500 filamen
  • Otot jantung meliputi satu dan fua dari inti sel atau bisa berjumlah tida sampai empat tetapi hal itu sangat jarang ditemukan
  • Otot jantung dapat dipengaruhi dengan saraf otonom atau saraf parasimpatik dan saraf simpatik
  • Otot jantung mempunyai serabut yang bercabang
  • Otot jantung mempunyai bentuk berupa silindris bercabang dan juga menyatu
  • Otot jantung mempunyai diskus interkalaris. Interkalaris merupakan suatu pembatas antara sarkomer atau suatu bahan dasar dari sejumlah sel otot atau dapat disebut juga dengan unit fungsional dasar dari otot lurik.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai ciri-ciri otot polos, otot lurik dan otot jantung. Semoga artikel ini dapat Anda jadikan referensi dalam ilmu pengetahuan.

Sarifah Farrah Fadillah

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Leave a Reply

Send this to a friend