Kenali Ciri-Ciri Organisasi Beserta Unsur dan Penjelasannya, Yuk Disimak!

Anda semua pasti pernah mendengar kata organisasi dikehidupan sehari-hari, bukan ? Atau bahkan Anda pernah ikut bergabung dalam suatu organisasi, baik itu didalam masyarakat, lingkungan dan juga sekolah.

Dilihat dari pengertiannya, Organisasi merupakan suatu wadah ataupun tempat dimana dapat berkumpulmya sekelompok orang-orang yang dapat bekerjasama dengan sistematis, rasional, terpimpin dan juga terkendali untuk bisa mencapai sebuah tujuan yang tertentu dengan memanfaatkan suatu sumber daya yang telah ada.

Tetapi, pada umumnya, organisasi dapat dimanfaatkan untuk beberapa sumber daya yang tertentu didalam rangka untuk dapat mencapai sebuah tujuan, contohnya yaitu mesin, uang, cara, sumber daya manusia, dan juga lingkungan yang bisa dilakukan dengan cara radional, sistematis dan juga terkendali.

Tapi, tahukah kamu apa saja ciri-ciri dan unsur-unsur dari organisasi ? Nah, pada artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri dan unsur-unsur dari organisasi.

Ciri-Ciri Organisasi

Ciri-Ciri Organisasi

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, secara sederhana organisasi merupakan sebuah kerjasama dari sekelompok orang yang saling bahu-membahu untuk dapat mencapai tujuan secara bersama yang mereka inginkan dan ingin terlibat dengan peraturan yang sudah dibuat sebelumnya.

Organisasi dapat disebut juga dengan suatu wadah maupun tempat yang sengaja dibuat untuk dapat melakukan aktivitas bersama, agar bisa mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan secara bersama.

Adapun ciri-ciri dari organisasi yang dapat kita lihat sebagai berikut ini :

  1. Organisasi didalamnya terdiri dari sekelompok orang-orang; Hal tersebut membuktikan bahwasanya organisasi pasti mempunyai anggota-anggota yang terdiri atas dua atau lebih orang yang memiliki tujuan yang sama.
  2. Organisasi mempunyai tujuan; alasan mengapa orang-orang yang bekerjasama untuk membentuk suatu organisasi yaitu dikarenakan mempunyai tujuan bersama yang ingin mereka wujudkan. Dengan tujuan tersebutlah, para anggota dari organisasi tersebut akan saling bekerjasama dan bahu-membahu dalam melakukan suatu usaha untuk dapat mencapai tujuannya.
  3. Anggota dari organisasi saling bekerjasama; Untuk dapat mencapai suatu tujuan dari organisasi, maka anggotanya haruslah saling beekrjasama. Tanda adanya suatu kerjasama diantara anggota organisasi tersebut, maka tujuannya tak bisa tercapai dengan efisien dan juga efektif.
  4. Organisasi terdapat sejumlah peraturan yang harus dipatuhi; Tiap organisasi pasti mempunyai peraturannya masing-masing. Peraturan tersebut juga mempunyai tujuan untuk dapat membatasi dan mengatur sumber dyaa yang mereka miliki agar dapat saling bersinergi didalam proses pencapaian suatu tujuan dan juga dapat menciptakan suatu manajemen yang baik didalam sebuah organisasi.
  5. Sebuah organisasi mempunyai pembagian tugas dan juga tanggungjawab untuk para anggotanya; Dengan adanya suatu peraturan maka pasti harus disertakan dengan suatu pembagian tugas dan juga tanggungjawab yang sangat jelas di tiap anggota organisasinya. Pembagian tugas itu dapat dilakukan dengan cara pembentukan berbagai divisi yang memiliki tanggungjawab pada berbagai tugas dan juga tanggungjawabnya.
  6. Adanya komponen; Pada sebuah organisasi juga memiliki komponen didalam struktur organisasinya.
  7. Adanya sasaran

Menurut pendapat Berelson dan Steiner, suatu organisasi mempunyai ciri-ciri yaitu sebagai berikut ini :

  1. Hierarki, hal ini dimaksudkan yaitu suatu ciri organisasi yang dapat menunjuk kepada adanya sebuah pola dari wewenang dan juga kekuasaan yang berupa piramida. Artinya yaitu terdapat orang-orang tertentu yang mempunyai kedudukan dan juga kekuasaan serta wewenang yang tingkatnya lebih tinggi dibandingkan dengan anggota biasa di organisasi itu.
  2. Formalitas, formalitas adalah ciri dari organisasi sosial yang dapat menunjuk kepada adanya suatu perumusan yang tertulis dari ketetapan, peraturan, kebijaksanaan, prosedur, strategi, tujuan dan lain sebagainya.
  3. Besar dan kompleksnya, didalam hal ini biasanya organisasi sosial mempunyai banyak anggota yang membuat hubungan sosial diantara anggota secara tidak langsung atau impersonal. Gejala tersebut umumnya sering dikenal dengan gejala birokrasi.

Duration atau lamanya, mununjuk kepda diri bahwasanya keberadaan sebuah organisai lebih lama dibandingkan keanggotaan dari orang-orang yang ada didalam organisasi tersebut. Adapun yang menyatakan bahwasanya organisasi soal mempunyai berbagai ciri lain yang memiliki hubungan dengan suatu keberadaan dalam organisasi tersebut. Dan berikut ini adlaah ciri-cirinya.

  1. Rumusan baras-batas dari operasional organisasinya tampak jelas. Sesuai dengan yang sudah dibahas sebelumnya, organisasi akan mengutamakan suatu pencapaian dari tujuan-tujuan yang berdasarkan dari keputusan yang sudah disepakati secara bersama. Didalam hal tersebut, aktivitas operasional suatu organisasi dapat dibatasi dengan ketetapan yang mengikat dan berdasarkan atas kepentingan bersama, dan juga dapat memenuhi aspirasi para anggotanya.
  2. Keanggotaan status, formal dan juga peran. Di setiap anggota-anggota organisasi mempunyai peran dan juga tugas-tugasnya masing-masing yang sesuai dengan suatu batasan yang sudah disepakati secara bersama.
  3. Organisasi mempunyai identitas yang jelas. Organisasi akan bisa cepat diakui oleh para masyarakat di sekililingnya jika mempunyai identitas yang juga jelas. Identitas ini memiliki kaitan dengan sejumlah informasi tentang organisasi, tujuan dari penbentukan organisasi, tempat organisasi tersebut berdiri dan seterusnya.

Unsur-Unsur Organisasi

Ciri-Ciri Organisasi dan Organisasinya

Suatu organisasi dapat berjalan dengan baik dikarenakan terdapat beberapa unsur-unsur yang penting didalamnya. Dan berikut adalah beberapa unsur dari organisasi tersebut secara umum :

1. Man (Personil)

Man atau orang-orang didalam kehidupan suatu organisasi maupun tata lembagaan sering disebut juga dengan personil atau pegawai. Personil tersebut terdiri atas seluruh anggota dan juga warga dari organisasi, dan menurut fungsi dan juga tingkatannya itu terdiri aras unsur administrator (pimpinan yang menjadi suatu unsur dari pimpinan yang tertinggi didalam organisasi.

Para manajer yang telah memimpin sebuah unit dari satuan kerja akan sesuai dengan fungsinya masing-masing dan juga para pekerja. Semua itu secara bersama-sama adalah kekuatan manusiawi dari sebuah organisasi.

2. Tujuan Bersama

Tujuan adalah suatu arah maupun sasaran yang dapat dicapai. Tujuan dapat menggambarkan mengenai apa yang akan dicapai maupun yang kita harapkan. Tujuan adlaah titik akhir mengenai apa yang harus kita kerjakan. Tujuan juga dapat menggambarkan mengenai apa yang harus kita capai melewati program, prosedur dan juga pola.

3. Lingkungan

Faktor lingkungan contohnya yaitu suatu keadaan budaya, sosial, teknologi dan juga ekonomi. Strategi, kebijaksanaan, anggaran dan juga peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan. Dan beberapa tujuan yang tertentu.

4. Kerjasama

Kerjasama adlaah sebuah perbuatan yang dapatbantu-membantu akan sebuah perbuatan yang dapat dilakukan dengan bersama-sama agar dapat mencapai suatu tujuan bersama. Oleh sebab itu, seluruh anggota maupun seluruh warga yang menurut tingkatannya dapat dibedakan menjasi seorang manajer, administrator, dan pekerja, mereka secara bersama-sama adalah suatu kekuatan manusiawi dari sebuah organisasi.

5. Peralatan

Unsur terakhir yaitu peralatan yang didalamnya terdiri atas seluruh sarana yang berbentuk sebuah mesin-mesin, materi, barang modal  seperti tanah, gedung, bangunan, kantor dan juga uang.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai ciri-ciri organisasi beserta dengan unsur-unsur didalamnya. Organisasi tak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari karena organisasi selalu ada dimanapun kita berada.

Setiap organisasi memiliki tujuannya masing-masing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam ilmu pengetahuan.

Leave a Reply

Send this to a friend