• Our Partners:

Ciri-Ciri Planet Mars

Kenali Ciri-Ciri Planet Mars Beserta Faktanya dalam Tata Surya

Ciri-Ciri Planet Mars – Dalam galaksi Bimasakti, ada 8 planet yang mengorbit pada matahari. 8 planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Salah satu planet yang masih memiliki sedikit kemiripan dengan planet kita adalah Mars. Bahkan planet ini dipersiapkan untuk bisa dihuni oleh manusia. Sebelum itu, Anda harus tahu beberapa hal tentang planet Mars. Berikut ini adalah beberapa hal penting tentang Mars yang wajib diketahui.

Ciri-Ciri Planet Mars

Ciri-Ciri Planet Mars

Planet Mars merupakan planet keempat yang ada di tata surya berdasarkan urutan terdekat dengan matahari. Ada ciri-ciri yang terlihat dengan jelas tentang planet ini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Memiliki warna kemerahan

Ada banyak sekali kandungan besi oksida yang ada di permukaan Mars, karena itulah planet Mars terlihat kemerahan jika dilihat dari kejauhan.

2. Sangat dingin

Jika manusia di bumi sudah merasa sangat kedinginan apabila suhu ada dibawah minus 20 derajat, maka suhu di permukaan Mars bisa mencapai minus 46 derajat celcius.

3. Lapisan atmosfer tipis

Lapisan atmosfer di bumi lebih tebal dibandingkan dengan milik planet Mars. Susunan atmosfer planet mars dipenuhi oleh karbondioksida sebesar 95% dan nitrogen 3%. Sisanya adalah gabungan dari argon, uap air dan oksigen.

4. Permukaan tertutup es

Ada berbagai macam hal di permukaan planet Mars, hampir sama seperti di Bumi. Mulai dari kawah, lembah dan gurun ada di permukaannya. Sedangkan bagian kutub utara dan selatannya ditutupi oleh kubah es.

5. Massanya rendah

Planet mars memiliki massa yang lebih rendah dibandingkan dengan Bumi. Massa planet mars adalah 0,107.

Jarak Planet Mars ke Bumi

Ciri-Ciri Planet Mars dan Jaraknya dari Bumi

Jarak rata-rata antara Mars ke Bumi adalah 225 juta km, sedangkan jarak terjauhnya adalah 401 juta km. Meski demikian, secara teori dan pembuktian jarak Mars ke Bumi hanya 56 juta km. Mars bisa berada di titik terdekat apabila orbitnya sedang berdekatan. Tidak jarang Mars bisa terlihat dengan jelas dan terang di titik terdekat dengan Bumi.

Fakta-Fakta Planet Mars

Fakta-Fakta Planet Mars

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri planet mars dan berapa jaraknya ke Bumi, maka Anda juga harus tahu beberapa fakta tentang planet yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang planet Mars.

1. Gunung Tertinggi di Galaksi Bimasakti

Mars tidak hanya terdiri dari batuan dan pasir saja, tapi ia juga memiliki gunung. Gunung ini dinamakan gunung Olympus Mons. Kalau gunung tertinggi di Bumi adalah Everest, maka gunung tertinggi di Galaksi Bimasakti adalah Olympus Mons. Tinggi dari gunung ini sekitar tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan gunung Everest.

2. Waktu yang Berbeda dengan di Bumi

Mars memiliki waktu rotasi yang berbeda dengan di bumi. Satu hari di bumi adalah 24 jam, sedangkan di mars sama dengan 24 jam 37 menit. Memang tidak terlalu terasa perbedaan per harinya. Tapi kalau dihitung tahunan, maka satu tahun di Mars sama dengan dua tahun di Bumi. Orbit Bumi memiliki bentuk yang hampir lingkaran sempurna, sedangkan orbit Mars lebih lonjong sehingga waktu orbitnya menjadi hampir dua kali lipat daripada bumi.

3. Punya air

Selain bumi, tidak semua planet di galaksi Bimasakti memiliki air. Sebagian dari planet akan memiliki kandungan H2O yang sangat minim. Meski demikian, ternyata Mars memiliki air sama seperti di bumi. Di tahun 2018, ada beberapa ilmuwan yang menemukan bahwa Mars memiliki danau dibawah es kutub selatan planet. Air ini masih diteliti apakah memiliki kandungan berbahaya bagi manusia atau tidak. Meski memiliki air, iklim yang dimiliki oleh planet merah ini sangat kering sehingga cukup sulit untuk bertahan dhidup disana.

4. Punya dua satelit

Satelit alami dari bumi adalah bulan, sebagai satu-satunya satelit alami. Ternyata, Mars memiliki satelit alami yang lebih banyak dibandingkan dengan Bumi. Ada dua satelit alami Mars yakni Phobos dan Deimos.

Bentuk dari kedua satelit ini sangat jauh berbeda dengan bulan. Phobos dan Deimos cenderung abstrak dan tidak beraturan. Ukurannya pun lebih kecil dibandingkan bulan. Arah terbit dan tenggelam Phobos dan Deimos juga berbeda. Deimos terbit dari arah timur dan tenggelam di barat. Sedangkan Phobos terbit di arah barat dan tenggelam di timur.

5. Gravitasi Lebih Rendah Dari Bumi

Gaya gravitasi yang dimiliki oleh planet mars jauh lebih rendah dibandingkan bumi. Gravitasinya sekitar 62% lebih rendah dibandingkan bumi. Karena gaya gravitasi yang rendah inilah gunung Olympus Mons tidak pernah meletus sekalipun. Gaya gravitasi yang lebih rendah bisa membuat Anda tampak lebih tinggi. Kalau di Bumi manusia hanya bisa melompat sedikit, di Mars Anda bisa melompat dengan lebih tinggi.

6. Badai Terhebat di Galaksi

Badai angin dan tornado yang ada di Bumi masih tidak ada apa-apanya dibandingkan badai debu yang terjadi di Mars. Apabila Mars terletak di dekat dengan matahari, maka akan terjadi badai yang sangat hebat. Angin akan berhembus hingga 125 mil per jam.

Tidak hanya satu hari atau satu minggu, badai ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan. Efek dari badai ini adalah menjauhnya Mars dari matahari. Badai ini bisa disebut sebagai badai paling menakutkan yang terjadi di tata surya.

7. Akan Segera Punya Cincin

Sebelumnya, hanya planet Saturnus yang memiliki cincin. Tapi diperkirakan Mars juga akan memiliki cincin sama seperti planet Saturnus. Salah satu satelit alami Mars yakni Phobos diperkirakan akan menabrak Mars. Kejadian penabrakan Phobos ini akan terjadi sekitar 30 sampai 50 juta tahun menurut perkiraan. Phobos akan hancur, meski demikian ia akan membentuk cincin di sekitar planet Mars. Walaupun akhirnya Mars memiliki cincin, cincin tersebut tidak bisa bertahan lama. Ia hanya bisa bertahan sekitar 100 juta tahun saja.

8. Sebelumnya punya dua satelit

Para ilmuwan mengatakan bahwa mungkin saja planet Mars dulunya memiliki lebih dari dua satelit alami. Hanya saja, satelit dari Mars menabrak satelit lain sehingga tidak lagi ada di orbit atau terlempar keluar. Lingkaran orbit planet Mars mungkin memang berbeda dengan lainnya, tapi satelit Mars memiliki orbit yang suatu saat nanti bisa menabrak planet atau satelit lainnya. Bisa saja di masa yang akan datang Mars tidak memiliki satupun satelit alami.

9. Pernah mengalami ledakan

Planet Mars adalah salah satu planet yang pernah meledak. Mars terkena jatuhan asteroid yang sangat besar sehingga terjadi ledakan. Beberapa puing planet Mars bahkan sampai di Bumi dalam bentuk meteorit. Puing-puing ini juga terlontar ke tata surya sebagai meteorit. Ledakan ini membawa pengaruh yang cukup besar untuk planet Mars.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ciri-ciri planet Mars. Memang Mars memiliki sedikit kemiripan dengan Bumi, tapi Mars bukanlah planet yang layak untuk dihuni manusia. Atmosfernya yang penuh akan karbondioksida membuat manusia harus menggunakan alat bantu pernafasan jika hidup di Mars.

Leave a Reply

Send this to a friend