Ciri-Ciri Planet Venus

Kenali Ciri-Ciri Planet Venus Beserta Penjelasannya, Yuk Disimak!

Pernahkah Anda mendengar tentang nama planet venus? Venus adalah planet kedua yang ada di galaksi Bimasakti. Venus merupakan planet yang dekat dengan bumi.

Jika dilihat dari jaraknya dari matahari, Venus menjadi planet kedua terdekat setelah Merkurius. Jarak yang dimilikinya adalah 108,2 juta kilometer dari matahari. Venus memiliki beberapa ciri fisik dan perbedaan dengan Bumi. Berikut ini penjelasan tentang ciri-ciri planet venus.

Ciri-Ciri Planet Venus (Ciri Fisik)

Ciri-Ciri Planet Venus (Ciri Fisik)

Sama seperti planet lainnya, Venus juga memiliki beberapa ciri fisik. Ada beberapa ciri dari planet venus yang cukup menonjol, yakni:

1. Ukuran

Ukuran dari planet Venus adalah 6,051,8 km. Secara ukuran, planet Venus tidak begitu jauh perbedaannya dengan Bumi, sehingga ia sering disebut sebagai planet saudara atau planet kembar. Hanya saja, bumi memiliki banyak kandungan air dan Venus tidak. Hal ini menyebabkan penampakan luar dari kedua planet tampak berbeda.

2. Satelit

Planet yang satu ini tidak memiliki satelit alami seperti Bumi. Jika Bumi memiliki bulan sebagai satelit alami, sayangnya Venus tidak memiliki satelit alami ini. Hal ini tentu akan membuat venus tidak memiliki dampak pasang surut air laut seperti planet Bumi.

3. Suhu dan zat penyusun

Planet Venus juga sering disebut sebagai kembaran bumi. Hal ini dikarenakan planet Venus memiliki suhu, temperatur dan tekanan udara yang kurang lebih sama dengan planet kita. Tidak hanya itu, gravitasinya juga kurang lebih sama dengan Bumi.

4. Medan magnet

Berbeda dengan bumi yang memiliki medan magnet, planet Venus tidak memiliki medan magnet sama sekali. Hal ini menyebabkan Venus tidak memiliki gaya gravitasi yang sama seperti di Bumi.

5. Warna

Planet yang satu ini memiliki warna putih kekuningan apabila dilihat dari Bumi. Karena warnanya ini, planet Venus juga sering disebut dengan nama Bintang Fajar atau Bintang Senja. Efek warna kekuningan ini disebabkan karena waktu rotasi venus yang cukup lama dan jaraknya yang cukup dekat dengan matahari.

6. Arah rotasi

Hampir semua planet dalam galaksi Bimasakti memiliki arah rotasi yang sama. Namun Venus memiliki arah rotasi yang berbeda dengan planet lainnya. Venus memiliki arah rotasi searah dengan jarum jam, sedangkan hampir semua planet lainnya termasuk bumi memiliki arah rotasi berlawanan dengan arah jarum jam. Rotasi planet Venus cukup lama jika dihitung dengan hari Bumi, yakni 243 hari hitungan Bumi.

Sejak wahana Magellan datang ke Venus, kecepatan rotasi dari planet ini semakin melambar 6,5 menit dari hari sideris Venus. Arah matahari terbit dan tenggelam dari sisi planet Venus juga berbeda. Menurut pengamatan, matahari terbit dari arah barat dan tenggelam di arah timur jika dilihat dari Venus.

Efek Rumah Kaca Planet Venus

Efek Rumah Kaca Planet Venus

Efek rumah kaca seringkali kita sebut dengan nama global warming. Efek rumah kaca sudah membawa banyak dampak kepada kehidupan manusia di muka bumi, misalnya saja kenaikan suhu yang menyebabkan mencairnya es di kutub. Efek rumah kaca adalah sebuah efek pemanasan yang terbentuk karena ada panas terkunci di dalam sebuah planet. Panas tersebut tidak bisa dilepaskan ke luar angkasa sehingga membuat planet semakin panas.

Di sisi positif, rumah kaca dibutuhkan untuk menjaga agar tumbuhan dan sayuran tetap mendapatkan kehangatan selama musim dingin. Lalu, bagaimana dengan efek rumah kaca yang ada di planet Venus?

Panas planet Venus bisa mencapai 460 derajat celcius, padahal ia bukanlah planet yang terdekat dengan matahari. Merkurius saja hanya memiliki panas 430 derajat celcius, meskipun ia adalah planet terdekat dari Matahari. Carl Sagan, seorang doktor, menjelaskan mengapa hal ini terjadi pada planet Venus. Di tahun 1960-an, ia menjelaskan bahwa ada sebuah efek rumah kaca besar-besaran yang terjadi di planet Venus. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa lama kelamaan panas venus bisa lebih tinggi dibandingkan merkurius.

Atmosfer planet Venus hampir 96,5% dikelilingi oleh CO2, padahal di atmosfer Bumi saja hanya ada 0,05% kadar CO2. Efek rumah kaca ini juga disebabkan oleh tingginya kadar CO2 yang ada di lapisan atmosfer suatu planet. Cahaya matahari akan berusaha untuk menerobos sela-sela awan tebal dan memanaskan suhu di permukaan planet Venus. Panas inilah yang terkunci didalam dan membuat lapisan suhu atmosfernya semakin panas.

Lalu bagaimana dengan adanya air di planet Venus? H2O atau Air akan pecah menjadi hidrogen dan oksigen apabila terpapar sinar ultra violet. Bagian hidrogen akan lepas pergi ke luar angkasa, sedangkan oksigen akan beraksi dengan beberapa batuan di permukaan planet. Hal inilah yang menyebabkan Venus juga tidak memiliki cukup air untuk membuatnya lebih stabil dari suhu panas.

Perbedaan Bumi dan Venus

Ciri-Ciri Planet Venus dan Perbedaannya dengan Bumi

Ada beberapa perbedaan antara bumi dan venus yang bisa diketahui. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Komposisi atmosfer

Venus memiliki komposisi atmosfer yang tidak seimbang. Hampir keseluruhan atmosfernya dipenuhi oleh karbondioksida. Venus memiliki atmosfer yang mengandung 96,5% karbondioksida, 3.5% Nitrogen dan sisanya berupa argon, uap air serta helium. Sedangkan Bumi memiliki kandungan atmosfer 78.08% Nitrogen, 20,95% oksigen dan sisanya berupa argon, karbondioksida serta 1% uap air.

2. Arah rotasi

Tidak seperti planet pada umumnya, planet Venus memiliki arah rotasi yang searah dengan jarum jam. Hal ini menyebabkan apabila ada orang yang hidup di Venus, maka ia akan melihat matahari terbit dari barat dan tenggelam di timur. Sedangkan bumi memiliki arah rotasi yang berlawanan dengan arah jarum jam, sama seperti beberapa planet lain di galaksi Bimasakti ini.

3. Satelit

Venus adalah planet yang sangat terang. Ia tidak memiliki satelit alami yang seperti Bulan. Venus juga sering dianggap sebagai planet yang paling terang setelah Bulan, meskipun bulan bukan termasuk planet. Sedangkan Bumi, memiliki satelit alami bernama Bulan. Beberapa ahli terus mengembangkan satelit buatan agar bisa masuk ke luar angkasa.

4. Waktu

Venus memiliki waktu rotasi yang sangat lama. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi atau hampir 1 tahun penuh. Sedangkan satu tahun di Venus sama dengan 224,7 hari di Bumi. Jangka waktu rotasi di Venus memang lebih lama jika dibandingkan dengan revolusinya. Sedangkan Bumi berotasi selama 24 jam dalam satu hari. Satu tahun di Bumi sama dengan 365 hari.

5. Volume

Planet Venus memiliki volume 9,38 x 1011 km3 sedangkan Bumi memiliki ukuran 1,0832073 x 1012 km3. Venus memiliki ukuran volume yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bumi. Meski demikian, Venus jika dilihat sekilas memang memiliki kemiripan fisik dengan Bumi.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ciri-ciri planet Venus. Planet yang dinamakan berdasarkan nama dewi dari mitologi Yunani ini memang tampak sangat bersinar. Ia memiliki sinar pantulan dari matahari yang sangat terang sehingga banyak dianggap sebagai bintang. Bintang terang yang sering kita lihat di langit malam bisa saja selama ini bukanlah bintang, tetapi planet Venus.

Leave a Reply

Send this to a friend