• Our Partners:

Contoh Aplikasi Bawaan Windows

10 Contoh Aplikasi Bawaan Windows yang Perlu Diketahui

Microsoft Windows merupakan Sistem Operasi yang paling familiar di Indonesia. Sekitar 90% penduduk Indonesia menggunakan sistem operasi windows di komputernya. Seperti kita ketahui bersama, semua instansi pemerintah di Indonesia menggunakan OS windows di komputernya.

10 Aplikasi Bawaan Windows

Sebut saja sekolah-sekolah, sejak pertama kali dikenalkan dengan komputer di sekolah, Sistem operasi yang kita ketahui adalah windows, yang sangat berpengaruh terhadap ativitas keseharian kita. Apa saja 10 aplikasi bawaan windows yang perlu Anda ketahui, yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Microsoft Edge

Microsoft Edge

Microsoft Edge merupakan peramban web yang dikembangkan oleh tim Microsoft, dan resmi menggantikan fungsi dari Internet Explorer yang keberadaannya adalah sebagai peramban baku. Yang menjadikan Microsoft Edge ini istimewa yaitu kemampuannya dalam menggambar, mencoret, hingga memberi catatan pada halaman web.

Dengan Microsoft Edge, anda juga bisa membagikan langsung halaman web yang telah diberikan catatan ke rekan rekan yang menggunakannya.

Selain itu, beberapa fitur yang turut menyertai pembuatan software ini juga begitu memudahkan penggunanya. Seperti fitur Ask Cortana dan Edge yang membuat anda lebih mudah dalam berselancar di mesin pencari.

2. Paint

Paint

Paint atau yang lebih dikenal dengan nama sebelumnya sebagai paintbrush adalah program graphic painting sederhana yang terintegrasi dengan seluruh versi microsoft windows sejak perilisan pertamanya. Paint merupakan program aplikasi pengolah gambar yang sederhana.

Aplikasi Paint merupakan aplikasi bawaan yang bisa ditemukan pada semua versi Windows dan berupa program graphic painting sederhana. Biasanya banyak yang memanfaatkannya untuk menyimpan screenshot dari komputer.

Kelebihan microsoft paint diantaranya adalah program microsoft paint memiliki fasilitas yang disediakan sangat sederhana sehingga jauh berbeda dengan aplikasi yang lain, tetapi microsoft paint memiliki banyak kelebihan diantaranya ialah praktis dalam pengaplikasiannya dan icon-icon yang disediakan tidak terlalu rumit.

3. Notepad

notepad

Notepad adalah suatu software teks editor simple yang ada di komputer tertuma dengan os windows – pada Banyak sekali software yang dapat kita gunakan untuk teks editor mulai dari yang ada di komputer hingga di smartphone. Perangkat lunak jenis ini berguna untuk membuat dokumen mulai dari yang simple hingga yang kompleks.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit teks dan kode yang dapat berjalan di sistem operasi Windows. Notepad memiliki semua fungsi pada Notepad bawaan Windows dengan banyak sekali tambahan fitur seperti multitab, line, text encoding, dan code editing berbagai bahasa pemrograman.

Jika Anda banyak bekerja dengan kode atau Anda adalah seorang programer pemula yang sedang belajar maka aplikasi ini wajib Anda miliki. Notepad merupakan aplikasi open source.

4. Cortana

cortana

Cortana adalah agen digital Anda. Ia akan membantu Anda menyelesaikan berbagai hal. Semakin Anda menggunakan Cortana, pengalaman Anda pun akan semakin disesuaikan. Untuk memulai, ketik pertanyaan di kotak pencarian, atau pilih mikrofon dan berbicaralah pada Cortana. (Pengetikan berfungsi untuk semua jenis PC, tetapi Anda memerlukan mikrofon untuk berbicara.)

Jika tidak yakin dengan apa yang harus dikatakan, Anda akan melihat saran pada layar penguncian, dan beranda Cortana saat memilih kotak pencarian di taskbar. Cortana memastikan tidak ada hal penting yang terlewat dalam kehidupan profesional atau pribadi Anda, memberikan dukungan kepada Anda dalam melalui berbagai hal.

Cortana membantu Anda mengingat dalam berbagai cara: mengatur pengingat pada waktu, tempat, atau orang yang tepat; membuat pengingat dari catatan tempel yang sudah Anda bubuhi tinta; dan mengatur daftar Anda. Sekarang Cortana dapat bahkan memberi tahu Anda hal-hal yang Anda sebutkan serta tenggat waktu yang Anda atur lewat email.

Pada saat yang tepat, Cortana mengingatkan Anda tentang hal-hal yang Anda sebutkan. Tidak ada lagi tenggat waktu yang terlewat—atau janji yang tidak ditepati.

5. Groove Music

groove music

Groove Music adalah aplikasi musik buatan Microsoft yang disematkan pada Windows 10. Sebagai pemutar musik, Groove sangat ringan dan sederhana. Aplikasi ini menjadi aplikasi pemutar musik default pada Windows 10 dan Windows 10 Mobile.

Di Windows 10 juga terdapat Windows Media Player. Selain itu, Groove Music terdengar lebih baik daripada Media Player. terutama dalam bagaimana volume tinggi di WMP sering menghasilkan distorsi yang gemuruh, tetapi GM tidak.

Musik lebih jernih dan lebih penuh dengan GM. Khususnya vokal Anda mendengar setiap napas, tetapi headphone yang baik adalah persyaratan. Pembicara mungkin Anda tidak akan melihat begitu banyak perbedaan.

6. Microsotf OneDrive

one drive

Microsoft OneDrive merupakan salah satu layanan komputasi awan yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban web atau perangkat tertentu. OneDrive merupakan layanan cloud storage besutan Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live.

OneDrive menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, PowerPoint dan OneNote. Meskipun dikembangkan di dalam platform Windows, OneDrive juga dapat digunakan pada Mac, iOS, OS X , hingga Android.

7. Snipping Tool

snipping tool

Perangkat lunak ini digunakan untuk mengambil tangkapan layar dari setiap area persegi panjang, jendela yang terbuka, area bentuk bebas, atau seluruh layar. Potongan ini kemudian dapat digunakan untuk anotasi dengan menggunakan tablet atau mouse.

Tangkapan layar yang diambil disimpan sebagai file gambar (file GIF, PNG, atau JPEG), diemail, atau file HTML. Selain itu, alat snipping juga memungkinkan pengguna melakukan pengeditan gambar dasar dari tangkapan layar di mana pengguna dapat menggunakan pena dengan warna berbeda, penyorot, atau penghapus, dan lainnya.

8. Microsoft Store

microsoft store

Microsoft Store adalah satu portal utama dan resmi untuk platform Windows 10, yang memuat beragam aplikasi di satu tempat. Pengguna bisa langsung menginstal dan melihat-lihat koleksi aplikasi terbaik yang diperbarui secara berkala, dengan notifikasi yang terintegrasi dengan Action Center, sama seperti aplikasi berbasis Universal Windows Platform (UWP) lainnya.

Anda bisa mendapatkan aplikasi gratis dan berbayar dengan sertifikasi keamanan Windows dari Microsoft Store. Saat Anda menginstal aplikasi dari Microsoft Store, aplikasi akan diperbarui secara otomatis, sehingga Anda selalu memiliki fitur terbaru.

9. Microsoft Teams

microsoft teams

Microsoft Teams adalah aplikasi atau platform dari Microsoft yang memungkinkan kamu dan tim untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan melakukan semua aktivitas dari satu tempat.

Di dalam Teams, Anda dan anggota tim dapat mengakses file langsung dari satu tempat (Hub), melakukan meeting, menelepon, video call, dan menggunakan berbagai macam fitur lainnya.  Aplikasi ini terintegrasi langsung dengan Office di dalam Microsoft 365, sehingga kamu akan lebih mudah mengatur mulai dari jadwal sampai file-file yang dikirimkan.

Biasanya, perusahaan sudah berlangganan fitur Office untuk bisnis. Hal ini memungkinkan karyawan untuk memiliki akses menggunakan Word, PowerPoint, Excel, OneDrive, dan juga Teams. Tak hanya itu, terdapat juga aplikasi eksternal yang sudah terintegrasi seperti Workday, Kahoot!, Clever Google Ads, dan lebih dari 400 aplikasi lainnya.

10. Sticky Note

sticky note

Sticky Note adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat note di desktop. Kamu bisa membuat Note/catatan penting ataupun membuat To do list. Intinya aplikasi ini mungkin basic dari kemunculannya aplikasi yang lebih powerful seperti OneNote dan Wvunderlist.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi bawaan Windows. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend