Contoh Cover Makalah

10 Contoh Cover Proposal Skripsi, Kegiatan, Penelitian, Usaha Dll

Proposal adalah rancangan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bentuk tulisan sistematis dan terperinci. Pembuatan proposal didasarkan untuk mendapatkan persetujuan dari pihak lain atau bisa dijadikan untuk permohonan dana bantuan (ada kerja sama antara pihak yang mengajukan dan memberi bantuan proposal).

Jenis-jenis proposal sendiri banyak tergantung kepentingan dari suatu acara itu seperti apa. Berikut adalah contoh-contoh cover proposal yang bisa dipakai untuk berbagai kepentingan tertentu. Berikut penjelasannya.

10 Contoh Cover Proposal

Berikut adalah contoh cover proposal yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan atau acara tertentu, antara lain:

1. Contoh Cover Proposal Skripsi

Proposal skripsi adalah salah satu jenis proposal formal yang mempunyai syarat dan ketentuan tersendiri dalam membuatnya (ada format-format tertentu). Proposal skripsi digunakan untuk seorang mahasiswa dalam membahas penelitiannya di skripsi.

Penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan, dan lain-lain juga terdapat standar tertentu. Karena ini masih berbentuk proposal, maka isinya juga masih dalam bentuk secara pentingnya saja dan masih berupa rancangan.

Berikut adalah contoh cover proposal skripsi yang bisa digunakan, yaitu:

Contoh Cover Proposal skripsi

Contoh Cover Proposal skripsi

2. Contoh Cover Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah suatu rencana berupa rancangan kerja sebelum diadakannya suatu kegiatan atau acara dengan mendapatkan izin dan sponsor dulu. Isi proposal lebih kepada pengajuan rencana kegiatan, baik dalam individu maupun kelompok.

Berikut adalah contoh cover proposal kegiatan yang bisa digunakan, yaitu:

Contoh cover Proposal kegiatan

Contoh cover Proposal kegiatan

3. Contoh Cover Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah suatu rancangan yang digunakan dalam membuat skripsi, tesis, dan lain sebagainya. Biasanya memang digunakan untuk bidang akademisi. Proposal ini dibuat untuk mengajukan kegiatan penelitian.

Jadi bisa dibilang bahwa proposal penelitian lebih kepada dokumen untuk mengusulkan proyek penelitian di bidang sains maupuĀ  akademisi. Proposal sendiri dievaluasi baik dari segi biaya maupun dampak potensial akibat penelitian tersebut.

Proposal ini bersifat ilmiah dan disusun secara sistematis sehingga kalimat harus jelas sesuai dengan pencapaian target dan tujuan dari penelitian tersebut.

Contoh Cover Proposal Penelitian

Contoh Cover Proposal penelitian

4. Contoh Cover Proposal 17 Agustus

Proposal 17 Agustus masuk ke dalam proposal kegiatan atau acara hanya saja pembahasannya lebih fokus kepada satu acara, yaitu 17 Agustus. Tujuan pembuatan proposal untuk bisa mensukseskan acara tersebut baik dari segi tenaga, keuangan, maupun lain-lain.

Pembuatan proposal ini dibuat secara sistematis dan jelas serta akuntabel agar bisa diterima dan disetujui oleh berbagai pihak yang diinginkan. Berikut adalah contoh cover proposal 17 Agustus yang bisa digunakan, yaitu:

Contoh cover Proposal 17 agustus

Contoh cover Proposal 17 agustus

5. Contoh Cover Proposal Usaha

Proposal usaha adalah suatu rancangan yang disiapkan oleh wirausahawan dalam mengembangkan usahanya, salah satunya dalam hal proyek baru yang akan direncanakan. Proposal dibuat oleh wirausahawan itu sendiri dengan isi mencakup strategi dan sasaran yang ada.

Proposal ditulis dengan susunan rapid an terstruktur intinya proposal ini merupakan suatu rencana bisnis. Berikut adalah contoh cover proposal usaha yang bisa digunakan, yaitu:

Contoh cover Proposal usaha

Contoh cover Proposal usaha

6. Contoh Cover Proposal Pengajuan Dana

Proposal pengajuan dana adalah proposal untuk meminta bantuan berupa dana, produk, program, atau layanan tertentu, dan lain-lain. Bentuk proposal bervariasi sesuai kebutuhan dari organisasi tersebut.

Pada umumnya, proposal ini berisi tentang informasi, statistik, dan argument persuasif. Berikut adalah contoh cover proposal pengajuan dana, yaitu:

Contoh Cover Proposal Pengajuan Dana

Contoh Cover Proposal pengajuan dana

7. Contoh Cover Proposal Sponsorship

Proposal sponsorship adalah suatu rancangan kegiatan yang membutuhkan dana agar acara tersebut bisa terlaksana. Biasanya proposal ini diajukan kepada lembaga-lembaga atau instansi pemerintah maupuĀ  swasta. Jadi, pihak pemberi dana tersebut disebut dengan donator dan sponsor. Berikut adalah contoh cover proposal sponsorship yang bisa digunakan, yaitu:

Contoh Cover Proposal sponsorship

8. Contoh Cover Proposal Usaha Makanan

Proposal usaha makanan adalah suatu rancangan bisnis yang terfokus pada usaha-usaha makanan. Proposal ini dibuat untuk merencanakan usaha agar tetap matang apalagi yang berkaitan dengan kategori makanan. Bisa usaha makanan yang sudah menjamur maupun usaha makanan yang baru.

Berikut adalah contoh cover proposal usaha makanan yang bisa digunakan, yaitu:

Contoh cover Proposal usaha makanan

9. Contoh Cover Proposal Pembangunan Masjid

Proposal pembangunan masjid adalah suatu rancangan yang ditujukan untuk mendapat bantuan dana dalam hal pembangunan masjid. Pembuatan proposal ini juga sebagai pelengkap dalam proses pembangunan masjid. Agar terkesan lebih formal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut adalah contoh cover proposal pembangunan masjid, yaitu:

Contoh cover Proposal pembangunan masjid

10. Contoh Cover Proposal Seminar

Proposal seminar adalah suatu rancangan yang dibuat mahasiswa dalam mempresentasikan isi penelitiannya secara singkat dan bersifat pada poin-poinnya saja, apalagi harus berisikan sebuah permasalahan dalam penelitian tersebut.

Proposal ini juga bisa dibilang sebagai seminar proposal. Berisikan bab 1 sampai 3 yang nantinya akan dipresentasikan di depan dosen pembimbing maupun penguji. Tidak semua seminar proposal dijadikan penilaian yang penting dalam suatu universitas maupun perkuliahan.

Tetapi memang ada jurusan-jurusan yang mengharuskan mahasiswanya untuk membuat seminar proposal. Berikut adalah contoh cover proposal seminar yang bisa digunakan, yaitu:

Contoh cover Proposal seminar

Untuk tambahan informasi, tujuan dibuatnya suatu proposal digunakan agar mendapatkan izin dari suatu pihak tentang rencana yang akan dilaksanakan. Proposal sering juga dibuat untuk permohonan dana maupun sponsorship dengan adanya kerja sama satu sama lain.

Bentuk proposal sendiri dibagi menjadi 3 macam, yaitu proposal formal, semi formal, dan non formal. Unsur-unsur proposal sendiri terdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, asumsi penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, kajian pustaka, dan definisi operasional.

Secara umum, proposal terdiri dari proposal bisnis, proyek, penelitian, dan kegiatan. Fungsi dari proposal antara lain:

  1. Untuk melakukan penelitian dalam bidang ekososbud agama, dan lain-lain.
  2. Untuk mendirikan suatu usaha.
  3. Untuk mengajukan suatu tender dari berbagai lembaga.
  4. Untuk mengadakan acara seperti perayaan, pelatihan, perlombaan, dan seminar.
  5. Untuk mengajukan dana dalam suatu daerah atau pengembangan daerah.

Berikut adalah ciri-ciri suatu proposal antara lain:

  1. Dibuat untuk meringkas suatu kegiatan yang akan dilaksanakan.
  2. Dibuat dengan singkat agar donator maupun pihak yang dituju tahu isi pokok dari acara tersebut.
  3. Berisikan tujuan dan latar belakang acara.
  4. Berupa lembaran-lembaran isi acara yang telah dijilid dan diserahkan kepada penyelenggara acara.
  5. Berisi susunan acara yang diberikan kepada donator.
  6. Ada pihak-pihak yang mengajukan.
  7. Ada pihak yang menyetujui proposal.
  8. Mempunyai kekuatan persuasif dalam meyakinkan pihak terkait tentang acara tersebut.
  9. Disusun dalam rancangan kerja
  10. Bersifat bisnis atau yang berbau bisnis.
  11. Memiliki sasaran dan tujuan yang jelas dalam hal acara.

Berikut adalah syarat-syarat dalam pembuatan proposal, antara lain:

  1. Memiliki struktur dan logika sehingga isi proposal bisa mudah dimengerti.
  2. Hasil dari kegiatan harus terstruktur.
  3. Rumusan kegiatan harus ditulis secara detail dan benar-benar dapat dikerjakan.
  4. Anggaran dana yang diperlukan harus realistis agar pihak tertentu yang dituju bisa menerimanya dan membantu acara tersebut.

Nah, itulah contoh cover proposal yang bisa digunakan dan dijadikan referensi untuk membuat proposal tertentu tersebut. Semoga menambah wawasan dan bisa dipahami oleh pembaca.

Leave a Reply

Send this to a friend