• Our Partners:

Jenis-jenis Tanaman Hias

Kenali Jenis-jenis Tanaman Hias yang Bagus dan Mudah Perawatannya

Tanaman hias umumnya menjadi tanaman yang banyak diincar kaum wanita, terutama para Ibu. Ibu-ibu biasanya suka sekali mengoleksi tanaman hias dan meletakkannya di pekarangan atau bahkan sudut-sudut ruangan.

Dan sekarang sepertinya tanaman hias sudah berkembang menjadi tren. Meskipun beberapa tanaman hias dipatok dengan harga selangit, banyak penggemar tanaman hias yang tak segan-segan untuk membelinya.

Beberapa dari kamu mungkin heran, mengapa tanaman hias bisa se-fenomenal itu, toh gunanya paling juga tidak seberapa. Eits, jangan salah. Bagi penggemarnya, tanaman hias memiliki nilai yang sangat tinggi. Dengan merawat tanaman hias dan melihatnya tumbuh semakin cantik akan meningkatkan mood, meredakan stress, dan tentunya membuat lingkungan lebih asri dan bersih.

Jenis-jenis Tanaman Hias

Nah, buat kamu nih yang mulai tertarik merawat tanaman hias, kami punya beberapa daftar tanaman hias yang banyak difavoritkan. Berikut ini contoh-contoh tanaman hias berdasarkan jenis-jenisnya.

1. Tanaman Hias Bunga

Sesuai dengan namanya, tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang menonjolkan kecantikan bunganya. Tanaman hias bunga  memiliki warna dan bentuk kelopak yang cantik, sehingga kita pasti akan betah memandangnya. Karena bunga adalah bagian yang paling cantik dari tanaman, maka tidak heran kalau tanaman hias bunga paling banyak difavoritkan.

a. Anggrek

Tanaman Hias Bunga

Tanaman anggrek adalah salah satu tanaman hias yang paling popular. Anggrek sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, misalnya saja anggrek bulan, anggrek sendok, anggrek kelip, dan anggrek dendrobium. Masing-masing jenis memiliki perbedaan karakteristik, seperti warnanya, bentuk kelopaknya, maupun cara hidupnya.

Mayoritas tanaman anggrek bertipe epifit atau menempel pada tumbuhan lain, sehingga tanaman ini lebih cocok ditanam di kebun atau halaman rumah. Meskipun begitu, ada pula tanaman anggrek yang bisa hidup di pot secara mandiri.

b.  Mawar

Mawar

Tidak hanya di Indonesia, mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias paling popular di dunia. Bunga mawar sendiri sering dijadikan sebagai lambang kasih sayang. Bunga mawar memang terlihat cantik karena kelopaknya yang bergelombang indah dan warnanya yang pekat.

Maka tidak heran kalau banyak wanita suka sekali menanamnya di depan rumah. Mawar terdiri dari berbagai jenis, seperti Ballerina Roses, Blaze Roses, Bonica roses, Chrysler Imperial Roses, Double Delight Roses, dan beberapa jenis lainnya.

c. Garber Daisy

Garber Daisy

Dari tanaman hias outdoor, kita sekarang beralih ke tanaman hias yang bisa dipasang di dalam ruangan. Salah satu tanaman hias indoor yang dapat menjadi pilihan adalah garber daisy. Kamu pasti sudah tidak asing dengan bunga daisy atau bunga matahari.

Bunga daisy memiliki warna kelopak yang berwarna-warni sehingga memberikan kesan ceria serta tangkai yang hijau memanjang. Tanaman ini sebenarnya lebih cocok diletakkan di luar ruangan, namun apabila kamu bisa mencukupi kebutuhannya, yaitu cahaya dan air, maka tanaman ini juga bisa diletakkan di dalam rumah.

2. Tanaman Hias Daun

Tanaman hias paling popular di urutan kedua adalah tanaman hias daun. Kalau tanaman hias bunga menonjolkan keindahan bunganya, maka tanaman hias daun menonjolkan keindahan daunnya. Bukan hanya keindahan daunnya, tetapi juga kegunaan daunnya, misalnya saja sebagai pembersih udara di dalam ruangan.

Dan dibanding tanaman hias bunga, tanaman hias daun juga lebih ramah apabila diletakkan di dalam ruangan. Ada berbagai macam tanaman hias daun indoor yang bisa menjadi pilihan.

a. Lidah Buaya atau Aloevera

Lidah Buaya atau Aloevera

Kamu mungkin lebih kerap melihat lidah buaya yang diletakkan di luar rumah. Tapi ternyata, meletakkan tanaman lidah buaya di dalam rumah memiliki sejumlah manfaat, lhoh.

Selain memperindah interior, lidah buaya dapat membunuh zat-zat kimia berbahaya yang bertebaran di dalam ruangan, seperti zat benzena dan formaldehida. Tanaman lidah buaya cocok diletakkan di sudut-sudut ruang tamu atau di samping jendela rumah.

b. Gelombang Cinta

Jenis-jenis Tanaman Hias Gelombang Cinta

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan jenis tanaman ini. Dulu, tanaman ini sempat fenomenal dengan harga selangit. Untuk jenis-jenis tertentu, tanaman ini bahkan bisa dipatok dengan harga ratusan juta. Memang tidak masuk akal.

Mengingat fenomena saat ini, memang bisa sedikit dipahami alasan banyak orang rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan tanaman ini. Gelombang Cinta memang memiliki daun yang tebal dan indah bergelombang yang membuatnya sejuk dipandang. Ukurannya yang besar membuat tanaman ini lebih sering diletakkan di halaman rumah.

Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan Gelombang Cinta, tidak perlu takut harga mahal, karena sekarang tanaman ini lebih murah dan mudah didapatkan.

3. Tanaman Hias Batang

a. Kaktus

Kaktus

Kaktus juga merupakan tanaman yang kerap dipajang di dalam ruangan. Kaktus adalah tanaman yang hanya memiliki batang dan tidak memiliki daun. Tanaman ini memiliki bentuk yang mencolok dengan duri-duri yang menyelimuti sekujur batangnya. Kaktus terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari yang kecil mungil hingga berukuran raksasa.

Nah, kamu tinggal memilih ukuran yang sesuai kebutuhanmu. Kalau hanya ingin digantung, maka kaskus berukuran mini cocok menjadi pilihan. Tapi, kalau ingin diletakkan di ruangan yang luas, kaktus besar cocok dipilih untuk mempercantik interior ruangan-mu.

b. Bonsai

Bonsai

Salah satu hal yang paling dinikmati dalam merawat bonsai adalah memotong daun-daunnya supaya terlihat lebih rapi dan berbentuk indah. Namun, tidak hanya daunnya saja yang menarik, bonsai juga memiliki batang yang tebal dan berlekuk artistik. Inilah mengapa bonsai masuk ke daftar tanaman hias batang.

Tanaman yang berasal dari Jepang ini sebenarnya akan secara alami bertumbuh besar. Tapi, apabila kamu menanamnya di pot yang dangkal, maka akar pun akan menyesuaikan dan tidak akan tumbuh terlalu besar.

4. Tanaman Hias Buah

Mungkin agak kedengaran aneh ya tanaman hias yang bisa berbuah. Tapi siapa sangka bahwa tanaman berbuah pun juga bisa mempercantik lingkunganmu. Tanaman hias buah cocok untuk kamu yang ingin belajar berkebun dan sekaligus bisa menikmati hasilnya. Nah berikut ini adalah contoh tanaman hias yang dapat kamu pertimbangkan.

a. Tanaman Hias Lemon

Jenis-jenis Tanaman Hias Lemon

Tanaman hias lemon bisa kamu tanam di pekarangan rumah. Namun kamu juga bisa menanamnya di dalam pot. Tanaman tersebut dapat berbuah di dalam pot kalau kamu memberikan perawatan yang intensif. Kalau sudah berbuah, warna lemon yang kuning mencolok pasti akan mempercantik pemandangan lingkunganmu. Ditambah lagi lemon juga bisa kamu manfaatkan untuk hal-hal berkaitan dengan kecantikan.

5. Tanaman Hias Akar

Kalau kamu bosan dengan tanaman hias yang biasa-biasa saja, maka kamu dapat mempertimbangkan tanaman hias akar. Tanaman hias akar mengunggulkan keunikan bentuk akarnya. Eits, jangan mengira bahwa akarnya seperti akar tumbuhan biasa. Coba lihat dulu contoh berikut ini.

a. Kamboja

Tanaman Hias Akar

Tanaman kamboja salah satu rekomendasi untuk kamu peminat tanaman hias akar. Tanaman kamboja memiliki bentuk akar yang artistik dan eksotis. Selain batangnya, bunga kamboja juga menjadi daya pikat lain dari tanaman ini. Cocok sekali ditanam di tengah-tengah halaman rumahmu.

Nah, mungkin itu saja dulu ya jenis-jenis tanaman hias beserta contohnya. Semoga list di atas dapat menambah wawasanmu mengenai tanaman hias. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend