• Our Partners:

contoh karangan narasi

10+ Contoh Karangan Narasi tentang Pengalaman, Liburan dan Lain-lain

Apa sih karangan narasi itu? Karangan narasi adalah suatu karangan yang menyajikan suatu rangkaian peristiwa menurut urutan kejadian atau kronologisnya.

Karangan narasi disajikan dengan maksud agar dapat memberikan arti tentang serentetan kejadian yang terjadi sehingga para pembaca bisa memetik hikmah dari cerita terebut.

Karangan narasi mempunyai tiga unsur pokok utama, yaitu tokoh, kejadian, dan konflik. Jika ketiga unsut tersebut menyatu, maka akan terbentuk sebuah alur atau plot cerita pada karangan narasi. Karangan narasi bisa berupa fakta ataupun fiksi.

Contoh Karangan Narasi

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa contoh karangan narasi tentang pengalaman, pendidikan, lingkungan, liburan, guru, persahabatan, dan lain – lain.

1. Contoh Karangan Narasi tentang Pengalaman

Contoh Karangan Narasi tentang Pengalaman

Pada Bulan Juni, tanggal 4 di sekolahku akan memasuki masa liburan dan akan berakhir pada tanggal 18 Juni. Kami sekeluarga tidak ada menyiapkan rencana liburan. Saat itu aku memilih untuk berlibur ke Pantai Parangtritis.

Lalu, esok harinya aku mempersiapkan semua perbekalan yang akan dibawa dan pastinya akan diperlukan disana. Disepanjang perjalanan, aku menyanyi dengan lagu riang. Aku sangat bahagia ketika sampai di pantai tersebut.

Karena pemandangannya sangat indah sekali. Lalu, sesampainya disana kami langsung mengabadikan momen yang indah dengan saling berfoto dan merekam video. Lama sekali kami menghabiskan waktu disana, mulai dari pagi hingga sore hari. Rasanya tidak rela untuk mengakhiri kebahagiaan hari itu. Aku berjanji akan datang kembali suatu hari nanti.

2. Contoh Karangan Narasi tentang Pendidikan

Contoh Karangan Narasi tentang Pendidikan

Belajar di dunia ini bukan hanya di sekolah saja. Namun, mind-set yang ada di masyarakat kini belajar haruslah di sekolah, jika tidak di sekolah berarti bukan disebut belajar. Pikiran – pikiran seperti itulah yang seharusnya dihilangkan dari budaya sosial kita. Belajar sebenarnya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Belajar bukanlah harus melibatkan seorang guru dengan murid.

Ada penelitian yang membuktikan bahwa ada seseorang yang belajar sendiri atau otodidak, tanpa ada seorang guru yang mengajarkannya, akan mempunyai kemampuan dalam menguasai pelajaran yang lebih dalam daripada seseorang yang belajar dengan melibatkan seorang guru.

Selain itu, jika seseorang belajar dengan santai tanpa ada tekanan seperti belajar ddi alam terbuka sambil menikmati waktu santai, maka ingatan seseorang tersebut akan semakin kuat tanpa harus terus melihat papan tulis dan mendengarkan penjelasan guru.

3. Contoh Karangan Narasi tentang Lingkungan

Contoh Karangan Narasi tentang Lingkungan

Saat musim hujan telah tiba, sangat penting untuk kita agar selalu menjaga kebersihan lingkungan agar nyamuk yang menjadi penyebab penyakit deman berdarah tidak dapat berkembang biak. Cara untuk menjaga lingkungan agar selalu bersih adalah dengan memulainya dari dalam rumah.

Tutup semua penyimpanan air dan kuras semua genangan yang ada di rumah, lalu kita periksa semua ruangan rumah yang teridentifikasi sebagai tempat berkembang biaknya jentik – jentik nyamuk. Dan bersihkan semua ruangan gelap dan juga lembab.

Oleh karena itu, kita diharuskan untuk membersihkan genangan air yang ada di dalam bak mandi, genangan air sisa mencuci baju atau piring, serta air yang ada di dalam akuarium. Selain itu, makanan bekas atau sampah makanan juga bisa membuat nyamuk datang kerumah kita.

Dengan cara yang sederhana terebut, diharapkan kita dapat membantu dalam mengurangi populasi nyamuk yang sangat banyak ketika musim hujan datang. Dan kita juga bisa mengurangi risiko terserang penyakit deman berdarah yang disebabkan gigitan nyamuk jenis Aedes Aegypti. Selain itu, rumah yang rapi dan bersih juga menambah kenyamanan seseorang yang tinggal disana.

4. Contoh Karangan Narasi tentang Liburan

Contoh Karangan Narasi tentang Liburan

Liburan semester tahun lalu, saya tidak berlibur kemana – mana. Saya hanya di rumah melakukan kegiatan seperti biada kecuali pergi ke sekolah. Kegiatan yang saya lakukan di rumah hanya membantu mama saya untuk membuat kue nastar untuk lebaran. Saat saya membantu mama, saya terlalu lama ketika memanggang kue nastarnya sehingga kuenya gosong.

Karena hal tersebut, mama memarahi saya, lalu saya mencoba untuk membuatnya lagi dengan penuh kehati – hatian supaya tidak gosong lagi. Saya membuat kue dibantu oleh sepupu – sepupu saya.

Setelah semua kue selesai dibuat, kami pun membersihkan semua ruangan di rumah, menyapu halaman, dan mencuci piring. Liburan kali ini terasa sangat menyenangkan karena semua hal dilakukan bersama sepupu – sepupu saya.

5. Contoh Karangan Narasi tentang Banjir

Contoh Karangan Narasi tentang Banjir

Hari minggu ini adalah hari yang paling melelahkan bagiku. Anak remaja lainnya menghabiskan waktu untuk bersantai atau pergi jalan – jalan bersama keluaraga atau teman – temannya. Tapi itu tidak berlaku untukku.

Pukul 5 pagi aku sudah bangun untuk membantu ibu dan ayahku untuk membersihkan rumah dari lumpur yang dibawa oleh banjir kemarin. Ya, kemarin area perumahanku didatangi banjir. Akhir – akhir ini hujan turun tanpa henti. Akibatnya sungai yang berada di belakang perumahan kami meluap, sehingga banjir pun tidak mampu untuk dihalangi lagi.

Sebenarnya banjir mungkin saja tidak akan terjadi, jika sungai dirawat dengan baik. Namun, nyatanya banyak sekali masyarakat yang masih tidak sadar akan kebersihan sungai, contohnya membuang sampah ke sungai.

Sampah yang menumpuk di pinggiran sungai, akan menghambat jalannya air, sehingga air sungai pun meluap dan turun ke jalan. Maka dari itu, kita harus menjaga dan merawat sungai, agar tidak terjadi banjir.

6. Contoh Karangan Narasi tentang Kecelakaan Lalu Lintas

Contoh Karangan Narasi tentang Kecelakaan Lalu Lintas

Sore itu pukul 5 tepatnya di persimpangan dekat rumahku telah terjadi kecelakaan. Aku melihatnya sendiri. Satu pengendara motor menabrak seorang anak yang sedang menyebrang jalan. Perasaanku saat itu anak itu tidak salah, karena ia menyebrang ditempat yang benar yaitu zebra cross.

Tapi, justru si pengendara motor memarahi anak tersebut. Ia mengaku kalau lampu lalu lintas yang ia lihat berwarna hijau. Padahal semua orang yang ada disekitarnya melihat bahwa lampu lalu lintasnya berwarna merah. Dan begitu pula dengan aku yang melihat lampu berwarna merah.

Nah, dengan kejadian seperti itu, ada baiknya kita selalu hati – hati dalam berkendara, kita harus selalu memperhatikan rambu – rambu lalu lintas yang ada untuk keselamatan diri kita sendiri maupun orang lain. Sayangi diri kita dan orang lain.

7. Contoh Karangan Narasi tentang Guru

Contoh Karangan Narasi tentang Guru

Kita semua pasti mempunyai orang tua sehingga kita lahir di dunia ini. Namun, ada istilah orang tua kedua yang ada di sekolah. Itu adalah sebuatan untuk guru kita yang ada di sekolah. Karena ketika di sekolah, para guru lah yang menjaga, membimbing, dan menegur kita selama berada di sekolah.

Ketika di sekolah, pasti banyak sekali guru yang mengajarkan materi yang berbeda – beda dan setiap guru pasti mempunyai kepribadiannya masing – masing. Pasti kita pernah menemukan guru yang sabar dan baik, tegas, dan ada juga guru yang sering marah sehingga ditakuti oleh para murid. Dan masih banyak lagi kepribadian dari setiap guru.

Namun, terlepas dari itu semua, guru adalah kunci kesuksesan kita nantinya. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka selalu ada di setiap suka duka kita dalam menempuh pendidikan di sekolah. Mereka yang akan bangga ketika kita dapat meraih prestasi, dan mereka juga yang akan selalu menyemangati kita jika kita melakukan kegagalan. Guru, segala hormat kami hanya untukmu.

8. Contoh Karangan Narasi tentang Persahabatan

Contoh Karangan Narasi tentang Persahabatan

Pertemuan saat itu sangatlah indah. Perkenalan yang sangat unik. Aku dipertemukan dengan sahabat – sahabatku yang sampai saat ini ada di dekatku. Sahabat bukan hanyalah menjadi seorang teman saja, tapi sahabat lebih dari itu. Sahabat yang selalu ada saat suka maupun duka, yang selalu menerima kekurangan kita.

Aku bertemu dengan sahabatku 5 tahun lalu. Waktu itu kami hanyalah seseorang yang tidak saling kenal, lalu mencoba untuk saling berkenalan. Obrolan panjang kami lewati, bagaikan teman yang sudah lama tak bertemu. Mulai saat itu lah kami selalu tukar cerita, jalan – jalan bareng, bahkan sampai liburan bareng. Bahagia rasanya punya sahabat seperti mereka. Semua kenangan – kenangan indah itu tidak akan pernah saya lupakan.

9. Contoh Karangan Narasi tentang Alam

Contoh Karangan Narasi tentang Alam

Pagi ini udara diluar rumah sangatlah dingin, kulitku seperti berada di dalam lemari es. Dinginnya seperti hampir membekukan seluruh tubuhku. Hari ini adalah hari pertamaku berada di desa dimana ibu dilahirkan. Keluarga ibuku masih banyak yang tinggal di desa.

Aku yang terbiasa dengan suasana kota, kali ini masih terasa sedikit canggung ketika berada di daerah pedesaan. Jalannya yang sempit dan sedikit becek, membuatku untuk lebih berhati – hati. Pagi ini, aku ingin melihat matahari terbit dari balik bukit yang ada didepan rumah kakekku. Indah sekali pemandangannya.

10. Contoh Karangan Narasi tentang Sekolah

Contoh Karangan Narasi tentang Sekolah

Sekolah adalah tempat belajar dan menuntut ilmu. Di sekolahku, banyak sekali macam – macam tanaman yang menghiasi setiap depan ruang kelas kami. Di setiap depan ruang kelas ditanami bunga – bunga yang berwarna warni. Sedangkan didalam kelas dihiasi oleh cat berwarna putih dan ukiran – ukiran hasil tangan para siswa, seperti lukisan, mading (majalah dinding), dan foto – foto para siswa bersama guru.

Kelas kami memang terlihat menarik sekali. Di sekolahku juga ada perpustakaan digital. Para siswa senang sekali berada di perpustakaan. Karena tempatnya yang nyaman dan aman.

Itulah beberapa contoh karangan narasi yang dapat saya berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

One Response

Leave a Reply

Send this to a friend