5+ Contoh Essay Tentang Beasiswa, Ilmiah, Pendidikan, Ekonomi dan Lingkungan

Dalam kesempatan kali ini, saya masih menjelaskan materi seputar karangan yaitu essay. Karangan essay menjadi salah satu jenis karya tulis yang sering dimuat dalam berbagai kepentingan, seperti perlombaan, beasiswa, tugas ilmiah dan masih banyak lagi.

Secara umum, essay merupakan suatu uraian singkat mengenai sebuah tema atau masalah tertentu yang ditulis berdasarkan sudut pandang penulis (subjektif) untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jadi, dapat dikatakan bahwa essay berbentuk opini seseorang terhadap suatu masalah yang sedang atau telah terjadi.

Tidak jarang dalam satu permasalahan dapat menghasilkan beberapa opini dari setiap orang. Oleh karena itu, buatlah karangan essay dengan pengolahan kata-kata semenarik mungkin agar karya tersebut dibaca banyak orang.

Contoh Essay yang Baik dan Benar

Dalam penulisan karangan essay, hendaknya kita perlu mengetahui struktur penulisannya. Mulai dari pendahulan, isi dan penutup yang memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Paragraf pertama berisikan kalimat yang menjelaskan alasan atau latar belakang Anda memilih tema tersebut.

Di bagian isi, penulis akan menjabarkan pendapat atau pandangannya mengenai tema yang dipilih. Namun, pendapat tersebut harus didukung oleh sejumlah fakta dan data yang akurat agar karangan dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan dibagian penutup, penulis menyajikan kesimpulan yang terkait dengan tema yang telah dibahas di paragraf sebelumnya.

Nah, dibawah ini saya akan mencoba untuk menyajikan beberapa contoh essay yang singkat dalam berbgai situasi, seperti beasiswa, ilmiah, pendidikan, ekonomi dan lingkungan. Simak uraiannya berikut.

1. Contoh Essay Beasiswa

Mengapa Saya Layak Memperoleh Beasiswa X?

Contoh Essay Beasiswa

Penulisan essay ini dilakukan demi memenuhi persyaratan untuk memperoleh beasiswa. Nama saya Irmayani Syafitri lahir di Medan pada 19 Februari 1997. Saya merupakan anak pertama dari tiga bersaudara, adik yang pertama sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas di Kota Medan, sedangkan adik yang kedua sedang menempuh pendidikan di tingkat SMA kelas 10. Saat ini saya sedang mengenyam pendidikan di Universitas Sumatera Utara semester 5.

Riwayat pendidikan saya dimulai dengan TK Hamidah pada tahun 2002 dan dilanjutkan dengan SDN 101896 pada tahun 2003 hingga 2008. Selama Sekolah Dasar saya sering memenangkan perlombaan pidato dan cerdas cermat tingkat kabupaten. Kemudian saya bersekolah di MTs Nurul Ikhwan pada tahun 2008-2011.

Saat MTs saya sudah aktif menjadi pengurus OSIS dan menjabat sebagai sekretaris OSIS. Setelah lulus, saya melanjutkan sekolah di MAN 2 Deli Serdang sejak tahun 2011 hingga 2014. Ketika itu saya aktif menjadi anggota dalam kegiatan dokter remaja yang menjadi ekstrakurikuler di sekolah tersebut. Selain itu saya juga sering mendapatkan juara pertama dalam perlombaan pidato bahasa arab sekecamatan dan memperoleh juara ketiga dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten.

Tahun ini adalah tahun ketiga bagi saya sebagai mahasiswa jurusan Teknologi Informasi di Universitas Sumatera Utara. Selain kuliah, saya juga bekerja sebagai pengajar di bimbingan belajar dan menjadi asisten laboratorium di kampus. Hal itu saya lakukan untuk membantu meringankan beban kedua orang tua saya dan menambah pengalaman terindah dalam hidup.

Adanya beasiswa ini menjadi kesempatan besar bagi saya untuk dapat meringankan beban orang tua dalam membayar biaya perkuliahan dan menjadi motivasi tersendiri untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Sebab, bagi saya adanya beasiswa bukan hanya digunakan untuk mahasiswa yang tidak mampu, melainkan juga untuk mahasiswa yang layak untuk menerimanya dan saya merasa layak untuk mendapatkannya

Apabila dipercaya untuk memperoleh beasiswa ini, saya akan semangat untuk mendalami dan menambah wawasan yang berkaitan dengan jurusan. Dilihat dari segi keaktifan, saat ini saya memperoleh IPK 3.65 namun saya tidak cepat puas dengan yang sudah saya raih. Saya akan tetap giat dalam menimba ilmu dan aktif dalam perkuliahan.

Demikianlah essay ini saya perbuat dengan sebenar-benarnya dan membawa saya menjadi salah satu penerima beasiswa X 2017.

2. Contoh Essay Ilmiah

Kembalikan Fungsi Trotoar yang Telah Hilang

Contoh Essay Ilmiah

Sungguh tragis melihat kondisi jalanan di Indonesia yang semakin dipenuhi dengan kendaraan bermotor dengan volume yang terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa kebanyakan masyarakat memiliki rasa malas berjalan kaki atau menaiki angkutan umum yang telah disediakan oleh pemerintah.

Ditambah lagi, adanya penurunan atau perubahan fungsi bagian jalan dikarenakan penumpukan jumlah kendaraan yang merusak pemandangan jalan raya. Bagian jalan yang dimaksud adalah “trotoar” yang sejak awal memiliki fungsi yang diperuntukkan bagi orang yang hendak menyeberang jalan. Namun, nyatanya kini banyak kendaraan bermotor, baik ukuran kecil hingga besar yang mengalihfungsikan trotoar dengan melintasi bagian vital yang tidak boleh dilintasi.

Bukan hanya itu, trotoar telah beralihfungsi menjadi lahan parkir atau tempat berjualan pedagang kaki lima. Perubahan ini justru akan memperparah kondisi jalan raya yang akan menimbulkan kemacetan. Masyarakat juga banyak mengeluhkan dikarenakan kesulitan ketika menyeberang jalan.

Padahal, pemerintah telah merancang sedemikian rupa mengenai fungsi ruas jalan yang akan dibangun untuk mewujudkan kenyamanan dan keselamatan seluruh masyarakat. Dalam hal ini, kita harus mengubah pola dan sikap untuk meningkatkan kepedlian terhadap keselamatan di jalan raya.

3. Contoh Essay Pendidikan

Peran Perempuan dalam Membangun Pendidikan Berkarakter

Contoh Essay Pendidikan

Sejatinya, perempuan diidentikkan sebagai individu yang lemah, memiliki kekuatan yang jauh lebih rendah dibandingkan kaum laki-laki. Terlebih lagi dengan persepsi yang dianut masyarakat Indonesia yakni budaya patriarki, yang mengedepankan kedudukan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dan menempatkan posisi wanita hanya sebatas didapur saja.

Akan tetapi, budaya itu luntur seiring dengan perkembangan zaman. Kini, perempuan sudah mulai berani tampil dalam memberikan kontribusi dan bahkan berpartisipasi dalam berbagai kehidupan bernegara, seperti sosial, politik, ekonomi, budaya serta pendidikan.

Jika dilihat melalui fisik, perempuan merupakan individu yang terlihat simpel dalam penampilannya, namun dapat memiliki potensi yang besar dalam membangun karakter bangsa. Seperti yang terlihat, munculnya berbagai tokoh-tokoh bangsa yang tidak terlepas dari peran ibu yang telah mendidiknya. Dalam hal itu, perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul.

Yang jadi pertanyaan adalah apa kaitan antara perempuan dan pendidikan? Perempuan menjadi media pertama dan utama bagi seorang anak dalam memperoleh pendidikan. Perempuan mendidik anak-anaknya dengan penuh perhatian dan kasih sayang, membangun hubungan emosional anak terhadap lingkungan sekitarnya serta mengajarkan perdamaian. Hal itu dilakukan untuk membentuk kepribadian anak dalam kehidupan bernegara kedepannya.

4. Contoh Essay Ekonomi

Mempercepat Pembangunan Ekonomi di Era Digital

Contoh Essay Ekonomi

Saat ini, laju perkembangan dunia digitalisasi terjadi begitu cepat. Menurut data yang dihimpun oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebesar 56 persen penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif internet dengan durasi penggunaan internet yang kian meningkat setiap harinya.

Peranan digitalisasi telah memudahkan mobilitas manusia dalam berbagai bidang kehidupan, khususnya dalam bidang ekonomi. Hingga kini, Indonesia telah memiliki 4 unicorn dengan pendapatan yang mencapai angka USD 1 Dollar. Berdasarkan data tersebut, pemerintah menargetkan bahwa pada 2020 Indonesia akan menjadi negara kuat dalam bidang ekonomi di Asia Tenggara.

Memang, pada dasarnya teknologi digital akan memberikan manfaat yang besar dalam kehidupan. Program smart city yang terdapat di Bandung merupakan contoh nyata dari penerapan digital. Dengan adanya program tersebut, seluruh kegiatan masyarakat akan saling terintegrasi satu dengan yang lain sehingga masyarakat akan lebih mudah untuk memperoleh informasi dengan mudah dan cepat. Secara tidak langsung, konsep itu juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah menjadi lebih maju.

Jadi, sudah seharusnya kita sebagai anak bangsa ikut serta dalam membangun perekonomian bangsa dengan cara berlomba-lomba untuk menciptakan prototype yang inovatif demi membangun ekonomi kreatif di Indonesia.

5. Contoh Essay Lingkungan

Pentingnya Melestarikan Lingkungan

Contoh Essay Lingkungan
Lingkungan telah menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang semakin parah setiap harinya. Padahal, beberapa pihak telah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan lingkungan, seperti memasang slogan atau poster, seminar dan gerakan-gerakan yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan.

Namun, tetap saja usaha tersebut belum membuahkan hasil yang maksimal. Masih banyak kita lihat para oknum yang sengaja melakukan pembalakan liar demi mencukupi kebutuhan hidupnya. Selain itu, banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan atau bahkan membuangnya ke sungai sehingga mengakibatkan alam murka dengan mendatangkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita harus mengetahui akar atau penyebab timbulnya kerusakan. Faktor utama yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan adalah kurangnya pendidikan. Sejatinya, pendidikan mengenai lingkungan harus diajarkan sejak dini. Kita sebagai orangtua harus mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan sekitar dengan memberikan teladan dan contoh yang baik agar nantinya kebiasaan itu akan tertanam dengan sendirinya dalam diri setiap anak.

Mengurangi penggunaan plastik dalam setiap kondisi juga menjadi usaha untuk menyelamatkan lingkungan. Sebab, plastik merupakan bahan yang membutuhkan waktu yang lama untuk terurai bahkan sampai ribuan tahun lamanya. Apalagi, jika sampah plastik dibuang ke sungai atau laut yang bisa mengancam kehidupan ekosistem yang ada didalamnya.

Oleh karena itu, sudah selayaknya kita menyadarkan diri sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan yang bersih memberikan kenyamanan bagi para penghuninya dan meningkatkan kesehatan yang mengarah pada kesejahteraan hidup manusia.

Itulah beberapa contoh essay yang bisa digunakan dalam berbagai situasi. Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa membantu Anda memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dalam membuat suatu karya yang berguna.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend