10 Contoh Laporan Laba Rugi dan Neraca Perusahaan, Yuk Disimak!

Laba dan rugi merupakan istilah umum didalam sebuah perusahaan atau usaha. Perhitungan dan rincian dari laba dan rugi dituliskan didalam sebuah laporan yang kemudian akan ditindak lanjuti lebih lanjut. Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa contoh laporan laba dan rugi.

Laporan laba dan rugi adalah laporan keuangan yang menyajikan seluruh unsur pendapatan dan beban suatu perusahaan terkait selama periode tertentu yang akan menjelaskan kondisi sebenarnya dari laba bersih ataupun rugi bersih pada perusahaan.

Format  penulisan laporan ini pun cukup mudah. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai laporan laba rugi dan neraca, mari simak beberapa contoh dibawah ini.

Contoh Laporan Laba Rugi dan Neraca

A. Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Laporan laba rugi merupakan laporan keuangan yang menyajikan kondisi laba atau rugi pada suatu perusahaan. Berikut dibawah ini contoh laporan laba rugi. Penyusunan laporan laba rugi

Umumnya, penyusunan laporan laba rugi terbagi menjadi dua cara yaitu:

Cara langsung (single step)Cara lansung merupakan cara penyusunan laporan laba rugi dengan menjumlahkan seluruh pendapatan dari atas sampai bawah menjadi satu kelompok kemudian menguranginya dengan total beban dalam periode yang berlaku.

Cara bertahap (multiple step)

Cara bertahap merupakan cara penyusunan laporan laba rugi dengan memisahkan pendapatan bisnis menjadi dua kategori menjadi pendapatan operasional yang berasal dari kegiatan pokok dan pendapatan non operasional yang berasal dari luar kegiatan pokok. Setelah dipisahkan baru dikurangi dengan total beban atau biaya.

Terdapat beberapa komponen penting yang wajib ada dituliskan saat menyusun laporan laba rugi baik dengan cara langsung ataupun bertahap. Komponen-komponen tersebut adalah pendapatan, laba rugi usaha, beban pinjaman, dan beban pajak.

Berikut dibawah ini contoh laporan laba rugi.

#1 Contoh laporan laba rugi pertama

contoh laporan laba rugi perusahaan

#2 Contoh laporan laba rugi kedua

laporan laba rugi pt maju bersama

#3 Contoh laporan laba rugi ketiga

contoh laporan laba rugi perusahaan sederhana

#4 Contoh laporan laba rugi keempat

laporan laba rugi pt.abc

#5 Contoh laporan laba rugi kelima

laporan laba rugi pt kuddy perkasa

B. Laporan Neraca (Balance Sheet)

Laporan neraca merupakan laporan keuangan yang menunjukkan kondisi, posisi dan informasi keuangan bisnis pada suatu perusahaan selama periode tertentu.

Melalui laporan neraca ini, suatu perusahaan dapat mengetahui data berupa utang, ekuitas (investasi pemilik dan hasil usaha perusahaan), dan jumlah aktiva (harta atau aset). Didalam penyusunan neraca, terdapat tiga komponen yang wajib diketahui yakni aset, liabilitas, dan ekuitas yang dirumuskan dalam sebuah rumus yaitu:

Aset = Liabilitas + Ekuitas

Berikut dibawah ini contoh laporan neraca.

#1 Contoh laporan neraca pertama

balance sheet

#2 Contoh laporan neraca kedua

Contoh laporan neraca kedua

#3 Contoh laporan neraca ketiga

laporan neraca

#4 Contoh laporan neraca keempat

laporan neraca SPJT

#5 Contoh laporan neraca kelima

laporan neraca sarinah laundry

Baiklah, semoga pembahasan mengenai contoh laporan laba rugi seperti yang telah dijelaskan diatas bermanfaat. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend