7 Contoh Surat Keterangan Kerja yang Baik dan Benar, Untuk Berbagai Keperluan!

Dalam hidup bermasyarakat, khususnya di Indonesia akan sering dijumpai banyak orang yang membutuhkan surat keterangan. Dimana surat ini digunakan untuk berbagai kebutuhan dan keperluan yang akan berbeda-beda setiap orangnya.

Hal ini dikarenakan adanya beberapa persyaratan untuk dapat mencapai suatu tujuan. Dengan adanya surat keterangan ini, seseorang bisa mencoba atau mendapatkan hal-hal yang ingin mereka capai.

Dengan kata lain, surat keterangan ini bisa juga digunakan untuk membuktikan bahwa orang tersebut sesuai dengan keadaan yang tertulis dalam surat keterangan yang dibuat dan disetujui oleh pihak-pihak yang berwenang dalam mengeluarkan surat keterangan.

7 Contoh Surat Keterangan Kerja

Dalam dunia kerja, surat keterangan sangat dibutuhkan untuk beberapa kondisi. Dimana, surat keterangan ini biasanya mencantumkan perilaku dan bisa juga untuk merekomendasikan seseorang. Surat keterangan memiliki berbagai macam jenis dan fungsinya juga akan berbeda.

Dengan adanya berbagai macam jenis tersebut, bisa mengakomodir kebutuhan dokumen yang dibutuhkan ketika anda membutuhkan surat keterangan tersebut untuk melengkapi berkas. Berikut merupakan beberapa contoh surat keterangan kerja yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

KPR merupakan kepanjangan dari Kredit Pemilikan Rumah. Dimana ketika seseorang mengajukan untuk membeli rumah dan dilakukan secara kredit, maka orang tersebut harus mengikuti prosedur KPR.

Dimana dalam mengajukan kredit untuk membeli rumah ini biasanya akan membutuhkan beberapa dokumen atau berkas yang harus dilengkapi. Salah satu berkas yang dibutuhkan adalah surat keterangan kerja untuk mengajukan KPR. Berikut merupakan contoh surat keterangan kerja untuk mengajukan KPR:

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Dengan adanya surat keterangan kerja untuk KPR ini bisa digunakan untuk melengkapi berkas pendafataran pengajuan KPR dan mempermudah proses pengajuan KPR tersebut.

Oleh karena itu, surat keterangan kerja untuk KPR ini sangat dibutuhkan sebagian karyawan atau orang yang sudah bekerja untuk memperoleh kemudahan dalam pengajuan KPR.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah

Dalam kegiatan kuliah, pada awalnya saat proses pendaftaran akan memerlukan berbagai macam dokumen atau berkas yang dibutuhkan. Salah satunya adalah surat keterangan kerja.

Dimana surat keterangan kerja ini sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan atau kelolosan dalam pendaftaran kuliah. Berikut merupakan salah satu contoh surat keterangan kerja untuk kuliah:

Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah

Dengan adanya surat keterangan kerja ini, merupakan sebagai bukti bahwa anda memang sedang bekerja dalam suatu perusahaan atau instansi tertentu.

Sehingga dengan adanya hal tersebut, menandakan bahwa perusahaan anda telah mengizinkan anda untuk menjalankan kuliah. Ketika surat keterangan ini sudah diterbitkan, maka otomatis pihak universitas akan percaya bahwa anda sudah memperoleh izin dari pekerjaan anda.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Perjalanan ke luar negeri sering kali membutuhkan prosedur yang cukup panjang dan membutuhkan beberapa dokumen yang harus dilengkapi, dan wajib anda miliki.

Salah satunya adalah Visa, dimana visa ini merupakan salah satu bukti bahwa anda diperbolehkan untuk mengunjungi negara yang sesuai dengan visa yang anda dapatkan.

Untuk memperoleh visa membutuhkan usaha yang terkadang cukup susah, karena berkas yang menjadi hal yang utama harus benar-benar asli dan lolos pengecekan. Salah satunya adalah surat keterangan kerja. Berikut merupakan contoh surat keterangan kerja untuk mengajukan visa:

Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Dengan adanya surat keterangan kerja untuk mengajukan visa ini akan mempermudah anda dalam melengkapi berkas persyaratan yang diperlukan. Sehingga anda bisa dengan lebih mudah dalam menjalani proses pengajuan visa tersebut. Tidak hanya itu saja, surat keterangan ini harus diterbitkan oleh pihak yang berwenang dalam perusahaan anda, sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Bank

Dalam dunia perbankan, terdapat berbagai produk yang bisa anda dapatkan, mulai dari pembukaan rekening, pengajuan pinjaman dan sebagainya.

Beberapa produk perbankan, ketika anda ingin mengajukan akan membutuhkan beberapa berkas penunjang yang harus dan wajib anda lengkapi. Salah satunya adalah surat keterangan kerja untuk Bank. Surat ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa anda memang bekerja dalam perusahaan tersebut. Berikut merupakan salah satu contoh surat keterangan kerja untuk Bank:

Surat Keterangan untuk Bank

Dengan adanya surat keterangan kerja untuk mengajukan produk-produk perbankan yang anda inginkan, maka proses pengajuannya akan lebih mudah dan cepat. Karena surat keterangan kerja ini bisa digunakan sebagai bukti dan jaminan bahwa anda memang terdaftar menjadi salah satu pegawai di perusahaan tertentu.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pembuatan NPWP

NPWP merupakan hal yang wajib dimiliki ketika anda sudah berpenghasilan. Salah satunya dengan menjadi seorang pegawai perusahaan atau instansi manapun.

Untuk membuat NPWP dibutuhkan beberapa dokumen seperti Katru Tanda Penduduk (KTP), Surat keterangan Kerja dari Instansi atau perusahaan, Paspor (untuk WNA), dan mengisis formulir pendaftaran. Nah, bagaimana contoh surat keterangan kerja dari perusahan untuk pembuatan NPWP? Berikut merupakan contohnya:

Surat Keterangan untuk Pembuatan NPWP

Dengan adanya surat keterangan kerja ini, proses pembuatan NPWP akan lebih mudah dan bisa diproses dengan cepat. Adanya NPWP memiliki fungsi yang beragam sebagai berikut:

  • Sebagai identitas untuk mengurus perpajakan, dan hal lainnya yang terkait dengan pajak
  • Bisa digunakan sebagai pendamping izin untuk pengajuan kredit bank, pembuatan pasopr, dan lainnya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pembuatan Paspor

Paspor menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dimiliki. Mengapa? Karena paspor sudah menjadi KTP dalam dunia secara luas. Paspor merupakan identitas anda sebagai warga negara.

Dengan adanya paspor ini, anda akan lebih mudah untuk mengunjungi negara-negara lainnya. Untuk mendapatkan paspor, anda harus melakukan pengajuan. Dimana salah satu berkas yang harus dilengkapi adalah surat keterangan kerja untuk kepentingan pembuatan paspor. Berikut merupakan salah satu contoh surat keterangan kerja untuk pembuatan paspor.

Surat Keterangan Kerja untuk Paspor

Dengan adanya surat keterangan kerja ini, maka proses pembuatan paspor anda akan lebih mudah dan cepat. Karena berkas-berkas yang dibutuhkan sudah dilengkapi.

Hal ini juga bisa menjadi bukti bahwa anda memang menjadi salah satu pegawai pada perusahaan tertentu. Sehingga pihak imigrasi juga dapat mempercayai hal tersebut, dan bisa melanjutkan proses pembuatan paspor.

Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan

Ketika anda bekerja di sebuah perusahaan, maka sebagai salah satu buktinya adalah dengan anda memiliki surat keterangan kerja dari perusahaan. Berikut merupakan salah satu contoh surat keterangan kerja yang diterbitkan oleh perusahaan:

Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan

Dimana dengan adanya surat keterangan ini, anda bisa memperoleh rekomendasi dan kualifikasi mengenai kemampuan yang anda miliki. Sehingga dapat menjadi bukti fisik bahwa anda memang terdaftar sebagai pegawai perusahaan tersebut dan memiliki perilaku dan kemampuan yang baik.

Nah, dengan adanya beberapa contoh surat keterangan kerja, anda bisa memahami setiap jenis surat keterangan. Sehingga ketika sudah memiliki pengetahuan tentang hal ini, maka akan semakin mudah untuk mengetahui perbedaan fungsinya dan mengaplikasikannya ketika anda membutuhkan surat-surat tersebut untuk memenuhi dokumen atau berkas anda ketika sedang mendaftar sesuatu yang membutuhkan surat keterangan tersebut.

Adanya contoh surat keterangan kerja diatas akan lebih membuat anda merasa dipermudah untuk menuju keinginan anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Overall
5

Summary

Kumpulan contoh surat keterangan kerja yang baik dan benar untuk berbagai keperluan seperti pengajuan KPR, Visa, NPWP, Paspor dan lain sebagainya. File dapat didownload secara gratis dan mudah diedit (file .doc).

Leave a Reply

Send this to a friend