10+ Contoh Surat Niaga Penawaran Barang, Jasa, Permintaan dan Lain-lain

Permintaan dan jual beli barang dan jasa dalam dunia perusahaan akan tergolong permasalahan yang besar. Sehingga dengan adanya hal tersebut dibutuhkan surat-surat pendukung yang dapat mengakomodasi proses permintaan dan jual beli yang dimaksudkan.

Sehingga dengan adanya hal ini, perusahaan dapat tetap melangsungkan proses bisnisnya dengan baik, tanpa terhalang bahan baku habis dan tidak ada yang dapat diproduksi. Surat yang dimaksudkan adalah surat niaga.

10 Contoh Surat Niaga

Surat niaga merupakan surat yang digunakan untuk keperluan bisnis atau niaga, dimana surat ini dikeluarkan secara resmi oleh badan usaha atau perusahaan yang terkait. Sehingga penggunaan surat ini adalah legal dalam hal hukum.

Surat niaga banyak digunakan untuk penawaran atau jual beli produk atau barang atau jasa yang diberikan oleh perusahaan.

Surat niaga ini dapat bersifat internal untuk perusahaan sendiri dan bisa bersifat eksternal untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lain atau klien yang lainnya. Berikut merupakan beberapa contoh dari surat niaga yang biasanya digunakan dalam perusahaan.

1. Contoh Surat Niaga Penawaran Barang

Penawaran barang sering terjadi dalam lingkungan perusahaan. Hal ini wajar dilakukan karena proses bisnis perusahaan adalah menjual barang yang mereka produksi ke pelanggan.

Oleh karena itu penawaran barang itu dapat terjadi dalam lingkungan perusahaan, baik antar perusahaan atau langsung ke pelanggan. Surat niaga penawaran barang biasanya dibutuhkan ketika ingin menawarkan barang dengan antar perusahaan.

Surat niaga ini dapat menjadi salah satu representatif dari perusahaan yang menginginkan feedback positif dari adanya surat niaga yang disampaikan. Berikut merupakan contoh surat niaga penawaran barang:

Contoh Surat Niaga Penawaran Barang

2. Contoh Surat Niaga Penawaran Jasa

Penjualan jasa yang diberikan oleh perusahaan adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan tidak semua perusahaan yang ada adalah perusahaan penghasil barang saja, melainkan juga terdapat perusahaan yang menyediakan produk berupa jasa.

Surat niaga penawaran jasa ini juga tetap berlaku untuk media penyampaian penawaran perusahaan kepada kliennya terhadap jasa yang mampu mereka berikan.

Setiap perusahaan yang menawarkan produk ini berharap akan adanya feedback positif dari klien, sehingga perusahaan dapat menjalin kerja sama. Berikut merupakan contoh dari surat niaga penawaran jasa:

Surat Niaga Penawaran Jasa

3. Contoh Surat Niaga Permintaan

Permintaan dalam dunia perusahaan sangat penting untuk diketahui dan diperhatikan. Hal ini menyangkut produksi barang yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Dengan adanya hal seperti ini, surat niaga permintaan sangat diperlukan untuk mendukung pemenuhan permintaan atas produk. Surat niaga permintaan ini biasanya ditujukan kepada perusahaan supplier yang dapat memberikan produk-produk yang dibutuhkan oleh perusahaan. Berikut merupakan contoh dari surat niaga permintaan:

Surat Niaga Permintaan

4. Contoh Surat Niaga Perkenalan

Surat niaga perkenalan dibutuhkan untuk memperkenalkan produk yang dapat diberikan oleh perusahaan. Sehingga calon klien atau perusahaan lain mengetahui adanya produk tersebut.

Hal ini bisa disebut dengan inovasi perusahaan untuk menambah informasi secara luas mengenai produk yang mereka luncurkan. Sehingga dapat meningkatkan penjualan produk tersebut. Berikut merupakan contoh dari surat niaga perkenalan:

Contoh Surat Niaga Perkenalan

5. Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang

Surat niaga pemesanan barang dibutuhkan perusahaan untuk memesan barang atau produk yang dibutuhkan dalam perusahaan mereka.

Biasanya surat niaga pemesanan barang ini ditujukan kepada perusahaan supplier yang memproduksi barang-barang yang dibutuhkan perusahaan.

Sehingga perusahaan tetap dapat menjalankan proses bisnisnya untuk menghasilkan produk-produknya atau bahkan tetap menjalankan proses penjualannya. Berikut merupakan contoh dari surat niaga pemesanan barang:

Surat Niaga Pemesanan Barang

6. Contoh Surat Niaga Pengiriman Barang

Surat niaga pengiriman barang dibutuhkan sebagai surat jalan pengiriman barang. Hal ini sebagai informasi penting bahwa barang yang dipesan oleh perusahaan customer sedang dilakukan pengiriman.

Dimana, tidak hanya informasi itu saja yang disertakan di surat niaga pengiriman barang, melainkan berapa jumlah barang yang dikirim juga akan disertakan. Hal ini harus dilakukan pengecekan, agar dapat menghindari ketidaksesuaian barang yang dipesan dan barang yang nantinya akan diterima. Berikut merupakan contoh dari surat ninaga pengiriman barang:

Surat Niaga Pengiriman Barang

7. Contoh Surat Niaga Penangguhan Pembayaran

Surat niaga penangguhan pembayaran adalah surat yang dibuat oleh perusahaan yang memesan produk kepada perusahaan supplier untuk meminta waktu pengunduran pembayaran atas produk yang telah dipesan.

Sehingga dalam surat ini biasanya kompleks dengan alasan mengapa perusahaan melakukan permintaan penangguhan pembayaran tersebut. Berikut merupakan contoh dari surat niaga penangguhan pembayaran:

Contoh Surat Niaga Penangguhan Pembayaran

8. Contoh Surat Niaga Klaim Kerusakan Barang

Surat niaga klaim kerusakan barang adalah surat yang dibuat oleh perusahaan customer (atau perusahaan yang memesan produk/barang) terhadap perusahaan supplier.

Dalam surat ini menerangkan bahwa perusahaan customer mengklaim adanya kerusakan pada barang yang mereka terima dari perusahaan supplier. Sehingga surat ini digunakan untuk memperjelas bagaimana informasinya dan berapa barang yang rusak. Berikut merupakan contoh dari surat niaga klaim kerusakan barang:

Surat Niaga Klaim Kerusakan Barang

9. Contoh Surat Niaga Penagihan Pembayaran

Surat niaga penagihan pembayaran adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh perusahaan supplier kepada perusahaan yang melakukan pemesanan produk.

Dimana, kondisinya adalah perusahaan yang melakukan pemesanan produk tersebut belum melakukan pembayaran hingga wkatu yang telah disepakati, sehingga perusahaan supplier berhak untuk melakukan penagihan pembayaran dengan menggunakan surat niaga penagihan pembayaran. Berikut merupakan contoh dari surat niaga penagihan pembayaran:

Surat Niaga Penagihan Pembayaran

10. Contoh Surat Niaga Penolakan Pesanan

Surat niaga penolakan pesanan adalah surat yang dibuat oleh perusahaan supplier atau penyedia produk untuk perusahaan yang memesan produk mereka.

Dimana, perusahaan supplier ini menginformasikan bahwa pesanan yang telah dipesan perusahaan itu tidak dapat dilakukan prosesnya karena alasan-alasan yang dimiliki perusahaan supplier, misalnya produk yang dipesan sudah tidak lagi diproduksi, perusahaan customer sering menunda pembayaran dalam jangka waktu yang lama, atau alasan-alasan lainnya. Berikut merupakan contoh dari surat niaga penolakan pesanan:

Contoh Surat Niaga Penolakan Pesanan

Dengan adanya beberapa penjelasan mengenai surat niaga, maka anda akan lebih mengetahui masing-masing fungsi dari surat niaga tersebut. Ternyata surat niaga memiliki beragam macamnya dan memiliki kegunaannya masing-masing. semoga artikel ini bermnagaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend