Apa itu Deployment Diagram

Apa itu Deployment Diagram? Mengenal Deployment Diagram

Deployment Diagram merupakan salah satu jenis diagram dalam UML. Diagram ini juga merupakan salah satu jenis yang harus Anda pelajari di samping beberapa diagram penting lainnya seperti Class Diagram, Use Diagram, Sequence Diagram, dan lain-lain. Informasi seputar Deployment Diagram akan kami jelaskan selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Pengertian Deployment Diagram

Pengertian Deployment Diagram

Deployment Diagram merupakan diagram pada UML atau Unified Modeling Language yang digunakan untuk menggambarkan, menspesifikasikan, serta mendokumentasikan proses yang berlangsung di dalam sistem yang berbasis OOP atau Object Oriented Programming yang akan dibangun.

Ada juga yang berpendapat bahwa Deployment Diagram merupakan diagram yang digunakan untuk menggambarkan berbagai proses yang terjadi pada sistem yang tengah berjalan dan menerangkan seperti apa hubungan yang ada pada sistem tersebut.

Deployment Diagram merupakan jenis diagram yang bersifat statis. Artinya, diagram ini tidak mengalami perubahan. Ketika Anda membuat diagram tersebut, maka isinya akan bertahan sampai kapan pun. Diagram ini juga hadir untuk memberikan kemudahan terhadap pengguna di dalam menggunakan sistem yang sedang dibangun.

Fungsi Deployment Diagram

Seperti yang telah kami sebutkan bahwa Deployment Diagram berfungsi untuk menggambarkan, menspesifikasikan, serta mendokumentasikan proses yang sedang berlangsung. Kemudian diagram tersebut juga akan menggambarkan tentang relasi yang terjadi antar sistem.

Misalnya, pada saat Anda menspesifikasikan situs web, maka diagram ini dapat digunakan untuk menunjukkan seperti perangkat keras atau hardware yang sedang digunakan. Dalam hal ini perangkat keras tersebut dinamakan sebagai node, seperti:

  • Web server
  • Server aplikasi
  • Database server
  • dan lain-lain

Simbol Pada Deployment Diagram

Sama halnya dengan beberapa jenis diagram lain di UML, Deployment Diagram juga memiliki beberapa simbol. Anda perlu memahami setiap simbol yang ada lengkap dengan kegunaannya agar Anda bsia membuat Deployment Diagram dengan benar.

Terdapat 4 simbol pada Deployment Diagram yaitu:

  • Package: merupakan simbol yang digunakan untuk membungkus atau mewadahi satu atau lebih node
  • Node: simbol ini biasanya berkaitan dengan perangkat keras atau hardware, perangkat lunka atau software yang tidak dibuat sendiri. Jika dalam node tersebut terdapat komponen yang digunakan untuk mengkonsistenkan sebuah rancangan, maka komponen yang dihadirkan harus relevan dengan komponen yang sudah didefinisikan sebelumnya pada sebuah diagram komponen
  • Dependency: sebuah simbol pada Deployment Diagram yang digunakan untuk menunjukkan adanya ketergantungan antar node. Arah panah yang terdapat pada simbol ini mengarah ke node yang sedang digunakan
  • Link: simbol yang digunakan untuk menunjukkan relasi yang terjadi antar node

Manfaat Deployment Diagram

Beberapa manfaat dari Deployment Diagram yaitu:

  • Deployment Diagram dapat memberikan kemudahan ketika Anda ingin menjelaskan maupun menerangkan sebuah sistem dibandingkan hanya menulisnya dengan kata-kata
  • Memberikan kemudahan dalam mengingat data yang bersifat kuantitatif
  • Diagram ini lebih efektif serta praktis untuk menjelaskan dibandingkan hanya menggunakan kalimat

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments