• Our Partners:

Diperbarui, Google Photos Memberitahu Kapan Foto Akan Dihapus Permanen

Tanpa terasa Google Photos sudah beredar selama 5 tahun. Sampai sekarang, aplikasi tersebut tetap menjadi salah satu aplikasi andalan Google yang banyak digunakan.

Sudah banyak pula fitur-fitur yang ditanamkan didalamnya. Kali ini, fitur baru yang bisa dinikmati oleh pengguna adalah timer yang menunjukkan kapan sebuah foto akan dihapus permanen oleh aplikasi.

Fitur baru ini disediakan di aplikasi Google Photos 4.51 dan bisa ditemui di dalam Trash atau Sampah. Hanya saja, pembaruannya dilakukan secara bertahap, jadi saat ini hanya sebagian pengguna yang bisa mengaksesnya.

Ditambahkannya timer pada foto-foto yang ada di dalam folder Trash mungkin bukan fitur penting yang bisa menggugah antusiasme pengguna, tapi tetap merupakan fitur yang cukup bermanfaat dalam mengelola foto.

Manfaatnya bisa dijelaskan seperti berikut ini.

Setelah pengguna mengirim foto ke bagian Trash, foto tersebut tidak akan langsung dihapus oleh aplikasi. Ada periode waktu selama 60 hari. Selama periode tersebut masih berlangsung, foto bisa dipulihkan kembali seandainya pengguna tersadar bahwa foto yang dipindahkan ke Trash sebenarnya masih dibutuhkan.

Setelah masa 60 hari terlewati, foto akan terhapus dengan sendirinya. Bagi pengguna yang mungkin masih belum menyadari, foto yang dipindahkan ke folder Trash masih tetap akan menyita ruang penyimpanan Google Photos. Dengan penghapusan otomatis tersebut ruang penyimpanan tidak akan terpakai untuk foto-foto yang tidak lagi diperlukan.

Masalahnya, pengguna tidak tahu kapan tepatnya sebuah foto akan dihapus secara permanen. Disinilah fitur baru tersebut dapat membantu.

Begitu pengguna masuk ke folder Trash dan membuka sebuah foto, pengguna dapat langsung mengetahui berapa lama lagi foto tersebut disimpan sebelum dihapus. Jika foto sudah berada di dalam folder Trash selama 10 hari, maka yang muncul adalah pesan bahwa foto akan dihapus 50 hari lagi. Pesan tersebut ditampilkan tepat di atas tombol Delete dan Restore.

Selain timer, tidak ada perubahan apa pun pada folder Trash itu sendiri. Pembaruan Google Photos kali ini termasuk minimal, tapi sekecil apa pun pembaruan tersebut, pasti akan ada sejumlah pengguna yang merasa terbantu. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend