• Our Partners:

Diduga Karena Warna, Foto Ini Sebabkan Layar Android Berkedip-Kedip

Secara kasat mata, tidak ada yang terlihat mencurigakan dari foto yang belakangan ini ramai dibicarakan di dunia maya. Foto pemandangan tersebut menampilkan danau yang dihiasi sedikit pepohonan dan berlatar belakang pegunungan.

Siapa sangka, ternyata setelah dijadikan wallpaper, ponsel Android mendadak crash yang ditandai dengan layar ponsel Android yang on dan off berulang kali sehingga mustahil untuk digunakan seperti biasanya.

Masih belum diketahui penyebab pastinya, tapi diduga kuat bahwa bug tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan Android dalam membaca profil warna yang digunakan oleh foto pemandangan tersebut. Pada umumnya ponsel Android menggunakan profil warna sRGB, sedangkan foto tersebut menggunakan profil warna RGB.

Restart ponsel tidak bisa menyelesaikan masalah soft-brick yang diakibatkan oleh foto tersebut. Anda harus mengganti wallpaper atau melakukan reset untuk mengembalikan ponsel ke setelan pabrik.

Sejumlah pengguna melaporkan bahwa mereka berhasil mengganti wallpaper dengan memanfaatkan interval waktu saat layar ponsel dalam kondisi on dan off. Cara lainnya yang sudah terbukti berhasil adalah dengan boot ke safe mode dan kemudian mengganti wallpaper dengan gambar lain.

Bug pada Android tersebut pertama kali diketahui dari akun twitter Ice Universe yang sering membocorkan data mengenai produk-produk Samsung terbaru. Beberapa ponsel lain juga mengalami masalah yang sama, termasuk jajaran ponsel Google Pixel.

Beberapa pengguna Twitter yang membalas tweet Ice Universe menyebutkan bahwa masalah tersebut tidak terjadi pada ponsel yang mereka gunakan. Begitu pula dengan Huawei Mate 20 Pro seperti yang dilaporkan oleh Android Authority.

Dylan Roussel, seorang kontributor 9to5Google yang juga merupakan seorang pengembang Android, melaporkan bahwa Pixel 4 XL yang menggunakan Android 11 juga bebas dari crash setelah mencoba memasang foto danau tersebut sebagai wallpaper. Penyebabnya, profil warna yang tidak didukung langsung dikonversi secara otomatis menjadi sRGB.

Dugaan mengenai profil warna yang menjadi penyebab juga diperkuat oleh tweet berikutnya dari Ice Universe. Ia mengatakan bahwa setelah foto tersebut diupload ke Weibo, warnanya sedikit berubah sehingga tidak lagi membahayakan.

Bug seperti ini biasanya mengundang rasa penasaran, tapi sebaiknya anda jangan mencobanya karena meskipun ponsel bisa diperbaiki, ada kemungkinan data anda akan hilang. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend