Fitur DiskUsage Microsoft Windows 10

DiskUsage, Alat Analisa Ukuran File Akan Hadir di Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft tengah mengembangkan sebuah alat perintah baris baru yang bernama ‘DiskUsage’. DiskUsage ini dijelaskan Microsoft bisa membantu pengguna untuk dapat menemukan file mana yang menghabiskan kapasitas penyimpanan di perangkat Windows 10. 

Saat ini, DiskUsage sudah tersedia dalam versi Preview Builds di Windows 10. Lebih jelasnya, fungsinya adalah untuk menunjukkan ukuran file dalam sebuah folder yang ada di drive, sehingga pengguna bisa mengetahuinya jauh lebih mudah tanpa harus mengecek satu persatu. 

Selain itu, pengguna juga bisa menerapkan sebuah filter untuk menyeleksi jenis file tertentu dan hasil pemindaiannya bisa difokuskan ke folder atau direktori tertentu. Fitur filter yang ada di DiskUsage itu juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi folder dengan ukuran paling besar, serta menyisihkan file tertentu sesuai jenis yang ada inginkan.

Windows 10 DiskUsage Perintah Baris

Windows 10 DiskUsage Perintah Baris

Contoh penggunaanya adalah, pengguna bisa menjalankan perintah “diskusage /minFileSize=1073741824 /h c:\windows” untuk secara cepat mengidentifikasi folder-folder yang memiliki ukuran lebih dari 1GB, di Windows. 

Mengurutkan File di DiskUsage Windows 10

Mengurutkan File di DiskUsage Windows 10

Kemudian, hasilnya juga bisa diurutkan dalam sebuah daftar dari mulai yang ukuran terkecil atau sebaliknya. Untuk melakukannya, pengguna diharuskan mengetik perintah “diskusage /u=5 /h c:\windows”. 

Jadi secara garis besar, pengguna bisa memanfaatkan DiskUsage ini untuk menemukan file dan folder yang memiliki ukuran paling besar di drive atau direktori tertentu, lalu menggunakan filter untuk mengidentifikasi file yang lebih besar atau lebih kecil dari ukuran tertentu (GB, MB, KB).

Jika pengguna sudah familiar dengang penggunaan perintah baris atau command line, maka penggunaan DiskUsage bisa dibilang sangat gampang sekali, khususnya untuk berpindah tingkatan pemindaian menggunakan pengurutan dan lainnya.

Alat ini saat ini statusnya masih dalam tahap pengembangan, dan akan hadir dengan sejumlah fitur seperti berikut ini:

  • Melakukan pemindaian folder tertentu atau drive secara keseluruhan dengan informasi mendetail soal berapa besar kapasitas yang digunakan
  • Menampilkan ukuran dari file sistem dan menyediakan ruang
  • Memfilter informasi berdasarkan ukuran file dan ukuran dalam disk
  • Mengidentifikasi folder menggunakan kategori “ukuran sama atau lebih besar”
  • Kustomisasi hasil pemindaian

Jika melihat tangkapan gambar di atas, sepertinya alat ini hanya bisa digunakan menggunakan perintah baris saja. Semoga, nantinya jika benar-benar sudah selesai dan siap rilis, alat ini bisa digunakan melalui aplikasi Settings dengan antarmuka yang jauh lebih ramah lagi. 

Leave a Reply

Send this to a friend