Doa Masuk dan Keluar Masjid serta 10 Adab Saat Memasuki Masjid, Sudah Tahu?

Dalam setiap agama pasti selalu diajarkan untuk berdoa dalam setiap melakukan pekerjaan maupun dalam situasi tertentu. Begitu juga dalam ajaran agama islam selalu menganjurkan hal tersebut.

Dalam Islam setiap melakukan sesuatu dengan diawali dengan niat yang lurus serta hendaklah membaca doa agar sesuatu yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan mendapatkan kemudahan.

Selain itu, doa bisa membuat hati tenang dan lebih dekat dengan Allah SWT. Biasanya setelah selesai melakukan aktifitas juga dianjurkan dalam berdoa. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai doa memasuki dan keluar masjid. Simak dengan baik yah!

Doa Masuk Masjid

Masjid merupakan tempat beribadah untuk umat Islam. Masjid identik dengan shalat berjamaah serta merupakan tempat yang di sukai oleh Allah SWT. Masjid merupakan tempat yang damai karena penuh dengan kegiatan-kegiatan yang khusus agar lebih dekat dengan sang pencipta alam semesta.

Selayaknya tempat untuk melakukan hal-hal ibadah ada tatacara atau adab yang harus dilakukan sebelum masuk ke dalam masjid. Salah satunya menjaga kebersihan, berwudhu dan hal yang paling utama dilakukan saat memasuki masjid ialah membaca doa.

Membaca doa saat masuk ke dalam masjid seharusnya diajarkan kepada anak-anak sejak dini agar terbiasa sampai dewasa. Doa masuk masjid:

Doa Masuk Masjid

Doa Keluar Masjid

Semua di atur dalam islam bukan hanya memberi doa di awal namun diakhir melakukan suatu pekerjaan juga kita harus mengucapkan doa, sebagai rasa syukur, rasa terimakasih, pengharapan. dan lain sebaginya.

Misalnya diawal masuk masjid kita membaca doa, setelah hendak keluar dari tempat suci ini juga tentunya kita mengucapkan doa. Doa hendak keluar dari masjid:

Doa Keluar Masjid

10 Adab Saat Memasuki Masjid

Berikut ini akan dipaparkan 10 macam adab-adab yang mesti kita ketahui dan tentunya harus diterapkan saat memasuki masjid maupun setelah keluar dari masjid yah. 

1. Berniat dan Ikhlas

Sebelum melangkahkan kaki ke masjid hendaklah berniat dengan ikhlas untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT dan hati jadi tenang.

Dengan niat yang lurus kita melangkahkan kaki ke masjid untuk melakukan ibadah senantiasa karena Allah SWT, bukan karena niat yang lain. Karena segala perbuatan baik atau buruknya seseorang  itu tentunya berdasarkan dari niatnya. Seperti bunyi Hadist dibawah ini:

Adab Saat Memasuki Masjid

2. Berpakaian Rapi dan Bersih

Dalam kitab suci Al-qur’an Allah berfirman: 

Adab berpakaian Bersih surah Al-A'raf

3. Menghindari Makanan Yang Memiliki Bau Khas

Menghindari makanan yang dapat menimbulkan bau mulut yang khas karena dapat mengganggu konsentrasi orang-orang yang beribadah dalam masjid. Contohnya durian, pete, jengkol, bawang putih dan lain sebagainya.

Biasanya hal ini jarang sekali di perhatikan oleh kebanyakan orang. Karena menurut mereka tidak biasa saja. Namun sebenarnya hal ini sangat perlu untuk diperhatikan sebelum memasuki masjid. Agar menghindari hal-hal yang merugikan orang lain saat melakukan ibadah.

4. Berdoa dan Melangkahkan Kaki Kanan Saat Memasuki Masjid

Mendahulukan anggota tubuh bagian kanan sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam, seperti ajaran Nabi Muhammad SAW. Ketika hendak memasuki masjid bacalah doa masuk masjid kemudian langkahkan kaki kanan terlebih dahulu.

Memasuki masjid dengan kaki kanan memang tidak ada di sebutkan dalam Al-qur’an, namun kita melakukannya mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW. Membaca doa saat masuk masjid artinya kita telah menghargainya sebagai tempat yang suci.

5. Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid

Shalat tahiyatul masjid dilakukan setelah kita memasuki masjid, sebelum kita duduk, dan sebelum melaksanakan shalat fardhu. Terdiri dari dua rakaat serta, hukum sholatnya sunnah yaitu jika dilaksanakan berpahala jika tidak dikerjakan tidak berpahala dan tidak berdosa juga.

Namun sebelum melaksanakan shalat sunnat ini pastikan anda masih dalam keadaan berwudhu dan dalam keadaan suci. Anjuran dalam melaksanakan shalat tahiyatul masjid bisa dilihat dlam hadist dibawah ini:

Hadist shalat tahiyatul masjid

6. Menunggu Waktu Shalat dengan Berdzikir Dan Berdoa

Setelah melaksanakan shalat sunnah tahiyatul masjid, sebelum tiba waktunya untuk shalat fardhu akankah lebih baik kita berdzikir, membaca kitab suci Al-qur’an, berdoa kepada Allah atau hanya diam untuk menghargai orang yang sedang beribadah. Hal tersebut lebih baik dibandingkan anda berbicara dengan teman mengenai urusan dunia.

7. Menjawab dan Membaca Doa Setelah Adzan 

Saat adzan dikumandangkan oleh muadzin maka jawablah adzan tersebut seperti apa yang diucapkan oleh muadzin dan hendaklah engkau bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, niscaya engkau akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Tidak hanya itu berdoa setelah selesai dikumandangkan adzan dan iqamah merupakan waktu yang sangat dianjurkan, agar doa dikabulkan oleh Allah.

Doa dan Adab Memasuki Masjid

8. Menjaga Diri dari Ucapan Yang Tidak Baik

Di dalam masjid tentunya kita harus menjaga tatakrama begitu juga dengan ucapan kita. Sebaiknya ucapkanlah kata-kata yang baik dan terpuji janganlah mengucapkan perkataan yang tidak terpuji atau bahkan dapat menyinggung hati orang lain. Alangkah lebih baiknya jika kita hanya diam saja, kalupun ingin berbicara seperlunya saja dengan nada suara yang kecil jangan berteriak.

9. Dilarang Melewati dan Mengganggu Orang shalat

Yang namanya beribadah tentunya semua orang ingin khusyuk, agar shalatnya diterima. Untuk itu jangan anggap shalat sebagai bahan untuk bercandaan terutama mengganggu teman yang sedang shalat. Dan janganlah sesekali engkau lewat dari depan orang yang sedang melaksanakan shalat sendiri ataupun melewati orang yang sedang shalat berjamaah.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Hadist Larangan mengganggu orang shalat

10.Berdoa dan Melangkahkan Kaki Kiri Saat Keluar Masjid

Jika hendak keluar dari masjid bacalah doa saat keluar dari tempat ibadah ini untuk mendapatkan karunia dari Allah. Berbeda dengan awal masuk masjid, yaitu kaki yang pertama kali di langkahkan ialah kaki kiri.

Demikianlah doa-doa serta 10 adab masuk dan keluar dari mesjid yang harus kamu terapkan yah, Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Send this to a friend