Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Beserta Adabnya Juga, Sudah Tahu?

Dalam agama Islam semua hal telah diatur di dalam kitab suci Al-qur’an maupun hadist-hadistnya. Mulai dari hal-hal kecil (sepeti buang air kecil) maupun hal besar (negara atau pemerintahan) telah diatur di dalamnya.

Salah satu contohnya ialah mengenai adab ketika hendak masuk dan keluar dari kamar mandi ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan kamu terapkan.

Karena kamar mandi sendiri merupakan tempat yang kotor dimana tempat tersebut banayk terdapat jin maupun setan. Jika kamu tidak ingin terhindar dari godaan setan di dalam kamar mandi simak baik-baik penjelasan dibawah ini!

Doa Masuk Kamar Mandi

Kamu tentu sering ke kamar mandi untuk membuang hajat, mandi ataupun kegiatan lainnya. Tapi apakah kamu tahu bahwa ketika ingin masuk ke kamar mandi terlebih dahulu harus membaca doa.

Karena dengan membaca doa, kita bisa terhindar dari godaan setan maupun terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, agar selalu dalam lindungan Allah, dimana pun kita berada serta dalam keadaan apapun.
Berikut ini adalah doa ketika hendak masuk kamar mandi:

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa Keluar Kamar Mandi

Setelah tahu doa masuk kamar mandi, kamu tahu gak ternyata ketika hendak keluar dari kamar mandi juga kita terlebih dahulu harus tetap membaca doa juga.

Walaupun di awal sudah membaca doa kamu harus baca lagi yah, jangan asal keluar dulu. Berikut ini doa ketika hendak keluar dari kamar mandi:

Doa Keluar Kamar mandi

 

Adab Ketika Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Selain berdoa ketika ingin masuk dan keluar kamar mandi, kamu juga harus tahu apa saja adab-adab yang perlu kamu terapkan ketika ingin masuk dan keluar kamar mandi. Ada yang sudah tahu? Kalau sudah alhamdulillah, kalau belum tahu tenang saja dibawah ini akan dijelaskan dengan rinci, terutama poin nomor 4 tuh, ayo simak:

1. Membaca Doa Ketika Hendak Masuk Kamar Mandi

Tujuan dari membaca doa ialah agar terhindar dari setan atau jin ketika berada di dalam kamar mandi serta selalu dalam lindungan Allah. Ketika berada di kamar mandi, kamu juga akan melepaskan pakaian sehingga aurat akan terbuka, nah setan atau jin tidak akan melihat auratmu karena sebelumnya kamu sudah berdoa ketika memasuki kamar mandi.

2. Melangkahkan Kaki Kiri ketika Masuk Kamar Mandi

Jika ingin keluar rumah ataupun masuk ke dalam masjid kaki yang pertama kali dilangkahkan ialah kaki kanan. Namun kedua hal tersebut berbeda ketika masuk kamar mandi, kaki kiri justru mendahului kaki kanan. Jangan sampai salah yah.

3. Ketika Memasuki Kamar Mandi sebaiknya Memakai Alas Kaki

Alasannya karena di dalam kamar mandi merupakan tempat untuk buang air besar maupun buang air kecil maka di khawatirkan lantai kamar mandi tersebut mengandung najis akibat buang hajat, sehingga ketika memakai alas kaki (sendal) tidak terbawa ketika keluar kamar mandi.

4.  Ketika di Kamar Mandi Jangan Berbicara

Tidak Boleh Kamar Mandi

Ketika di berada di kamar mandi terkadang ada sebagain orang berbicara atau yang lebih sering kita temui disekitar kita ialah seseorang yang mandi sambil bernyanyi. Apakah kamu salah satu diantaranya? Sesungguhnya hal tersebut sangat di benci oleh Allah. Dan di dalam hadist juga disebutkan bahwa :

Ketika ada dua orang yang buang air secara bersamaan, hendaklah keduanya saling membelakangi satu sama lain dan jangan berbicara. Karena Allah sangat membenci hal tersebut (Jabir Bin Abdillah Radiyallohu Anhu’).

5. Membelakangi/Menghadap Kiblat Tidak Diperbolehkan

Yang namanya buang hajat pasti identik dengan hal yang kotor, jadi ketika kita ingin buang air besar maupun buang air kecil jangan membelakangi/menghadap arah kiblat.

Dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim:

Jika kamu ingin buang air janganlah menghadap ataupun membelakangi arah kiblat.

6. Membawa Ayat Al-qur’an Tidak Diperbolehkan

Tidak boleh membawa sesuatu yang berhubungan dengan ayat Al-qur’an, seperti dilarang membawa Al-qur’an, dilarang membaca Al-qur’an, dilarang membawa lafadz Allah, Lafazd Nabi Muhammad maupun dilarang membawa hadist saat berada di dalam kamar mandi.

7. Menjawab Salam Tidak Diperbolehkan

Ucapan salam dari sesama umat muslim tentunya hal yang wajib untuk dijawab karena salam merupakan ucapan untuk mendoakan yaitu “keselamatan atas kamu”. Namun ada tempatnya juga kita bisa menjawab salam dari seseorang. Ketika Kamu sedang dikamar mandi tidak boleh menjawab salam.

8. Makan dan Minum Tidak Diperbolehkan

Makan dan juga minum merupakan kebutuhan sehari-hari kita, namun ada tempatnya dimana kita boleh makan maupun minum. Tidak boleh makan ataupun minum ketika berada di kamar mandi. Alasannya tentu kamu sudah tahu dong. Karena kamar mandi bukanlah tempat yang bersih tapi tempat untuk buang hajat.

9. Mandi Berdua Tidak Diperbolehkan

Kecuali suami istri, larangan akan mandi berdua juga tidak diperbolehkan, .

10. Gunakan Penghalang

Ketika berada di kamar mandi hendaklah gunakan penghalang (tabir/penutup) agar tidak terlihat oleh orang lain. Rasulullah SAW Bersabada :

Ketika kamu ingin buang hajat hendaklah menutup tabir (beristitar). Jika tidak ada tabir/penutup maka kamu harus menghadap belakang (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

11. Melangkahkan Kaki Kanan ketika Keluar Kamar Mandi

Nah, ketika hendak keluar dari kamar mandi kamu harus melangkahkan kaki kanan terlebh dahulu yah, kebalikan dari saat masuk ke kamar mandi.

12. Membaca Doa Setelah Keluar Dari Kamar Mandi

Setelah melakukan berbagai macam kegiatan di dalam kamar mandi, kamu dianjurkan mengucapkan rasa syukur kepada Allah karena kegiatan buang hajat, mandi dan lain sebagainya tersebut merupakan suatu hal yang bermanfaat bagi tubuh anda sendiri yaitu menghilangkan kotoran-kotoran ataupun zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh kita. Jika tidak dibuang akan menimbulkan penyakit.

Itulah pembahasan mengenai doa masuk kamar mandi beserta doa keluar kamar mandi dan adab ketika masuk dan keluar kamar mandi yang perlu diketahui dan wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Send this to a friend