Dokumen Setebal 70 Halaman Ungkap Ambisi Besar Google ke Industri Gaming

Dokumen Setebal 70 Halaman Ungkap Ambisi Besar Google ke Industri Gaming

NESABAMEDIA.COMPerangkat Mac Apple telah lama diisukan akan hadir untuk industri video game, sama halnya dengan Google yang namanya sangat jauh dari sebuah perusahaan gaming. Meskipun Google menjadi pemilik Android, salah satu platform game terbesar di dunia. Tetapi Google memiliki rencana untuk mengubah hal tersebut, menurut dokumen visi misi perusahaan setebal 70 halaman yang secara sebelumnya dirahasiakan dan dijuluki “Games Futures.”

Dokumen tersebut terungkap ketika Epic Games menyeret Apple ke pengadilan, dan mengungkapkan rencana lima tahunan untuk mewujudkan rencana yang disebut Google sebagai “platform game terbesar di dunia.”

Google membayangkan perusahaannya mampu menghadirkan para pengembang game dalam satu tempat dan mereka bisa menargetkan pengguna gamer di beberapa perangkat termasuk Windows dan Mac, serta smartphone. Semua itu akan diikat bersama oleh layanan Google dan “pengontrol game portabel universal berbiaya rendah” yang dapat dipasangkan oleh gamer dengan perangkat apa pun, bahkan TV.

Ada beberapa alasan untuk merasa skeptis bahwa dokumen ini mencerminkan arah sebenarnya yang sedang dibangun Google. Dokumen itu awalnya bertuliskan “Dipersembahkan untuk anda yang sebagian juga berasal dari pendanaan, untuk mewujudkan mimpi”. 

Sayangnya Google telah kehilangan sebagian dari ambisi gamenya Februari ini, ketika mereka memutuskan untuk menghentikan studio game yang mereka bangun untuk Google Stadia.

Namun, dokumen yang banyak diedit itu menunjukkan bahwa untuk memulai jalan ini, Google pertama-tama akan membawa “game emulasi, asli, dan streaming” ke Windows, sesuatu yang tidak lagi terdengar tidak masuk akal untuk saat ini. Terlebih lagi, Microsoft juga baru saja mengumumkan bahwa aplikasi Android akan datang ke Windows 11, yang akan tersedia dengan menggandeng Amazon Appstore sebagai mitra awal.

Jika Google benar-benar menuju ke arah ini, anda dapat melihat sekilas apa yang diharapkan dalam dokumen 70 halaman penuh yang disematkan di bawah ini. Dokumen itu mencakup bagaimana Google akan mencoba membangun merek Play Game sebagai “tujuan game indie”, menghadirkan sekitar 100 “game seluler Android terbaik” ke PC, mengharuskan pengembang untuk mendukung pengontrol dan berbagai platform, dan menetapkan harga minimum untuk game tersebut, serta dapat menarik game “super-premium” ke platform. Ada banyak hal yang belum disunting dalam dokumen tersebut, dan itu adalah hal yang ambisius.

Klik untuk unduh dokumen Google soal visi layanan gaming terpadu

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend