Download CmapTools 6.03.01

Download CmapTools Terbaru Developer: IHMC
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 100MB


CmapTools merupakan software untuk melakukan concept mapping (pemetaan konsep) yang sering digunakan untuk brainstorming, penelitian, presentasi, survey, dan proses pembelajaran di kelas. Pemetaan konsep itu sendiri biasanya ditujukan untuk menyusun semua informasi yang sudah terkumpul atau untuk menjelaskan sesuatu secara mendetail seperti ketika seseorang tengah berusaha menjelaskan gagasannya di dalam sebuah rapat kerja.

Di samping itu, pemetaan konsep juga bisa digunakan untuk keperluan yang relatif sederhana seperti misalnya untuk membuat catatan dalam struktur yang terorganisir secara rapi dan saling berkaitan. Pemetaan semacam ini sangat cocok digunakan oleh pelajar untuk memahami materi pelajaran.

Fitur dan Kegunaan CmapTools

Download CmapTools Terbaru

Tampilan CmapTools Terbaru

CmapTools itu sendiri bisa digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis dan edukasi, namun penggunaannya lebih ditujukan untuk kolaborasi tim. Dalam hal ini sebuah peta konsep dapat dibagikan ke setiap anggota dalam sebuah tim untuk dibahas, diedit dan disempurnakan. Untuk membantu agar kolaborasi tim dapat berjalan lancar dalam memetakan konsep, pengembangnya menyediakan pula sebuah software khusus yang bernama CmapServer.

Sama halnya seperti CmapServer, CmapTools juga digratiskan untuk keperluan pribadi dan komersial. Jika anda menggunakan Windows, Linux, atau Mac OS X, anda dapat menginstall CmapTools. Tersedia pula CmapTools untuk iPad agar anda tetap bisa melakukan concept mapping meskipun tidak sedang di rumah dan CmapTools in the Cloud untuk menggunakan software ini secara online. CmapTools merupakan software berbasis Java dan dalam instalasinya Java Runtime Environment juga akan turut diinstall.

Proses instalasi CmapTools tidak seperti instalasi software pada umumnya tapi penggunaannya relatif mudah. Pada dasarnya pembuatan dokumen baru beserta cara penyimpanannya sama seperti seperti membuat dan menyimpan dokumen di Microsoft Word. Untuk membuat sebuah konsep pun anda hanya perlu melakukan klik ganda pada area dokumen. Setiap konsep bisa diletakkan dimanapun pada area dokumen dan juga bisa dipindahkan kapan pun diperlukan.

Begitu pula halnya dengan membuat garis penghubung antara satu konsep dengan konsep lainnya. Anda hanya perlu drag and drop tanda panah yang ada pada setiap konsep ke posisi lain di dalam area dokumen. Kata atau frasa di dalam konsep juga dapat diberi warna yang berbeda, dibuat tebal atau miring.

Sedangkan konsep dapat  diberi warna latar belakang tersendiri, dirubah ukurannya, dihapus, dipindahkan dan sebagainya. Terdapat pula fitur auto layout yang secara otomatis merapikan peta konsep. Auto layout dapat diterapkan pada beberapa konsep saja atau pada peta konsep secara keseluruhan.

Download CmapTools Terbaru

Meskipun CmapTools didesain untuk membuat peta konsep, software yang dikembangkan oleh Florida Institute for Human & Machine Cognition (IHMC) ini bisa pula anda gunakan untuk melakukan mind mapping (pemetaan pikiran). Sebenarnya untuk mind mapping sudah ada software seperti FreeMind dan XMind, tapi anda juga bisa mencoba melakukannya dengan CmapTools. Download CmapTools terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend