Download EndNote Terbaru

Download EndNote X20

Download EndNote Terbaru Developer: EndNote
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 100MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...



EndNote adalah software pengelola referensi yang bisa diintegrasikan dengan Microsoft Word, LibreOffice, dan Apache OpenOffice. Berkat integrasinya itulah kutipan dan bibliografi bisa disisipkan ke dalam karya tulis ilmiah dengan mudah.

Sebetulnya ada banyak situs yang bisa digunakan untuk membuat kutipan dan bibliografi, tetapi rata-rata hanya efektif untuk sumber data yang jumlahnya tidak terlalu besar dan fitur pengelolaannya pun tidak selengkap EndNote. Bagi pengguna yang tidak bisa lepas dari Microsoft Word, kemampuan integrasi EndNote adalah daya tarik terbesar yang hampir mustahil untuk diabaikan.

Fitur-Fitur EndNote

Apa Itu EndNote?

Cite While You Write

Cite While You Write adalah fitur EndNote yang disediakan untuk pengguna Microsoft Word, OpenOffice, dan LibreOffice. Data referensi yang ada di dalam library EndNote bisa diakses melalui fitur tersebut dan kemudian dimasukkan ke dalam karya tulis hanya dalam beberapa kali klik. Format penulisan referensi bisa diatur sehingga setiap referensi yang dimasukkan akan secara otomatis muncul dalam format tersebut.

Ketika anda mengutip sebuah referensi di dalam teks yang anda susun, sumber referensi tersebut juga akan ditampilkan secara otomatis di dalam daftar pustaka, sedangkan format penulisan daftar pustaka itu sendiri juga disesuaikan berdasarkan pada kaidah penulisan yang anda pilih.

Format penulisan referensi dan daftar pustaka

Format penulisan yang dipakai di dalam EndNote mengikuti kaidah penulisan yang sudah digunakan di dalam banyak karya tulis ilmiah seperti APA Style yang dipublikasikan oleh American Psychologycal Association, MLA Style yang disusun oleh Modern Language Association, AMA, Vancouver, NLM, dan masih banyak lagi. Menurut klaim dari Clarivate Analytics yang mengembangkan EndNote, ada ribuan style yang tersedia di dalam software bibliografi tersebut.

Anggaplah anda memilih APA Style dalam membuat daftar pustaka. Secara otomatis, setiap sumber referensi yang anda cantumkan di dalam daftar pustaka akan diformat berdasarkan ketentuan-ketentuan penulisan yang tercantum di dalam APA Style.

Pemformatan otomatis tersebut membuat penyusunan daftar pustaka menjadi lebih hemat waktu, apalagi jika referensi yang anda gunakan adalah jurnal-jurnal internasional. Pasalnya, referensi ke jurnal-jurnal tersebut sudah disediakan di dalam file-file yang bisa anda download dari berbagai sumber bibliografi seperti Science Direct, ASCE, IngentaConnect, SpringerLink, ACS Publications, Wiley Online Library, dan sebagainya.

File-file yang berisi berbagai sumber referensi itu kemudian bisa anda masukkan ke dalam EndNote untuk dipakai di dalam Microsoft Word, OpenOffice, dan LibreOffice. Dengan demikian anda tidak perlu mengetik referensi sedikit pun.

Download EndNote Terbaru

EndNote sudah diakui oleh kalangan akademisi sebagai software yang sangat mempermudah pengelolaan referensi, tetapi masih banyak pula yang bingung dalam memilih antara EndNote dengan dua kompetitor utamanya, yaitu Mendeley dan Zotero. Metode yang paling efektif dalam menentukan pilihan adalah dengan mencoba ketiganya, yang bisa anda mulai dengan mengunduh EndNote. Download EndNote terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend