Download MSWLogo Terbaru

Download MSWLogo 6.5

Download MSWLogo Terbaru Developer: MSWLogo
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 2MB



Pada tahun 1967, Seymour Papert menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang disebut Logo. Kesederhanaan bahasa pemrograman ini membuatnya relatif mudah untuk dikuasai sehingga kerap dijadikan sebagai modul untuk mengajarkan konsep-konsep pemrograman kepada anak-anak.

Lalu apa hubungannya dengan MSWLogo? MSWLogo adalah software untuk mempelajari bahasa pemrograman Logo. Open source, gratis, dan dikembangkan oleh George Mills.

Fitur-Fitur MSWLogo

Apa Itu MSWLogo?

Secara garis besar, jendela MSWLogo terbagi dari bagian atas yang disebut Drawing dan bagian bawah yang dinamakan Commander. Commander itu sendiri terbagi lagi menjadi dua bagian. Di bagian paling bawah, terdapat sebuah kolom teks yang berfungsi untuk mengetikkan kode-kode instruksi yang dieksekusi dengan mengklik tombol Execute. Anda dapat mengetik lebih dari satu perintah didalamnya.

Diatasnya adalah area history yang menampilkan semua kode instruksi yang sudah anda ketikkan sebelumnya. Setiap baris kode di dalam area tersebut dapat anda klik untuk digunakan lagi. Mengenai Drawing, didalamnya anda akan melihat sebuah gambar segitiga kecil yang disebut turtle.

Dengan mengetikkan kode-kode perintah di bawah, turtle tersebut dapat digerakkan ke segala arah yang nantinya akan menorehkan garis-garis pada layar hingga menjadi bentuk tertentu seperti persegi panjang atau bujur sangkar. Kode-kode tersebut antara lain:

  • forward untuk menggerakkan turtle ke depan
  • backward untuk menggerakkan turtle ke belakang
  • right untuk menggeser turtle ke kanan
  • left untuk menggeser turtle ke kiri

Untuk mempermudah penulisan kode, setiap perintah di atas dapat disingkat. Forward bisa ditulis menjadi fd saja, backward ditulis bk, right disingkat menjadi rt, dan left disingkat lt.

Sebagai contoh, mengetikkan fd 60 berarti anda menginstruksikan turtle untuk bergerak maju sebanyak 60 langkah. Jenis huruf yang digunakan untuk mengetik kode dan yang ditampilkan di dalam area history bisa anda ganti kalau merasa kurang nyaman, misalnya dari Courier New menjadi Comic Sans MS dengan ukuran huruf yang sedikit lebih besar dan dipertebal.

Untuk mengatur tampilan huruf pada area Commander, pilih menu Set, lalu klik opsi Commander Font. Sedangkan untuk mengatur tampilan huruf pada area Drawing, klik opsi Label Font. Ukuran garis yang terbentuk dari menggerakkan turtle juga bisa diperbesar dan diperkecil melalui opsi PenSize. Opsi tersebut menyediakan beberapa ukuran yang bisa langsung anda klik untuk memilihnya.

Download MSWLogo Terbaru

Warna garis juga dapat anda rubah dari hitam menjadi warna-warna lain melalui opsi PenColor. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ukuran dan warna garis hanya akan diterapkan untuk garis-garis selanjutnya.

Warna lain yang bisa anda utak-atik adalah warna latar belakang di dalam area Drawing. Untuk mengubahnya, klik opsi ScreenColor lalu pilih salah satu warna yang tersedia. Begitu anda klik tombol OK, warna latar belakang akan langsung berubah. Download MSWLogo terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend