Download SQL Server Management Studio 18.2

Download SQL Server Management Studio Developer: Microsoft Corp.
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 524MB


Sebelum membahas SQL Server Management Studio, mungkin ada baiknya Anda memahami dulu apa itu SQL Server. SQL Server adalah sebuah basis data yang dapat digunakan untuk mengelola sebuah sistem server sekaligus pengelola back-end database di dunia bisnis. Dalam menggunakan SQL Server, maka Anda memerlukan peranti lunak tambahan bernama SQL Server Management Studio.Peranti lunak ini dapat memudahkan adminsistrator untuk memproses database di SQL Server

Peranti lunak ini memiliki tampilan antar muka berupa tampilan grafis atau Graphical User Interface (GUI) sekaligus tampilan berupa script SQL sehingga dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi administrator database dalam memproses database pada SQL Server sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemahirannya.

Fungsi SQL Server Management Studio

Download SQL Server Management Studio

Tampilan SQL Server Management Studio

Dalam sebuah server SQL terdapat objek database berupa database, query,view, stored procedure, dan lain-lain. Dengan menggunakan SQL Server Management Studio, Administrator dapat melakukan berbagai aktifitas dalam mengelola database. Seperti membuat pengaturan akun pengguna, melakukan back-up database, mereplikasi database, serta melakukan pengiriman data antar database lainnya, dan masih banyak lagi fungsi yang lain.

Penggunaan interface berupa GUI, memungkinkan administrator pemula dapat mengelola database dengan mudah. Sehingga semua orang mampu mengelola SQL Server tanpa harus berjibaku dengan kode script. Namun bagi administrator yang memiliki tingkat kemahiran yang lebih tinggi terdapat pilihan untuk mengelola SQL server menggunakan script SQL Server. Sehingga dengan hadirnya dua opsi ini pengguna dapat memilih menggunakan interface GUI atau dengan kode script SQL sesuai kebuuhan dan kenyamanan. Bahkan Anda juga bisa menggunakan kedua opsi tersebut bersamaan.

Fitur utama pada SQL Server Management Studio adalah Object Explorer. Object Explorer berfungsi untuk menampilkan dan menavigasi database, objek , file log, dan lain sebagainya yang berada di dalam server. Administrator dapat membuat sebanyak mungkin database dengan menggunakan SQL Server Management Studio. Sekaligus menghubungkan semua server database yang diinginkan.

Kombinasi fitur SSMS berasal dari Enterprise Manager, Query Analyzer dan Analysis Manager, bersama dengan fitur yang disertakan dalam rilis SQL Server sebelumnya. SSMS menyediakan alat untuk mengonfigurasi, mengelola, dan mengelola instance Microsoft SQL Server, dan menyatukan berbagai tools untuk mempermudah pengelolaan SQL Server.

Download SQL Server Management Studio

Akan tetapi dalam penggunaan SQL Server Management Studio administrator mesti selalu memperhatikan dalam menjalankan script SQL pada server yang tepat. Untuk itulah administrator harus selalu memerikasa judul tab untuk mengetahui berada di server aktif yang mana administrator berada.

SQL Server Management Studio memiliki fitur untuk mengonfigurasi, memantau, dan mengelola semua infrastruktur SQL. Anda dapat menggunakan SSMS untuk memonitoring dan meng-upgrade komponen data yang digunakan pada SQL termasuk membuat query dan script. Download SQL Server Management Studio terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend