Driver Terbaru Intel Perbaiki Bug Desktop Window Manager di Windows 10 dan 11

Driver Terbaru Intel Perbaiki Bug Desktop Window Manager di Windows 10 dan 11

NESABAMEDIA.COMDriver Intel DCH versi 30.0.101.1191 adalah sebuah pembaruan yang mungkin wajib anda unduh dan pasang, ketika perangkat Windows 11 atau 10 anda mulai mengalami masalah. Pembaruan driver ini sudah tersedia untuk para pengguna di seluruh dunia yang menggunakan prosesor Intel generasi ke-6 atau yang lebih baru, yang bertujuan untuk memperbaiki masalah dengan Desktop Window Manager.

Sebagai informasi, Desktop Windows Manager adalah sebuah pengelola jendela yang dibangun ke dalam sistem operasi untuk thumbnail Taskbar, jendela aplikasi, animasi, monitor dengan resolusi tinggi dan efek visual lainnya.

Desktop Window Manager adalah bagian dari Windows dan akan muncul sebagai DWM.exe atau Desktop Window Manager di Task Manager. Ini adalah bagian terpenting dari antarmuka grafis sistem operasi dan tidak akan bisa dimatikan. Bahkan perannya semakin meningkat dalam build terbaru Windows 10 dan 11. 

Seringnya, Desktop Window Manager seharusnya akan berjalan dengan lancar di latar belakang dan tidak akan memakan banyak sumber daya perangkat. Rata-raya, Desktop Window Manager akan menggunakan 2% sampai 8% CPU dan RAM kurang dari 100MB. Dan ini terasa cukup untuk kinerja yang lancar. 

Namun, sebuah bug di paket driver Intel atau di sistem operasi itu sendiri, bisa menghasilkan penggunaan sumber daya dalam jumlah besar. Dalam kasus semacam ini, Desktop Window Manager akan memakan lebih banyak RAM atau CPU dari yang seharusnya, dan ini akan menyebabkan masalah stabilitas dengan Windows 10 atau 11. 

Di saat Microsoft sedang mengupayakan sejumlah perbaikan dengan kinerja Windows 11, Intel telah merilis sebuah pembaruan driver baru yang akan memperbaiki masalah stabilitas kritis di Desktop Window Manager di perangkat yang menggunakan grafis Intel terintegrasi. 

Selain itu, Intel juga memperbaiki beberapa masalah dengan driver grafis mereka, sebagai bagian dari pembaruan bulan Desember 2021. Misalnya, Intel mengatakan bahwa mereka telah meningkatkan kinerja dari beberapa judul game seperti Halo: Combat Evolved Anniversary ketika menggunakan mode grafis klasik. Sebuah bug yang bisa menyebabkan crash yang sering atau lag ketika memainkan beberapa judul game tertentu telah diperbaiki juga dalam pembaruan ini.

Pembaruan ini bisa didapatkan melalui halaman Windows Update, yang akan dikirimkan bertahap hingga beberapa minggu atau bulan ke depan, dan ini semua tergantung dari pihak OEM perangkat masing-masing. Jika tidak mau menunggu, anda bisa mengunduhnya secara manual, di halaman berikut ini.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments