• Our Partners:

Easter Egg di Windows 1.0 Ungkap Sosok Gabe Newell, Pendiri Valve

Easter Egg di Windows 1.0 Ungkap Sosok Gabe Newell, Pendiri Valve

NESABAMEDIA.COMSeorang pengguna dengan dedikasi tinggi, telah menemukan sebuah easter egg, yakni sebuah dialog tersembunyi yang ada di dalam Windows 1.0. Itu adalah Windows versi paling pertama dari sistem operasi buatan Microsoft, yang dirilis pada bulan November 1985 silam. 

Pengguna tersebut adalah Lucas Brooks, yang membagikan temuannya itu lewat media sosial Twitter. Pesan rahasia dalam easter egg di Windows 1.0 itu adalah sebuah daftar para pengembang yang mengerjakan proyek Windows 1.0, meski itu bukan bagian dari perangkat lunak yang bisa anda temukan dengan cara konvensional. 

Easter egg biasanya tersembunyi di dalam sebuah software dan bisa berbentuk apapun, dan beberapa di antaranya bisa jauh tersembunyi dan sulit ditemukan dibandingkan lainnya. Seperti yang baru saja ditemukan ini, yang membutuhkan waktu sampai dengan 37 tahun lamanya. Ini adalah salah satu dari easter egg yang disembunyikan dengan sangat hati-hati, dan oleh karenanya terdapat pesan ‘Selamat’ yang menyertainya. 

Versi Windows mana yang pertama kali menyertakan easter egg? Windows 3.0? Bukan. Bagaimana jika saya memberitahu anda bahwa ada easter egg di Windows 1.0 RTM? Inilah yang baru-baru ini saya temukan,” ungkap Brooks dalam akun Twitternya.

Jejak Selebriti

Menurut Brooks, dialog tersembunyi itu ditempatkan dalam bentuk terenkripsi di akhir file bitmap smiley, yang disertakan dengan sistem operasi. Apabila kembali ke tahun 1985, sebenarnya tidak ada alat yang bisa menemukan data tambahan semacam ini.

Mungkin nama yang paling dikenal dalam daftar di easter egg itu adalah Gabe Newell, yang kini telah menjadi presiden dari Valve, pemilik produk Half-life sampai dengan Steam Deck. Newell memang pernah bekerja di Microsoft pada tahun 1983 sampai dengan tahun 1996, yang kemudian keluar dan mendirikan Valve. 

Melihat easter egg semacam ini di Windows 1.0 versi jadul, sepertinya masih ada banyak lagi yang belum ditemukan di versi-versi lainnya, meski sudah berusia beberapa dekade lamanya. Sebelumnya, Brooks juga telah menemukan easter egg dengan dialog yang sama pada Windows 2.0.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend