• Our Partners:

Epic Games Kembali Terlibat Hukum Dengan Google, Kali Ini Karena Bandcamp

Epic Games Kembali Terlibat Hukum Dengan Google, Kali Ini Karena Bandcamp

NESABAMEDIA.COMEpic Games telah menghabiskan beberapa tahun terakhir terlibat perseteruan hukum dengan beberapa perusahaan rival, seperti Apple dan Google, setelah mereka mencoba mengatasi masalah pemotongan pendapatan yang diambil dari App Store dan Play Store dari pembelian di dalam aplikasi.

Masalah hukum yang sedang berlangsung saat ini terutama soal Fortnite yang belum bisa hadir di kedua toko aplikasi itu. Dan sepertinya kasusnya akan bertambah lagi, karena platform musik Bandcamp juga terlibat. 

Bandcamp merupakan platform musik yang ditujukan bagi para artis independen untuk mendistribusikan hasil karya musik mereka, seperti iTunes Store. Namun ini memiliki lebih banyak opsi untuk kualitas audio dan tanpa label rekaman sebagai perantara. 

Epic Games mengakuisisi Bandcamp sekitar satu bulan yang lalu, ketika Google juga mulai memaksa aplikasi untuk mendukung Google Pay Billing untuk sebagian besar jenis pembelian di dalam aplikasi. Banyak aplikasi Play Store yang sebelumnya menggunakan sistem penagihan mereka sendiri atau pihak ketiga, di mana Google tidak mendapatkan komisi pendapatan.

Bandcamp yang telah dimiliki Epic Games kini telah mengajukan gugatan awal untuk mencegah Google menghapus aplikasi mereka dari Play Store. Perusahaan tersebut mengatakan dalam sebuah posting blog: 

“Apabila perubahan kebijakan Google berlaku, yakni mulai 1 Juni, kami harus membebankan biaya Google kepada konsumen, artis, yang akan membuat bisnis di Android kami secara permanen mengalami kerugian, atau memilih mematikan penjualan digital di aplikasi Android. Selain itu, perubahan kebijakan akan mempengaruhi kemampuan kami untuk membayar para artis dengan cepat, alih-alih harus menerima pembayaran setelah 24 sampai 48 jam dan artis mungkin tidak dibayar 15 hingga 45 hari setelah terjadi penjualan.”

Gugatan ini tampaknya menjadi tantangan hukum publik pertama terhadap persyaratan layanan Google Pay Billing, dengan sebagian besar aplikasi dan layanan lain beralih atau menghapus kemampuan untuk membeli item di aplikasi Android mereka. 

Audible dan Barnes & Noble keduanya menghapus kemampuan untuk membeli buku dari aplikasi Android mereka baru-baru ini, dan mengarahkan pengguna untuk membelinya di web mereka masing-masing. 

Google saat ini sedang menguji program “User Choice Billing’ dengan Spotify, yang memungkinkan beberapa aplikasi untuk tetap menggunakan sistem pembayaran pihak ketiga selama Play Billing masih menjadi pilihan di sana. 

Juru bicara Google mengatakan dalam sebuah pernyataan:

“Ini adalah klaim tak berdasar lainnya oleh Epic, yang sekarang menggunakan aplikasi Bandcamp yang baru diakuisisi untuk melanjutkan upaya mereka menghindari membayar melalui layanan yang disediakan Google Play. Kami telah berupaya transparan tentang kebijakan Play Payment selama lebih dari 18 bulan, dan seperti yang diketahui Epic, Bandcamp memenuhi syarat untuk biaya layanan hanya 10% melalui program Play Media Experience, lebih rendah dari biaya yang mereka kenakan di platform mereka sendiri. 

Terlepas dari klaim mereka, keterbukaan Android berarti bahwa Bandcamp memiliki banyak cara untuk mendistribusikan aplikasi mereka ke pengguna Android, termasuk melalui toko aplikasi lain, langsung ke pengguna melalui situs web mereka atau sebagai aplikasi konsumsi saja seperti yang mereka lakukan di iOS.”

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend