• Our Partners:

Facebook Music Video Copyright

Facebook Music Video Diluncurkan Agustus, Jadi Pesaing Utama Youtube

NESABAMEDIA.COMFacebook sedang bersiap-siap untuk merilis fitur music video berlisensi di jejaring sosial mereka pada bulan depan, untuk pasar Amerika terlebih dahulu. Apa yang dilakukan Facebook ini dianggap ingin menyaingi dominasi Youtube dalam kategori music video. 

Saat ini Facebook tengah menginformasikan kepada para musisi dan artis untuk melihat halaman pengaturan terbaru di Fanspage mereka. Dalam halaman pengaturan baru ini, pemilik Fanspage bisa menambahkan lagu atau video musik dengan deadline setidaknya 1 Agustus mendatang.

Lebih lanjut, nantinya pemilik Fanspage tidak harus menambahkan secara manual album atau karya musik mereka ke halaman. Namun, dari pihak Facebook akan secara otomatis mengunggahnya di halaman Fanspage untuk kemudian bisa dinikmati oleh para pengikut halaman. Kemudian, video-video itu akan disajikan pada tab “video” yang sudah ada selama ini.

Video yang diunggah bakal tertata seperti sebuah Library atau direktori khusus. Informasi yang ada di video juga akan terisi secara otomatis dan terhubung dengan halaman Fanspage musisi yang bersangkutan. Ketika fitur tersebut diaktifkan, para pemilik halaman atau musisi bisa memilih atau mengorganisasi karya mereka secara lebih mudah.

Tampilan Halaman Pengaturan Video Musik Facebook

Tampilan Halaman Pengaturan Video Musik Facebook

Jika nantinya pemilik halaman atau musisi tidak mengaktifkan fitur music video yang dimaksud hingga tanggal 1 Agustus nanti, maka Facebook akan membuatkan halaman sendiri yang terpisah dengan halaman asli. Nantinya halaman itu akan mendapatkan nama sesuai dengan informasi yang ada di video musik itu meliputi, nama artis, judul lagu atau video.

Adapun hal tersebut bisa terjadi, karena Facebook telah menjalin komunikasi dengan industri label yang menaungi para musisi tersebut. Sehingga ketika label merilis album atau video musik dari para artis mereka, Facebook akan mendapatkan informasi dan mengunggah video tersebut ke halaman. Dan nantinya para pengikut bisa mendapatkan informasi lebih dulu dan cepat dibandingkan harus menunggu para musisi mengunggah karya terbaru mereka.

Sementara dalam hal marketing dan bisnis, Facebook juga akan mengetahui insight dan performa dari karya video musik yang sudah dirilis dengan para shareholders. Sehingga, bisa menjadikan kesempatan baru dalam meraih pendapatan dalam bidang entertainment digital.

Apa yang dilakukan Facebook ini tentu akan memberikan tantangan yang cukup signifikan terhadap eksistensi Youtube yang menjadi jawara dalam layanan music video. Dari laporan yang ada, Youtube sendiri berhasil menorehkan angka 1 miliar penikmat video musik yang datang ke situs mereka. Juga, mereka telah memberikan sumbangsih sebesar USD 3 Miliar kepada industri musik dunia.

Leave a Reply

Send this to a friend