File Manager Klasik Tahun 90an, Dibuat Ulang Untuk Windows 11

File Manager Klasik 90an, Dibuat Ulang Untuk Windows 11

NESABAMEDIA.COMFile Manager, fitur pengelola file dan folder pertama yang pernah ada di Windows, baru saja mendapatkan perombakan ulang dan akan dikirimkan kepada pengguna Windows 10 dan 11. Ini nantinya akan memberikan alternatif dari Windows Explorer yang ada saat ini. 

File Manager pertama kali muncul dan diperkenalkan pada tahun 1990 dengan Windows 3.0, di mana saat itu hanya memiliki fungsi untuk menambah, menghapus dan mengelola file dan folder saja. Namun setelah munculnya antarmuka grafis dan Windows Explorer dengan Windows 95, program ini akhirnya dipensiunkan pada tahun 1999. 

Meski dianggap usang, namun ada banyak pengguna yang jatuh cinta dengan kendali yang diberikan oleh File Manager, dan kendali ini adalah yang hilang atau disembunyikan di Explorer di versi Windows terbaru, termasuk Windows 11. 

Dengan File Manager, hampir semua fitur bisa dijelajahi baik itu lewat sebuah ikon yang ada di atas jendela atau ketika anda melakukan klik kanan pada folder. Namun di Windows 11 saat ini, beberapa fitur, seperti Command Prompt dan Salin, ditampilkan lewat menu klik kanan atau di menu opsi yang ada di bagian atas jendela Explorer.

Berkat kode sumbernya yang dipublikasikan lagi pada tahun 2018 silam, versi yang telah ditulis ulang dari File Manager ini dihidupkan kembali oleh Craig Wittenberg, yang merupakan Arsitek Microsoft Azure. Dengan aplikasi yang dibuat ulang ini, anda bisa melakukan drag and drop file ke aplikasi, termasuk fungsi pencarian dan banyak lagi lainnya. 

Anda bisa mengunduh File Manager yang dirombak ini langsung dari halaman Github atau Microsoft Store untuk bisa merasakan lagi menggunakan program pengelola file seperti tahun 1990-an silam. 

Salah satu pengguna yang telah memakai File Manager ini lagi mengatakan bahwa, menggunakannya di tahun 2022 dengan Windows 11 terasa seperti menjajaki Windows di tahun 1990. Meskipun tampilannya mungkin dianggap asing bagi sebagian besar pengguna, yang mungkin lebih terbiasa dengan tampilan antarmuka yang lebih elegan, namun fitur yang ditawarkan sangat membantu.

Sebab jika menggunakan Windows Explorer yang ada, anda harus mengunjungi Taskbar atau aplikasi berbeda untuk bisa menjangkau beberapa fitur yang ada di klik menu, seperti Run atau Move.

Sementara di File Manager, semua fungsi bisa diakses hanya dengan beberapa klik, dan berkat layout pohon, anda bisa mendapatkan pandangan yang lebih baik dan ringkas mengenai konten anda, termasuk bagaimana anda mengelola file-file tersebut antar harddrive. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend